Jeep Gladiator XMT Concept: Kembalinya Sang Legenda Ke Dunia Militer

16/10/2019

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Jeep Gladiator XMT Concept: Kembalinya Sang Legenda Ke Dunia Militer
Jeep telah merampungkan pengembangan kendaraan militer terbarunya yang dinamakan Jeep Gladiator XMT Concept

Sejak pertama kali hadir, Jeep selalu memiliki kedekatan khusus dengan dunia militer. Hal tersebut ditandai dengan kelahiran Jeep Willys MB, yang merupakan kendaraan militer ringan. Kini setelah 78 tahun berselang, Jeep sedang mempersiapkan kembalinya ke dunia militer lewat Jeep Gladiator XMT Concept. Pabrikan yang bermarkas di Toledo, Ohio ini menggandeng AM General, produsen kendaraan militer ringan untuk mengembangkan jip militer terbarunya tersebut.

>>> Jeep Hadirkan Mesin V6 Diesel Untuk Wrangler JL Dengan Torsi Raksasa, 600 Nm

Jeep Gladiator XMT Concept 2020

Jeep Gladiator XMT Concept dipersiapkan sebagai kendaraan/truk militer ringan dengan desain modular

Sesuai dengan namanya, Jeep Gladiator XMT Concept menggunakan Jeep Gladiator sebagai basis platformnya. Kode XMT sendiri merupakan singkatan dari X-treme Military-Grade Truck yang merupakan pengembangan AMG General untuk kendaraan atau truk militer ringan terbaru. Namun sayang, baik Jeep Dan AM General belum bersedia membocorkan perihal tentang spesifikasi teknisnya. Namun ada beberapa hal yang terungkap saat kehadiran Jeep Gladiator XMT Concept pada ajang AUSA Annual Meeting & Exposition 2019 yang berlangsung di Washington DC pada 14-16 Oktober 2019.

>>> Harga mobil terbaru dari beberapa merek mobil di indonesia

Foto Jeep Gladiator XMT Concept dengan spesifikasi khusus

Selain sebagai kendaraan/truk ringan, Jeep Gladiator XMT Concept juga bisa berfungsi sebagai kendaraan taktis serbaguna

Di acara tersebut, Jeep Gladiator XMT Concept terlihat tetap menggunakan mesin Pentastar V6, dengan kapasitas 3.600 cc dengan tenaga 280 hp dan torsi 352 Nm. Namun kabarnya Jeep dan AM General juga tengah mempersiapkan opsi dengan menggunakan mesin diesel terbaru dari EcoDiesel V6 berkapasitas 3.000 cc turbo yang mampu menghasilkan tenaga 260 hp dan 600 Nm. Mesin turbo diesel terbaru Jeep ini juga dipersiapkan agar dapat bekerja optimal pada keadaan ekstrim atau mampu menyesuaikan dengan kualitas bahan bakar yang buruk sekalipun.

>>> Siapa Sangka Jika 5 SUV Ini Berawal Dari Kendaraan Militer

Dari kemampuan off-roadnya, Jeep Gladitor XMT Concept akan mendapatkan penguatan pada bagian suspensi dan drivetran-nya. Dari bagian eksterior terlihat menggunakan military-spec bullbar yang kuat, tubular doors yang memiliki bobot lebih ringan dan mempermudah akses keluar/masuk, winch heavy duty hingga jok khusus yang didesain oleh AM General, lengkap dengan sabuk pengaman tiga titik. Jeep Gladiator XMT Concept juga menggunakan pelek beadlock dengan ban AT dari BFGoodrich. Jip militer terbaru ini dikabarkan sudah melewati serangkaian test dan akan berdinas di militer Amerika pada pertengahan 2020 nanti.

>>> Berita otomotif terkini lainnya di Cintamobil.com

Share this post:

Berita lain

Jeep Wrangler Black Hawk Military Edition : Paket Modifikasi Serba Gelap

07/10/2019

Perawatan dan service

5 menit

Jeep Wranger Black Hawk Military Edition merupakan sebuah edisi khusus dari Chelsea Truck Company dengan melakukan modifikasi Jeep Wrangler yang dipersembahkan untuk para penggemar Jeep.

Lihat juga

Lampu Indikator Rem ABS Jeep Wrangler JK Menyala Setelah Off-Road, Kenapa?

29/06/2019

Perawatan dan service

3 menit

Lampu indikator rem ABS yang menyala memang membuat khawatir semua pemilik mobil, tak terkecuali para pemilik Jeep Wrangler JK. Jika Anda mengalami masalah tersebut, jangan panik dan simak ulasannya berikut ini

Lihat juga

Harga Baru Lebih dari 1 M, Berapa Harga Jual Mobil Jeep Wrangler Bekas?

15/07/2019

Jual beli

2 menit

Jeep selalu dihubungkan sebagai ‘kendaraan pria’ dengan tampilan maskulin, salah satunya Jeep Wrangler. Bagi Anda penyuka off-road yang ingin kendaraan macho, berapa harga Jeep Wrangler bekas di pasar mobil bekas di Tanah Air?

Lihat juga

[IIMS 2019] Jeep Compass Dan Wrangler JL Sahara Sapa Jeep Enthusiast di Telkomsel IIMS 2019

25/04/2019

Mobil baru

4 menit

Hascar Group sebagai distributor resmi merek Jeep di Indonesia semakin optimis dengan kembali menghadirkan Jeep Compass dan melengkapi line up Wrangler JL dengan perkenalkan varian Sahara Unlimited serta Rubicon 2 doors.

Lihat juga

Mengenal Lebih Dekat Persamaan dan Perbedaan Jeep Wrangler dan Jeep Gladiator

29/04/2019

Jual beli

Berdasarkan platform yang sama dengan Wrangler JL, Jeep Gladiator adalah truk pikap pertama Jeep sejak Comanche dihentikan pada 1992. Tetapi perbedaan Jeep Wrangler dan Jeep Gladiator bukan hanya terletak pada harganya saja.

Lihat juga