Jeep Gladiator 4xe Plug-in Hybrid Segera Lahir

01/02/2021

Mobil baru

5 menit

Jeep Gladiator 4xe Plug-in Hybrid bakal menjadi varian baru untuk Gladiator. Dan diprediksi, pick up Jeep dengan tambahan baterai listrik serta dua motor listrik itu bakal dirilis tahun depan.

Jeep Gladiator merupakan pilihan tepat jika Anda mencari sebuah pick up dengan kemampuan offroad terbaik, sekaligus juga parasnya terlihat sangat tampan. Bahkan tak perlu modifikasi apapun, dalam kondisi standar saja Gladiator sanggup Anda bawa berpetualang kemana pun ingin pergi.

Bermodal mesin Pentastar 3.600 cc atau mesin EcoDiesel 3.000 cc yang tersedia dibalik bonetnya, sudah lebih dari cukup untuk menggerakkan bodi Gladiator yang cukup bongsor, merambat naik sampai ke puncak gunung.

Namun kini Jeep dikabarkan bakal memperluas lineup untuk Gladiator. Yaitu dengan memperkenalkan Jeep Gladiator 4xe Plug-in Hybrid. Ini menyusul sejumlah produk Jeep yang sudah berubah pula jadi model hybrid.

>>> 5 Mobil Listrik Mercedes-Benz yang Bakal Dirilis 2021

Terdesak Aturan Emisi Gas Buang yang Makin Ketat

Jeep Gladiator Rubicon Willys

Peraturan emisi gas buang makin mempersulit penjualan Jeep

Dikutip dari Autoevolution, Senin (01/02/2021), Head of Jeep, Christian Meunier menyebutkan pilihan untuk menghadikan Jeep Gladiator 4xe Plug-in Hybrid lantaran semakin sulitnya menjual model bermesin diesel karena peraturan emisi gas buang yang terus diperketat di sejumlah negara maju di dunia.

Sehingga Jeep akan menggunakan mesin bensin dan motor listrik pada Gladiator hybrid tersebut. Apabila Jeep Wrangler 4xe menggunakan mesin bensin 2.000 cc dengan dua motor listrik, maka sepertinya hal yang sama juga bakal diterapkan untuk Gladiator hybrid.

Motor lsitrik yang satu digunakan sebagai pengerak roda mobil, sementara motor listrik lainnya berfungsi sebagai generator. Apa yang dilakukan Jeep pada Wrangler 4xe sudah terbukti mampu membuat mobil tersebut sanggup melaju hingga 40 kilometer menggunakan mode full elektrik dan tanpa bahan bakar dan emisi sedikit pun.

>>> Aki Mobil Hybrid Soak? Begini Cara Jumper Aki Mobil Hybrid Yang Benar

Diprediksi Rilis Tahun Depan

Jeep 4xe hybrid

Gunakan teknologi yang sama dengan Wrangler 4xe

>>> Review Jeep Wrangler JL Sahara Unlimited 2019: Varian Menengah Yang Tetap Menggoda

Meunier tidak merinci kapan Jeep Gladiator 4xe Plug-In Hybrid akan diperkenalkan dan dijual kepada publik. Tetapi diyakini, model ini paling telat muncul di tahun 2022. Mengingat teknologinya sudah dimiliki oleh Jeep, tinggal hanya melakukan penyesuaian saja.

Perihal harga, menggunaan baterai listrik dan motor listrik serta mesin baru, pasti akan membuat bandrol untuk Gladiator hybrid sedikit lebih mahal. Namun mengingat harga Gladiator yang sudah paling tinggi diantara lineup Jeep, maka kondisi ini pasti bukan berita bagus untuk konsumen yang masih mempertimbangkan mengenai harga sata membeli mobil baru.

Tapi dengan efisiensi bahan bakar yang dimilikinya, serta penggunaan baterai listrik yang akan mendapat insentif pajak dari pemerintah negara maju, maka biaya operasional kepemilikan Gladiator 4xe akan lebih murah dari yang bermesin Pentastar 3.600 cc.

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top