Jeep Commander 2022, Kembalinya Si Anak Hilang 

18/08/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Jeep menghadirkan kembali Jeep Commander 2022 setelah sempat menghilang selama satu dekade dan saat ini difokuskan untuk pasar Amerika Latin lebih dahulu

Sempat menghilang sejak tahun 2010 karena masalah kualitas produk, kini Jeep Commander kembali hadir. Tetap setia dengan ciri khasnya sebagai SUV tiga baris kursi, Jeep Commander menjawab kebutuhan spesifik konsumen. Yaitu mereka yang menyukai Jeep  Grand Cherokee namun butuh “space” lebih besar dan harga lebih terjangkau dibanding Jeep Wagoneer.  

>>> 10 Pilihan Mobil Jeep Modifikasi yang Siap Dipakai Offroad

Jeep Compass

 gambar jeep compass

Jeep Compass terbaru menjadi acuan pengembangan Jeep Commander terbaru 

Sejatinya, Jeep Commander angkatan terbaru ini banyak mengadaptasi Jeep Compass generasi terbaru. Tentunya atas dasar pertimbangan common platform sharing untuk menghemat biaya pengembangan produk baru. Namun Jeep memberikan berbagai sentuhan agar Jeep Commander punya karakter tersendiri.  

Amerika Latin

gambar jeep commander

Brosur Jeep Commander versi Brazil dalam bahasa Portugis

Keunikan lain dari Jeep Commander terbaru adalah debut perdana pada Agustus 2021 berlangsung di kawasan Amerika Latin. Tepatnya di Brazil dan bukan di Amerika Serikat. Tampil sebagai sosok Jeep Commander 2022 versi samba, SUV ini nantinya akan dipasarkan di kawasan Amerika Latin. Jeep belum memastikan untuk menjual Jeep Commander 2022 produksi Brazil di kampung halamannya (Amerika Serikat). 

Tampilan Premium

gambar jeep commander

Overland menjadi varian top of the line untuk Jeep Commander

Sosok Jeep Commander 2022 dalam foto ini adalah varian top of the line Overland. Karena berbagi platform bersama Jeep Compass 2022, tidak heran kalau Jeep Commander terbaru ini serupa dengan saudaranya. Namun Jeep menambahkan beragam aspek pembeda supaya Jeep Commander 2022 tampil dengan identitas khas.    

 gambar jeep commander

Tampilan fascia depan dibedakan dengan Jeep Compass agar punya identitas sendiri   

Fascia depan tampil dengan seven-slot grille khas Jeep diapit lampu depan baru model kotak dan disertai  LED light bar yang merangkap sebagai DRL (daytime running light). Posisi DRL berada di atas lampu kabut pada bagian bawah bemper depan. Penataan eksterior ditutup dengan penyebaran panel metalik di seputar fascia depan.  

gambar jeep commander

Jeep Commander adalah versi tumbuh dari Jeep Compass

Beralih ke samping, muncul  kesan Jeep Commander sebagai versi “tumbuh” dari Jeep Compass yang ditandai kaca-kaca jendela yang berukuran lebih besar. Sedangkan panel metalik yang terpasang sepanjang bodi bagian samping menciptakan kesan mirip dengan Jeep Grand Cherokee 2022.   

gambar jeep commander

Fascia belakang didominasi unsur dinamis dan modern 

Pada sisi buritan, Jeep menempatkan lampu belakang Jeep Commander generasi terbaru di posisi lebih ke atas dan juga tampilannya lebih ramping dibanding lampu belakang Jeep Compass 2022. Pada sisi lain, tailgate terlihat lebih besar dan dilengkapi garnish lebar untuk “menyembunyikan” door handle. Tidak lupa emblem  "TD" dan "4x4" untuk menunjukkan mesin turbo diesel dan sistem gerak yang memutar semua sumbu roda.  

gambar jeep commander

Jeep Commander berbagi desain interior bersama Jeep Compass

Interiornya? Bagai pinang dibelah dua dengan Jeep Compass 2022. Terutama melihat penempatan layar sentuh 10,25 inci (panel instrumen digital) dan layar sentuh 10,1 inci (infotainment) yang terletak di samping kemudi. Jeep menambahkan trim interior berbeda untuk Jeep Commander berupa lapisan  brown suede yang mewah. Selain itu, Jeep Commander mampu menampung 7 penumpang (three-row 7-seat configuration).  

Pilihan Mesin

Jeep menyiapkan dua pilihan mesin untuk Jeep Commander terbaru ini. Mesin pertama MultiJet turbo diesel berkapasitas  2.0-liter yang didampingi  transmisi otomatis 9-speed. Mesin kedua adalah mesin bensin 1.3-liter turbo 185 hp  270 Nm dengan kapabilitas flex-fuel yang disertai transmisi otomatis 6-speed.

Mesin Jeep

Mesin serupa dengan yang dipakai Compass

Sistem  penggerak tersedia pilihan FWD (2WD) dan 4WD. Jeep Commander 2022 mulai diproduksi di pabrik Stellantis Pernambuco, Brazil, dan akan dipasarkan untuk kawasan Amerika Latin. 

>>> Jeep Grand Wagoneer 2022 Tembus Batas Harga Psikologis US$100,000! .

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top