Jaguar XF 2021, Perombakan Interior dan Debut Mesin Diesel Mild-Hybrid

07/10/2020

Mobil baru

5 menit

Share this post:
Jaguar XF 2021, Perombakan Interior dan Debut Mesin Diesel Mild-Hybrid
Baru disegarkan lima tahun setelah debut, Jaguar XF 2021 hadir dengan ubahan total di dalam kabin dan tambahan opsi mesin diesel mild-hybrid yang lebih efisien.

Lima tahun setelah peluncuran generasi kedua sedan premium Jaguar XF, Jaguar Land Rover baru menghadirkan Jaguar XF facelift yang hadir dalam pilihan body sedan dan Sportbrake.

Kedua model Jaguar XF 2021 kini mendapatkan bumper depan baru dengan lubang udara lebih besar, gril yang lebih lebar degan pattern jaring-jaring (mesh), lampu depan LED model baru dengan DRL pattern Double J, dan badge Jaguar di kisi-kisi di fender.

Tampilan samping Jaguar XF 2021

Tampilan belakang Jaguar XF 2021

Jaguar XF facelift hadir dengan lampu depan dan belakang baru

Beralih ke belakang, Jaguar XF 2021 mendapatkan bumper belakang lebih lebar dengan lampu belakang LED yang lebih gelap. Varian R-Dynamic mendapatkan velg ukuran 19 inci, lebih besar satu inci dari model standar.

>>> Pangsa pasar masih kecil, Jaguar Land Rover belum mau produksi di Indonesia

Perombakan besar kabin

Menyegarkan model yang sudah dijual selama lima tahun, kabin Jaguar XF facelift mendapatkan perombakan besar-besaran. Konsol tengahnya diganti dengan layout yang dapat mengakomodir layar 11,4 inci dengan sistem infotainment Pivi Pro versi terbaru.

Desain interior Jaguar XF 2021

Ubahan lebih besar didapat di dalam kabin dengan bagian konsol tengah yang jauh lebih modern

Sama seperti XE yang lebih dulu rilis, head unit ini sudah mendukung Apple CarPlay, Android Auto, dan update software OTA (over-the-air), dual-sim card, dan koneksi dua ponsel secara sekaligus lewat Bluetooth. 

Selain itu, instrumen cluster juga diganti model digital dengan layar 12,3 inci. Setir tiga palangnya memiliki model lebih kekar dengan dengan aksen metal di beberapa bagian, kaca spion digital, dan berbagai pilihan material interior. Kenyamanan di dalam kabin juga ditingkatkan dengan fitur Active Road Noise Cancellation yang hadir sebagai standar.

>>> Rayakan 60 tahun, Jaguar restorasi 12 buah E-Type

Powertrain Ignesium mild-hybrid

Selain perombakan interior, Jaguar XF 2021 juga hadir dengan powertrain baru. Yakni mesin diesel Igenium 2.0L dengan teknologi mild-hybrid 48V yang menghasilkan tenaga 200 HP dan torsi 430 Nm. Performa seperti dapat melajukan mobil dari 0-100 km/jam dalam waktu 7,1 detik dan konsumsi bensin 20 km/liter.

Jaguar Land Rover mengklaim sistem mild-hybrid dengan konsep Belt integrated Starter Generator (BiSG) dapat menghasilkan energi saat pengereman, dengan tenaga lebih besar 22 HP dan lebih efisien 14%.

Mesin diesel Jaguar XF 2021

Mesin Igenium yang dipakai meningkatkan efisiensi bahan bakar mobil sampai 14%

Powertrain non-hybrid lain juga masih disiapkan, termasuk mesin turbo 2.0 liter yang menghasilkan performa 248 HP/365 Nm atau 297 HP/400 Nm. Girboks 8-percepatan hadir sebagai standar, dengan pilihan sistem penggerak RWD atau AWD.

Tambahan lainnya meliputi paket driver assistance terbaru Jaguar, kamera 3D Surround, Clear Exit Monitor, dan Adaptive Cruise Control. Dan untuk alasan produksi, Jaguar memangkas varian yang dijual dari 64 menjadi 28.

Untuk harga, Jaguar XF 2021 dibanderol mulai £32.585 (setara Rp 622 juta) dan akan jadi rival kuat Mercedes-Benz E-Class dan BMW 5 Series yang juga baru mendapatkan facelift.

>>> Berita mobil baru, event, promosi, informasi pasar mobil baru 2020

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Jaguar Land Rover Siap Beralih ke Interior Mobil Ramah Lingkungan

29/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Penggunaan material ramah lingkungan di interior mobil sudah menjadi hal lumrah. Tren ini juga akan diikuti Jaguar Land Rover, yang akan memakai bahan daur ulang di kabin mobilnya.

Lihat juga

Jaguar Land Rover Kembangkan Teknologi Layar Sentuh Predictive Touch

23/07/2020

Pengemudian

4 menit

Jaguar Land Rover mendevelop teknologi layar sentuh tanpa kontak dengan predictive touch, konsep ini dapat mengurangi penyebaran virus di dalam kabin mobil dan meningkatkan fokus pengemudi.

Lihat juga

Jaguar Land Rover Tawarkan Layanan Penyewaan Mobil

03/07/2020

Pasar mobil

3 menit

Layanan Pivotal memungkinkan pengguna untuk bertukar antara model Jaguar dan Land Rover setiap enam bulan. Layanan ini bergerak pada segmen penyewaan mobil.

Lihat juga

Jaguar Land Rover Kembangkan Teknologi Fuel Cell Hidrogen

29/06/2020

Pasar mobil

3 menit

Meski tidak sepopuler BEV karena biaya pengembangan yang mahal, para pabrikan mulai melirik teknologi fuel cell hidrogen untuk kendaraan ramah lingkungannya, yang terbaru merek Inggris Jaguar Land Rover.

Lihat juga

Mobil Antibom Berlapis Baja Jaguar XJ Sentinel Juga Penyok saat DItabrak

18/06/2020

Event - Promosi

3 menit

Tak ada yang bisa menjamin kalau mobil berlapis baja bisa kebal ketika ditabrak. Buktinya Jaguar XJ Sentinel PM Inggris ringsek usai ditabrak Range Rover.

Lihat juga