Jaguar Land Rover Dikabarkan Sedang Kembangkan Land Rover Defender SVR 2020

28/10/2019

Mobil baru

3 menit

Jaguar Land Rover Dikabarkan Sedang Kembangkan Land Rover Defender SVR 2020
Rumor mengatakan Jaguar Land Rover sedang mengembangkan program ambisius untuk menantang dominasi Mercedes-AMG G 63 dengan senjata terbaru, yakni Land Rover Defender SVR 2020

Emblem SVR telah lama menjadi representasi dari sebuah kendaraan high performance di jajaran Jaguar dan Land Rover. Salah satunya adalah Range Rover SVR dan Jaguar i-Pace SVR yang sukses mentransformasikan SUV dan crossover ini menjadi sebuah kendaraan high performance bagi para pemuja kecepatan. Namun kabar mengagetkan baru saja datang dari kubu Jaguar Land Rover, seputar rumor pengembangan varian SVR pada SUV 4x4 legendaris mereka yang baru saja diperkenalkan pada publik, yakni Defender 2020.

>>> Jadi Yang Pertama, Ada Teknologi Remote Control untuk Land Rover Defender 2020

Foto digital dari sosok Land Rover Defender SVR 2020

Sosok Land Rover Defender SVR hasil digital rendering yang sempat ramai di dunia maya

Rumor tersebut pertama kali dihembuskan oleh media otomotif asal Inggris, Auto Express yang mengabarkan bahwa Jaguar Land Rover sedang mengembangkan varian SVR dengan menggunakan platform Land Rover Defender 2020. Pabrikan asal Inggris ini tampaknya ingin menantang dominasi Mercedes-AMG G 63 yang telah terlebih dahulu mendominasi sebagai sebuah SUV 4x4 yang memiliki performa beringas. Pengembangan Land Rover Defender SVR 2020 sendiri ditangani oleh divisi Special Vehicle Operations (SVO) yang terkenal sebagai divisi yang kerap membidani varian SVR pada Jaguar dan Land Rover. 

>>> Sedang mencari Land Rover, temukan daftar lengkapnya di sini

Foto Land Rover Defender 110 2020 berwarna putih

Land Rover Defender SVR 2020 akan menggunakan model Defender 110

Menariknya, Jaguar Land Rover akan bekerjasama dengan BMW, dengan meminjam mesin V8 twin turbo berkapasitas 4.400 cc yang digunakan pada BMW X5 M dan X6 M. Mesin bengis ini mampu menghasilkan tenaga sektiar 610 hp dan torsi sebesar 750 Nm. Namun menurut beberapa sumber, mesin bawaan BMW X5 M ini akan sedikit diturunkan performanya (detuned) agar cocok untuk menghuni ruang mesin dan karakter dari Land Rover Defender SVR 2020, dengan range tenaga diperkirakan antara 550 hingga 580 hp. Sehingga nantinya akan menjadi rival berat Mercedes-AMG G 63 yang memiliki performa puncak di angka 577 hp. 

>>> Sosok All New Land Rover Defender Terkuak Sedang Ikut Shooting Film James Bond Terbaru

Foto Mercedes-AMG G 63 yang akan menjadi rival Land Rover Defender SVR 2020 berwarna putih

Land Rover Defender SVR akan menantang Mercedes-AMG G 63 sebagai SUV 4x4 bertenaga buas

Nantinya, Land Rover Defender SVR 2020 akan mendapatkan beberapa peningkatan performa untuk mengimbangi tenaga mesinnya yang jauh lebih besar. Salah satunya adalah reinforment pada sasis, teknologi Terrain Response II yang kemungkinan akan mendapatkan mode ‘Track’, aplikasi big brake kit & pelek berukuran lebih besar dan penggunakan material yang identik dengan performa, seperti karbon fiber atau lapisan suede dari Alcantara pada bagian interiornya. Land Rover Defender SVR 2020 juga dikabarkan akan menggunakan model Defender 110

>>> Simak juga berita terkini dunia otomotif lainnya di sini

 
back to top