Jadi Hybrid Termurah Toyota, Ini Kelebihan Dan Kekurangan Toyota Corolla Cross

09/01/2021

Mobil baru

5 menit

Jadi Hybrid Termurah Toyota, Ini Kelebihan Dan Kekurangan Toyota Corolla Cross
Tak ada gading yang tak retak di muka bumi ini, demikian juga mobil yang jadi hybrid termurah Toyota ini, inilah kelebihan dan kekurangan Toyota Corolla Cross

Toyota Corolla Cross Hybrid 1.8 AT menjadi model mobil hybrid termurah yang telah dilansir oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) tahun 2020 lalu. Crossover yang mengusung nama besar COROLLA ini hadir dengan beragam kelebihan. Tapi, tak ada yang sempurna di dunia ini, berikut ini kami rangkum kelebihan dan kekurangan Toyota Corolla Cross Hybrid setelah mencobanya berjalan lebih dari 1.000 kilometer. 

Kelebihan Toyota Corolla Cross

1. Fun To Drive

Foto tampak belakang Toyota Corolla Cross 1.8 Hybrid AT 2020

Corolla Cross ini sama fun to drive-nya seperti Lexus UX dan Toyota C-HR

Salah satu hal yang menjadi kelebihan Toyota Corolla Cross ini dibandingkan dengan produk Toyota lainnya adalah ia sudah lebih fun to drive untuk dikemudikan. Tak seperti produk Toyota lainnya yang belum mengadopsi rancang bangun Toyota New Global Architecture (TNGA).  Handling mobil-mobil Toyota yang sudah menganut basis TNGA jauh lebih presisi dibandingkan dengan non TNGA.

2. Hemat BBM

Foto Multi Information Display Toyota Corolla Cross 1.8 Hybrid AT 2020

Sistem hybrid Toyota membuat pemakaian BBM begitu efisien

Berdasarkan hasil tes kami, konsumsi BBM Toyota Corolla Cross 1.8 Hybrid AT 2020 untuk rute dalam kota berada di angka 24,5 km/l pada kecepatan rata-rata 22 km/jam. Sedangkan untuk melaju di jalan bebas hambatan dengan kecepatan rata-rata 90 km/jam, 1 liter Pertamax mampu membawanya sejauh 23,8 kilometer. Hal ini bisa dicapai karena pengisian ulang daya listrik dari sistem regenarative brake-nya cepat sehingga mesin bensin 2ZR-FXE di balik bonnet jarang sekali menyala.

3. Posisi Duduk

Foto posisi duduk di Toyota Corolla Cross 1.8 Hybrid AT 2020

Posisi duduk di Toyota Corolla Cross cocok untuk perjalanan jauh

Mengemudikan Toyota Corolla Cross ini tak membuat badan cepat lelah, karena kursi yang mampu menyangga tubuh dengan baik. Cintamobil.com sudah buktikan sendiri dengan berkendara ke luar kota dengan jarak lebih dari 300 kilometer sekali jalan, badan tidak terlalu letih. Apalagi khusus kursi pengemudi bisa diatur secara elektris ke delapan arah dengan sentuhan ringan.

4. Head Unit Dengan NFC

Foto head unit Toyota Corolla Cross dengan NFC

Fitur NFC jadi satu-satunya di kelasnya

Toyota Corolla Cross hadir dengan fitur unik tapi penting serta hanya ada di jagoan Sunter ini, yakni kemampuan head unit yang dilengkapi dengan NFC (Near Field Communication) yang mampu membaca sisa kartu e-Toll Anda. Memang head unit ini belum kompatibel dengan Apple CarPlay. Tapi untuk Bluetooth hingga USB sudah tersedia. Kontrol audionya pun dapat dilakukan dari setir. Terdapat empat buah speaker dan juga dua tweeter untuk menjamin tatanan suara yang baik.

5. Durabilitas Hybrid Toyota Terjamin

Foto mesin 2ZX-FXE Toyota Corolla Cross Hybrid AT 2020

Sistem hybrid Toyota sudah terbukti durabel

Kelebihan Toyota Corolla Cross yang terakhir adalah sistem hybridnya yang sudah teruji bila dibandingkan dengan sistem hybrid mobil merek lain atau bahkan mobil listrik. Tentunya ini bukan isapan jempol semata, sebab sejak 24 tahun lalu pabrikan asal Jepang ini sudah serius menggarap hybrid. Menurut kami teknologi hybrid ini paling pas di Indonesia saat ini, karena tidak perlu menambah infrastruktur baru yang sangat mahal, seperti teknologi mesin elektrik murni.

>>> Begini rasa mengemudi Toyota Corolla Cross Hybrid

Kekurangan Toyota Corolla Cross

1. Tidak Tersedia Toyota Safety Sense

Foto tampak depan Toyota Corolla Cross 1.8 Hybrid AT 2020

Sayang tak tersedia fitur Toyota Safety Sense

Kekurangan Toyota Corolla Cross yang pertama adalah tidak dilengkapi dengan fitu Toyota Safety Sense (TSS). TSS ini mampu mencegah terjadinya kecelakaan. Pasalnya, dalam teknologi TSS terdapat formasi fitur Pre-Collision System (PCS) with Pedestrian Detection (PD), Lane Departure Alert (LDA), Steering Assist (SA), Automatic High Beams dan Full-Speed Range Dynamic Radar Cruise Control (DRCC).

2. Fitur Tak Sebanyak Rival

Foto sunroof Toyota Corolla Cross Hybrid 1.8 AT 2020

Fitur bawaan Toyota Corolla Cross masih tak sebanyak rival

Satu lagi yang menjadi kekurangan Toyota Corolla Cross baik varian hybrid maupun gasoline adalah fiturnya yang tidak sebanyak rival. Memang sudah tersedia sunroof serta head unit yang dilengkapi dengan NFC. Tetapi jika dibandingkan dengan Mitsubishi Eclipse Cross yang jadi musuh bebuyutannya, Corolla Cross kalah banyak. Sebab Eclipse Cross memiliki fitur Adaptive Cruise Control, Heated Seat, Dual Panoramic Sunroof, dan Forward Mitigation System. 

3. Hanya Ada Versi 5-Seater

Foto bagasi Toyota Corolla Cross Hybrid 1.8 AT 2020

Tak tersedia versi 7-penumpang jadi nilai minusnya

Salah satu sebab Toyota Corolla Cross sulit disandingkan dengan raja SUV C-segment di Indonesia yakni Honda CR-V adalah karena Corolla Cross hanya tersedia versi 5-tempat duduk. Sementara CR-V tersedia dua versi, yakni versi 5 penumpang dengan mesin 2.000 cc 4-silinder N/A, dan 7-penumpang dengan mesin 1.500 cc 4-silinder turbocharger. Jelas hal ini menjadi kekurangan dari Toyota Corolla Cross.

4. Indikator TPMS Sering Error

Foto ban dan velg Toyota Corolla Cross 1.8 Hybrid AT 2020

Meski ban sudah diisi tekanan angin sesuai rekomendasi, tapi TPMS masih suka error

Kekurangan Toyota Corolla Cross yang satu ini mungkin tidak terjadi di unit Corolla Cross lainnya, tetapi di unit kami indikator TPMS (Tire Pressure Monitoring System)-nya sering error. Sudah berkali-kali direset ke bengkel resmi masih juga menyala kendati tekanan angin sudah sesuai dengan rekomendasi pabrikan yakni 2,3 bar atau sekitar 33 psi pada keempat rodanya.

5. Audio Belum Support Apple CarPlay dan Android Auto

Foto head unit Toyota Corolla Hybrid 1.8 AT 2020

Sayangnya audio belum support konektivitas kekinian seperti Apple CarPlay dan Android Auto

Sangat disayangkan, meski kualitas reproduksi suaranya cukup baik tetapi untuk mobil kekinian seperti Toyota Corolla Cross sistem audionya ini belum bisa terkoneksi dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Jelas ini menjadi kekurangan Toyota Corolla Cross bila dibandingkan dengan rival-rival sekelasnya yang tersedia fitur canggih nan memudahkan ini.

>>> Mau beli Toyota Corolla Cross bekas? Lihat di sini

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top