Isuzu mu-X 4x2 1.9L Siap Dirilis untuk Tantang Fortuner-Pajero Sport?

14/11/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Isuzu baru saja merilis mu-X 4x4 bermesin 1.9L yang diperuntukan bagi para pebisnis. Akankah versi 4x2-nya menyusul untuk menjegal Fortuner-Pajero Sport?

Pesona Isuzu mu-X memang terbilang redup bila dibandingkan dengan sang rival Mitsubishi Pajero Sport serta Toyota Fortuner. Hal itupun terlihat dari penjualannya. 

Bila mengutip data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sepanjang 2020, secara total hanya 108 unit mu-X (varian 4x4 dan 4x2) terjual belum ada apa-apanya dibanding Fortuner maupun Pajero Sport yang bisa menyentuh 9.000an unit setiap tahun. 

Isuzu mu-X 4x4

mu-X 4x2 bermesin 1.9L bakal menyusul?

>>> Review Isuzu All-new MU-X 2020: Penantang Fortuner Dan Pajero Sport Makin Tangguh

Isuzu mu-X 4x2 Bermesin 1.9L Siap Dihadirkan?

Di segmen High SUV, Pajero Sport dan Fortuner memang cukup mendominasi terutama di segmen mobil penumpang. Sejumlah rival pun harus mengakui ketangguhannya dan memilih mundur seperti Nissan Terra dan Chevrolet Trailblazer. 

Namun hal itu tak membuat Isuzu gentar menjajakan mu-X. Buktinya hingga saat ini mu-X masih dijual. Bahkan di lantai pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, Isuzu baru saja meluncurkan mu-X 4x4 terbaru dengan kapasitas mesin lebih kecil yaitu 1.9L. Tak berhenti sampai di situ, Isuzu juga berencana untuk menghadirkan mu-X 4x2 versi terbaru agar bisa lebih bersaing dengan para rivalnya itu. 

"Ya nanti 4x2-nya tunggu tanggal main lah, ada kemungkinan. Kita sesuaikan kembali dengan situasi kebutuhan customer kita, nanti 4x2 muncul dengan varian apa kita tunggu tanggal mainnya," ungkap Marketing Division Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Attias Asril usai peluncuran mu-X dan D-Max, ICE BSD, Kamis (12/11/2021). 

Isuzu beberapa waktu lalu memang tak memungkiri bahwa mu-X kurang akrab di mata masyarakat umum lantaran lebih banyak digunakan sebagai kendaraan fleet di perusahaan. Tentunya kehadiran mu-X 4x4 bermesin 1.9L liter ini diharapkan bisa mendapat penerimaan yang baik di tengah masyarakat Indonesia. 

Isuzu mu-X 4x4

mu-X 4x4 dirilis bersamaan dengan pick-up truk D-Max

>>> Isuzu mu-X Jadi Tulang Punggung Setelah Panther Disuntik Mati

mu-X Jadi Tulang Punggung Isuzu di Segmen Mobil Penumpang

Terlebih mesin kecil yang diusung mu-X justru mampu menyemburkan tenaga lebih besar dari versi lamanya (136 PS) yaitu sebesar 150 PS. Di samping itu, mu-X merupakan satu-satunya andalan Isuzu di segmen mobil penumpang Indonesia. 

Gambar Isuzu Panther 2018

mu-X merupakan 'penerus' Panther di segmen mobil penumpang Isuzu

Saat ini hanya ada satu varian mu-X yang ditawarkan di Indonesia yakni 4x4 bertransmisi otomatis. Menyoal transmisi, di Thailand pun hanya tersedia satu jenis yaitu otomatis. Sedangkan dari sisi mesin, Isuzu mu-X di Thailand terdapat pilihan 3.0L. Isuzu mu-X 4x4 di Indonesia ditawarkan dengan harga Rp 559,9 juta OTR Jakarta. Tak muluk-muluk, Isuzu menargetkan bisa melego 1.000-1.500 unit mu-X terbaru ini setiap tahunnya. 

"Kan ini 4x4 jadi sebenarnya sama yang D-Max nya dipakai untuk di site untuk kerja gitu, yang mu-X untuk pejabat di sitenya, mereka di site butuh juga fitur-fitur 4x4," jelas Aat sapaan akrab Attias. 

Spesifikasi Isuzu mu-X 4x4 1.9L 

Sebagai tambahan Isuzu mu-X 4x4 terbaru ini menggendong mesin diesel common rail RZ4E 1.9L. Performanya pun jadi lebih irit dan tangguh ketika dikombinasikan dengan transmisi automatic baru dengan 6 tingkat percepatan. Mesin ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi turbo desain baru dan pengaturannya sudah diatur secara elektrik atau electric control VGS common rail turbo charger. Menariknya, mesin ini dibekali dengan kapasitas tangki hingga 80 Liter. 

Isuzu mu-X 4x4 juga dilengkapi dengan radiator dan intercooler protection di belakang grill serta under body protection dari bagian depan hingga belakang, sehingga Anda dapat merasa lebih percaya diri ketika berkendara di medan apa pun. Termasuk sungai dengan kedalaman tertentu, karena All New Isuzu mu-X 4x4 memiliki Water Wading Depth 80 cm.

Isuzu mu-X 4x4

mu-X 4x4 dijejali ragam fitur untuk memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia

Isuzu membekali mu-X dengan sejumlah fitur keamanan seperti ABS (Anti-Lock Brake System), EBD (Electronic Brake-force Distribution), BA (Break Assist),  Electronic Stability Control (ESC), Traction Control System (TCS), Hill Start Assist (HSA) & Hill Decent Control (HDC), hingga disk brake yang lebih besar.

Ada juga fitur tambahan lain yaitu emergency stop lamp dan follow me home. Bagian chassis dan suspensi depan belakang juga sudah didesain ulang sehingga lebih stabil dan tidak limbung saat berbelok. Ada juga head unit 7 inchi dengan kamera mundur, parking sensor, electric parking brake, dan auto hold yang semakin menambah kemudahan dan kenyamanan saat berkendara maupun saat memarkir kendaraan. 

>>> GIIAS 2021: Isuzu mu-X 4x4 Terbaru Mengaspal, Dibanderol Rp 559,8 Juta

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top