Intip Mesin Toyota Raize 1.2L yang Sarat Teknologi

17/06/2021

Mobil baru

5 menit

Share this post:
Intip Mesin Toyota Raize 1.2L yang Sarat Teknologi
Hari ini (17/6) PT Toyota Astra Motor secara resmi memperkenalkan Toyota Raize 1.2L ke publik, kehadirannya lebih awal karena menyambut antusiasme konsumen

Hari ini (17/6) PT Toyota Astra Motor secara resmi memperkenalkan Toyota Raize 1.2L ke publik, kehadirannya lebih awal karena menyambut antusiasme konsumen di Tanah Air. Toyota Raize 1.2L ini mengusung mesin yang benar-benar baru, yuk intip lebih dalam teknologi yang disematkan di mesin berjumlah silinder ganjil ini yang disajikan oleh tim Cintamobil.com.

Teknologi Pada Mesin Toyota Raize 1.2L

Mesin Toyota Raize 1.2L menggunakan engine berkode WA-VE dengan konvigurasi 3-silinder segaris. Mesin ini punya kubikasi bersih 1,198 cc. Angka itu didapat dari tiga buah piston dengan diameter (bore) yang masing-masing berukuran 73,5 mm dan langkah (stroke) 94,1 mm. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 88,4 PS atau sekitar 86 HP pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi 11,5 Kgm (112,8 Nm) di putaran mesin 4.500 rpm.

Gambar cara kerja Dual VVT-i Toyota

Mesin Toyota Raize 1.2L adopsi pengaturan katup variabel Dual VVT-i

Rasio kompresi (statis) mesin ini juga tak kalah tinggi, yakni dipatok 12,8 : 1. Artinya mesin ini membutuhkan BBM (Bahan Bakar Minyak) minimal oktan 92. Penggunaan kompresi tinggi juga bukan tanpa alasan, sebab dengan angka kompresi yang dipatok tinggi, maka efisiensi pembakaran bisa lebih baik dibandingkan kompresi rendah. Tapi Anda jangan khawatir, Raize bermesin 1.200 cc ini tetap bisa 'menenggak' BBM khas Indonesia.

>>> Mesin 1KR-VET Daihatsu Rocky Dan Toyota Raize Dijamin Minim Getaran, Ini Rahasianya

Adopsi Teknologi Dual VVT-i

Mesin WA-VE ini mengadopsi katup variabel Dual VVT-i. Teknologi Dual VVT-i ini dapat mengoreksi valve timing atau waktu buka katup jalur masuk bahan bakar dan udara, serta katup untuk melepaskan gas buang kendaraan. Koreksi ini disesuaikan dengan beberapa parameter di mobil misalnya injakan pedal gas dan beban pada mobil sehingga menghasilkan kurva torsi optimal di setiap level putaran mesin.

Gambar Toyota Camry 3.5Q V6 2006

Teknologi Dual VVT-i pertama kali digunakan di Toyota Camry varian V6 3.500 tipe Q tahun 2006

Dual VVT-i sendiri adalah singkatan dari Dual Variable Valve Timing with intelligence. Teknologi ini merupakan generasi penerus dari teknologi Variable Valve Timing with intelligence (VVT-i) yang sebelumnya sudah ada di mobil-mobil modern Toyota semisal Toyota Vios dengan mesin berkode 1NZ-FE yang jadi pionir mesin VVT-i di Tanah Air sejak tahun 2003. Jika pada VVT-i hanya waktu (timing) buka katup masuk yang diatur, sekarang mekanisme serupa diterapkan pada katup buang.

Gambar mesin WA-VE Toyota & Daihatsu

Mesin berteknologi tinggi jamin konsumsi BBM irit tanpa banyak defisit tenaga

Dengan mengatur waktu overlapping di katup buang, diharapkan tingkat kevakuman ruang bakar bertambah. Mekanisme ini mengakibatkan terjadinya peningkatan kecepatan alir dan kepadatan campuran udara-bahan bakar. Hasilnya adalah ruang bakar lebih bersih dari gas sisa pembakaran dan ledakan tenaga yang terjadi lebih besar dan sempurna. Pada akhirnya, torsi meningkat drastis dan bisa didapatkan pada putaran mesin lebih rendah.

Gambar katalis mesin Toyota & Daihatsu

Katalis juga pakai jenis baru yang lebih long life

Disamping meningkatkan performa, mekanisme Dual VVT-i dipakai untuk mengurangi emisi gas buang saat mesin baru dinyalakan. Ini karena saat itu catalytic converter belum bekerja akibat suhu kerjanya berada pada 400º C. Dengan memperbanyak sisa pembakaran, maka catalytic dapat segera beraksi. Dengan begitu, ketika mesin mencapai tenaga optimal, bahan bakar lebih hemat serta ramah lingkungan tanpa perlu mengorbankan performa.

>>> Toyota Raize 1.2 Resmi Diluncurkan, Lebih Murah Rp 17 Juta Dari Versi Turbo

Toyota Raize 1.2L Meluncur Sebagai Bentuk Apresiasi Terhadap Pelanggan Toyota

“Atas antusiasme yang sangat besar ini, kami majukan rencana ketersediaan varian 1.2 yang tadinya di semester dua menjadi hari ini. Varian 1.2 di Toyota Raize merupakan special option bagi pelanggan karena Indonesia merupakan negara pertama yang mempunyai varian ini sehingga pelanggan mempunyai pilihan yang lebih banyak dan dapat disesuaikan dengan kebutuhannya masing-masing,” tukas Fumitaka Kawashima, selaku Marketing Director PT Toyota-Astra Motor.

Gambar Toyota Raize 1.2L

Raize 1.2L meluncur lebih cepat sambut antusiasme konsumen

Respon positif terhadap Raize tidak hanya ditunjukkan oleh pelanggan di kota Jakarta saja. Melanjutkan launching yang dilaksanakan secara nasional, Raize juga sudah diperkenalkan melalui berbagai kegiatan di kota-kota lainnya seperti Semarang, Medan, Palembang, Surabaya, Balikpapan, Pontianak, Banjarmasin, Makassar, dan Manado. Sehingga sebagai bentuk apresiasi bagi pelanggan, Toyota Raize varian 1.2 tersedia lebih cepat dari rencana awal yang akan tersedia di semester dua tahun ini.

>>> Punya Potensi Bahaya, Ahli Safety Driving Bicara Soal Fitur Toyota Raize

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Head of Content di Cintamobil.com   About Arfian Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebe
 
back to top