Intip Lebih Dekat Honda City Hatchback RS 2021

10/03/2021

Mobil baru

5 menit

Share this post:
Intip Lebih Dekat Honda City Hatchback RS 2021
Honda City Hatchback RS 2021 jadi calon volume maker PT Honda Prospect Motor di Indonesia, seperti apa istimewanya mobil ini? Yuk intip lebih dekat...

Tak bisa dipungkiri bila Honda City Hatchback RS 2021 didapuk menjadi salah satu tulang punggung penjualan PT Honda Prospect Motor (HPM) di Indonesia. Mobil yang diposisikan sebagai penerus hegemoni Honda Jazz di Tanah Air ini ditargetkan terjual 1.000 unit per bulannya. Lantas, seperti apa istimewanya calon volume maker Honda Indonesia ini? Mari kita intip lebih dekat...

Rekayasa Teknis Ciamik

Foto tampak samping Honda City Hatchback RS 2021

Aerodinamika City Hatchback lebih baik dari Jazz

Mulai dari rekayasa teknologi di Honda City Hatchback RS ini yang oke punya. Mobil ini menggunakan konsep desain Energetic pada bagian eksteriornya. Hal itu tercermin dari desain facia depannya yang langsung terlihat karakter sporty dan cutting edge khas mobil-mobil Honda modern. Headlamp pipih dikombinasi dengan kap mesin rendah diyakini mampu memperbaiki nilai aerodinamika dari Jazz sebagai model yang digantikannya.

Foto tampak belakang Honda City Hatchback RS 2021

Seluruh bodywork City Hatchback ini diuji coba di wind tunnel milik Honda

Honda juga tak main-main saat mendesain mobil ini. Bodywork Honda City Hatchback tipe RS ini diuji dan dimodelkan di terowongan angin (wind tunnel) milik Honda Research & Development yang berlokasi di HRD Sakura Facilities, Tochigi Prefecture, Jepang. Sebagai informasi, wind tunnel yang sama juga digunakan oleh Honda Motor Corporation untuk mengembangkan mobil Formula Satu dan mobil balap Honda lainnya semisal Honda NSX.

Foto layout dashboard Honda City Hatchback RS 2021

Kabin diklaim lebih senyap saat dikendarai

Platform dari Honda City Hatchback RS 2021 ini pun dibuat lebih ringan, dan kokoh namun tetap aman dari benturan berkat penerapan teknologi safety sasis khas Honda yang bernama G-CON + ACE™. Basis rancang bangun dari hatchback andalan Honda ini difokuskan pada pengurangan Noise, Vibration, dan Harshness sehingga mobil lebih senyap dan tenang saat dikendarai.

Akomodasi Lega

Foto kursi belakang Honda City Hatchback RS 2021

Kursi sudah usung Ultra Seat dan punya akomodasi yang luar biasa

Bukan Honda namanya jika tidak mampu mendesain kabin yang akomodatif. Berkat lantai yang 'rendah' dan rata, menjadikan insinyur Honda yang merancang desain interior Honda City model hatchback ini dapat meletakkan kursi yang lebih rendah juga. Hal ini berdampak pada akomodasi yang yang lega. Tester kami yang punya tinggi badan 173 cm pun merasa nyaman ketika duduk di kursi belakang mobil ini sebab ruang kaki, dan head room terasa memadai.

Mesin 'Potensial'

Foto mesin L15B Honda City Hatchback RS 2021

Mesin City Hatchback potensial dibikin kencang? We'll see...

Honda City Hatchback ini pakai mesin baru yang kodenya serupa dengan Honda Civic, Honda Accord, Honda Civic Hatchback dan Honda CR-V. Yakni unit mesin berkode L15B, namun unit ini hadir tanpa dilengkapi dengan turbocharger atau bisa disebut juga sebagai mesin L15B N/A (Naturally Aspirated). Mesin ini punya banyak keunggulan bila dibandingkan dengan mesin sebelumnya.

Foto ban dan velg Honda City Hatchback RS 2021

Tenaga dan torsi tersalur ke dua roda depan melalui pilihan transmisi otomatis CVT dan manual 6-speed

Salah satu keunggulan mesin ini adalah punya dua noken as (Camshaft) yang bertugas untuk menggerakan keempat katup pada masing-masing pistonnya. Sehingga diharapkan dapat memasukkan udara dan BBM lebih banyak dibandingkan dengan sistem SOHC (Single Over Head Camshaft). Jika diasumsikan sistem elektroniknya sama, output tenaga dan torsi pada mesin ini bisa lebih besar bila dibandingkan dengan mesin lawas yang masih bersistem SOHC.

Foto tangki bensin Honda City Hatchback RS 2021

Meski berteknologi tinggi namun RON minimal hanya perlu 90 saja alias sekelas Pertalite

Tercatat tenaga 121 PS bisa diraih pada putaran mesin 6.600 rpm serta torsi 145 NM mampu dicapai 500 rpm lebih rendah dibandingkan mesin L15 SOHC yang diusung Honda Jazz. Hal ini bisa membantu saat stop and go di dalam kota. Meski di atas kertas hanya terlihat naik sekitar 3 PS dari L15 lawas, tapi kami cukup yakin jika peningkatannya bukan pada output dayanya, melainkan bagaimana cara mesin memberikan tenaga dan torsi, atau terkonsentrasi pada powerband-nya.

>>> Ini Sebabnya Honda City Hatchback RS di Indonesia Tak Pakai Mesin Turbo

Berapa Ya Harganya?

Foto tampilan depan Honda City Hatchback RS 2021

Harga City Hatchback diklaim menarik oleh Honda Indonesia

Sebagai gambaran, harga Honda City Hatchback RS 2021 di Thailand dibanderol 739.000 baht atau setara dengan Rp 348 jutaan. Kemudian untuk Jazz tipe RS (M/T) di Indonesia harganya Rp 288 juta sementara Jazz RS (A/T) dibanderol Rp 298,5 juta. Bisa jadi harga City Hatchback RS lebih murah, lebih mahal, atau ditempatkan sama dengan Jazz.

Foto stoplamp Honda City Hatchback RS 2021

Kita tunggu saja harga resmi dari PT HPM untuk mobil ini

"Yang pasti harganya akan menarik, dan tentunya dengan value for money yang tinggi. Baiknya kita menunggu waktu delivery di bulan depan baru kita umumkan, yang pasti harganya akan menarik," tutup Yusak Billy, selaku Bussiness Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM saat tim Cintamobil.com temui di kantornya di bilangan Sunter, Jakarta Pusat, Selasa (9/3/2021) sore.

>>> Hendak mengincar Honda Jazz bekas? Lirik pilihan mobil dan harganya di sini

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia
 
back to top