Inilah Mobil-Mobil Subaru AWD yang Akan Meluncur di Indonesia

10/07/2021

Mobil baru

5 menit

Share this post:
Berikut ini adalah 6 prediksi tim Cintamobil.com mengenai mobil Subaru AWD (All Wheel Drive) yang baru dan akan segera masuk ke Tanah Air, ada apa saja?

Subaru sudah menegaskan bahwa mereka akan melakukan comeback dan meluncurkan beberapa line up mobil Subaru AWD akhir tahun ini. Tentunya ini menjadi kabar gembira bagi pecinta Subaru di Indonesia.

Foto komunitas Subaru di Indonesia

Pecinta Mobil Subaru pun senang dengan kembalinya Subaru di Indonesia

Nah, berikut ini adalah prediksi beberapa line-up mobil Subaru yang kami rangkum untuk Anda, berdasarkan hasil olah informasi 'tim intelejen' Cintamobil.com. Barangkali mobil-mobil ini bisa menjadi refrensi bagi Anda yang ingin meminang mobil Subaru akhir tahun nanti.

1. Subaru XV

Sport Utility Vehicle (SUV) andalan Subaru ini sudah tampil nyeleneh sejak tahun 2013, saat itu crossover compact mereka ini jadi salah satu produk yang diunggulkan saat masuk Indonesia. Berbekal teknologi Symmetrical All-Wheel-Drive yang hanya dimiliki oleh Subaru. Membuat SUV ini menjadi salah satu yang tertangguh.

Gambar Subaru XV 2022

Subaru XV bakal menjadi andalan di Indonesia

Saat itu Subaru XV menjadi kompetitor dari Mazda CX-5, Hyundai Tucson, bahkan Honda CR-V. Mesin boxer 2.000 cc-nya dikawinkan dengan transmisi CVT yang membuat performanya cukup memadai. Kini berbekal teknologi eBoxer, membuat Subaru XV terbaru dapat menjadi senjata utama Subaru di Indonesia.

2. Subaru Forester

Model kedua yang dapat menjadi senjata utama Subaru di Indonesia adalah Subaru Forester. SUV ini sejatinya masih sekelas dengan Honda CR-V, tetapi karena saat itu harganya lebih tinggi dari SUV berlogo H tersebut, membuat Forester menjadi kurang dilirik.

Gambar Subaru Forester 2022

Forester terbaru tentunya menggoda para pecinta Mobil Subaru AWD

Padahal Forester saat itu hadir dengan performa beringas berkat mesin 2.000 cc horizontal plus turbocharger, yang mampu menghasilkan tenaga hingga 240 HP. Kualitas buatan pada interiornya juga berkelas wahid. Dan jangan lupa, Subaru Forester juga sudah mendapat penyegaran yang banyak dan tampil lebih maskulin.

3. Subaru Outback

Meski mobil Subaru AWD yang satu ini lebih laris di pasaran Amerika, namun Outback juga pernah menjadi line-up andalan Subaru di Indonesia. Maka tak salah rasanya bila kami memprediksi mobil ini juga bisa menjadi andalan (lagi) PT Plaza Auto Mega sebagai Agen Pemegang Merek (APM) yang baru.

Gambar Subaru Outback 2022

Outback bisa menjadi alternatif menarik penyuka estate

Dengan hadirnya Outback yang bentuknya lebih mirip sebagai estate crossover, dapat menjadikannya sebagai pilihan alternatif bagi peminat Mazda6 Estate hingga Mercedes-Benz C-Class Estate dan BMW Seri-3 Touring.

>>> Subaru AWD, 20 Juta Unit Dalam 49 Tahun

4. Subaru Levorg

Meski sama-sama mengusung model estate, tetapi Levorg ini berbeda dengan Outback, Levorg hadir di kelas yang lebih tinggi dari Outback. Subaru Levorg ini pun sudah mengadopsi platform Subaru Global Platform (SGP) yang telah dipakai model Subaru lainnya seperti Subaru Ascent, Forester, Impreza, dan XV.

Gambar Subaru Leoverg 2022

Levorg hadir sebagai top class Mobil Subaru AWD

Dibandingkan model sebelumnya, Subaru Levorg memiliki dimensi lebih panjang 65 mm, begitupun juga wheelbase yang melar 20 mm. Alhasil, kabin mobil menjadi lebih lega dari sebelumnya. Sebagai contoh, kapasitas bagasi Subaru Levorg pun meningkat sebanyak 72 liter menjadi 561L. Detail lainnya? Tunggu tanggal mainnya ya...

5. Subaru WRX

Kendati kemungkinannya kecil, tapi menurut informasi yang kami terima masih ada kans Subaru Indonesia untuk memasukkan line-up Subaru WRX. Berkat 'cap' WRX, Subaru semakin memperkokoh citra sebagai produsen mobil yang berpartisipasi di reli dunia dengan penggerak empat roda simetrikal yang kencang.

Gambar Subaru WRX STi EJ20 2019

Akankah Subaru Impreza edisi terbatas ini diboyong ke Tanah Air?

Bagi Anda pecinta kecepatan, tentunya sedan sport lansiran Subaru ini adalah mobil yang tepat untuk Anda miliki, tak hanya untuk dinikmati sensasi berkendaranya, namun juga untuk dijadikan koleksi yang bernilai investasi sebagai sebuah mobil edisi khusus.

6. Subaru BRZ

Subaru BRZ pertama kali diperkenalkan tahun 2012 sebagai hasil dari kolaborasi dengan pabrikan kenamaan asal Jepang yakni Toyota. Kolaborasi “Toyobaru” ini menghasilkan sebuah Sportscar entry-level yang cukup diminati, dan dikenal sebagai mobil yang fun-to drive.

Gambar Subaru BRZ 2022

BRZ merupakan kembaran Toyota GR86

‘Bahan jualan’ Subaru BRZ, adalah karakteristik berkendara yang fun-to drive dengan layout mesin Boxer yang membuat titik gravitasi yang rendah, dengan penerapan mesin Boxer tersebut, distribusi bobot mobil juga dapat dibuat balance. Dan kemungkinan mobil ini juga akan hadir di Tanah Air.

>>> Lanjutkan Kolaborasi dengan Subaru, Toyota Perkenalkan GR86 2022

Tetap Andalkan Boxer Engine & Teknologi Symetrical AWD

Keunggulan mesin-mesin mobil racikan Subaru yang tidak dimiliki kompetitornya adalah konfigurasi flat alias BOXER. Berbekal konfigurasi BOXER maka kehalusannya menjadi lebih baik dari mesin lain. Sebab gerakan pistonnya yang saling berlawanan (contra engine) dapat menghilangkan getaran satu sama lain.

Gambar mesin eBoxer Subaru

Mesin Boxer masih jadi senjata USP (Unique Selling Point) Mobil Subaru AWD

Boxer engine juga punya keseimbangan yang lebih baik. Selain itu, karena penerapan firing order yang unik, membuat mesin boxer memiliki suara yang khas. Meski demikian ia punya sedikit kelemahan, yakni saat melakukan perawatan berkala contoh ketika hendak mengganti busi, waktu yang dibutuhkan lebih lama.

Gambar emblem eBoxer Subaru

Tentu saja mesin berkonfigurasi flat tersebut telah disempurnakan...

Keunggulan lainnya dengan penerapan posisi pistonnya yang datar, adalah menghasilkan mesin yang memiliki canter of gravity (titik pusat gravitasi) yang lebih rendah. Pusat gravitasi yang rendah ini tentunya berdampak positif terhadap handling mobil.

Gambar X-Drive Mode Subaru

Panel instrumen mobil Subaru XV terbaru

Lantas, hal ini disempurnakan lagi dengan sistem Symetrical All Wheel Drive kebanggan Subaru. Sistem Symetrical AWD ini selain membuat ban punya traksi mumpuni di segala kondisi, ia juga mampu membuat komposisi berat mobil menjadi lebih seimbang.

Gambar sistem 4x4 Subaru Leone

Sistem 4x4 yang menjadi cikal bakal Mobil Subaru AWD

Sistem Symetrical All Wheel Drive merupakan pengembangan dari sistem 4x4 di line up mereka. Dimulai dari Subaru Leone di tahun 1972 yang didaulat sebagai the first Four Wheel Drive (4WD) commercial vehicle hingga generasi keduanya muncul 5 tahun kemudian sebagai passanger car.

Gambar Subaru Colin McRae

Colin McRae pun pernah merasakan kebuasan Mobil Subaru AWD

Tak sampai disitu saja, sedan legendaris mereka bernama Impreza muncul di tahun 1992 dan langsung mengundang decak kagum penggemar reli dunia saat itu. Anda pasti ingat legenda Colin McRae, Richard Burns, dan Petter Solberg yang berlaga di ajang World Rally Championship (WRC) naik Subaru Impreza WRC bukan?

Gambar Subaru Impreza Colin McRae dan Subaru BRZ

Jadi mobil Subaru mana yang mencuri perhatian Anda?

Atas kesuksesan tersebut, tak pelak sistem 4 wheel drive mereka terus disempurnakan hingga kini. Jadi itulah prediksi tim Cintamobil.com terhadap produk yang akan diboyong Subaru Indonesia ke Tanah Air. Kira-kira mobil Subaru mana yang mencuri perhatian Anda?

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top