Inilah Mitos VS Fakta Seputar Mobil Hybrid Dan Elektrifikasi

31/10/2021

Mobil baru

2 menit

Share this post:
Lexus dan Cintamobil akan menjawab beberapa hal seputar mitos dan fakta mengenai mobil hybrid maupun mobil elektrifikasi. Apa saja ya mitos-mitos tersebut?

Teknologi baru sering kali membingungkan, banyak mitos yang beredar seputar mobil hybrid dan listrik. Lexus akan menjawab lima mitos yang salah, mengenai teknologi elektrifikasi berdasarkan fakta yang ada.

1. Hybrid Adalah Teknologi Baru

Faktanya: Tahun 2005 Lexus meluncurkan Lexus RX400h, Generasi pertama dari Lexus Hybrid Drive yang menginspirasi teknologi mobil listrik secara global. Saat ini Lexus Hybrid Drive telah memasuki generasi keempat, generasi tercanggih yang pernah ada.

Lexus RX400h 2005

RX400h jadi mobil hybrid pertama Lexus

Pada tahun 2021, Lexus telah mencapai lebih dari 2 juta penjualan kendaraan hybrid dan listrik secara global. Dengan akumulasi jarak mengemudi sama dengan 1.000 kali jarak tempuh bumi ke mars (109,2 Billion Kilometer).

2. Performa & Kinerja Mobil Hybrid Lebih Lemah Dari Konvensional

Sistem hybrid Lexus UX250h

Performa mobil jenis hybrid lebih hebat dari mobil konvensional

Faktanya: Daya dari baterai mobil hybrid akan memberikan energi ke mesin listrik, dan ketika kecepatan mobil meningkat mesin bahan bakar akan aktif. Saat akselerasi ekstra diperlukan daya dari kedua sumber akan dioptimalkan, sehingga menghasilkan performa kendaraan yang lebih tinggi. 

3. Baterai Mobil Listrik Tidak Tahan Lama

Baterai mobil hybrid

Baterai lebih tahan lama

Faktanya: Lexus Indonesia berkomitmen untuk selalu memberikan layanan terbaik, dengan menawarkan garansi selama 8 tahun untuk baterai mobil listrik, serta bebas biaya servis, dan perawatan suku cadang selama 5 tahun tanpa batas kilometer.

>>> Mau Simpan Mobil Hybrid Dan Elektrik? Jangan Isi Baterai Sampai Penuh

4. Mobil Listrik Punya Jarak Tempuh Terbatas

Test Drive Lexus UX300e 2021

Dalam kondisi baterai penuh, jarak tempuhnya mencapai 300 kilometer

Faktanya: Mobil listrik Lexus memiliki jarak tempuh yang sangat baik. Dengan kondisi baterai penuh, mobil listrik Lexus dapat menempuh jarak hingga 300 kilometer, atau setara dengan perjalanan pulang dan pergi dari Jakarta ke Bandung.

>>> Apakah Sistem Hybrid Rocky Bisa Diterapkan ke Toyota All New Avanza?

5. Mobil Listrik Jauh Lebih Mahal Dari Mobil Konvensional

Faktanya: Walaupun harga satu liter bensin biasa relatif terjangkau untuk pengendara Lexus, namun jika dibandingkan penggunaan mobil listrik akan lebih ekonomis. Biaya pengisian baterai mobil listirk Lexus 1/3 kali lebih ekonomis.

Indikator Lexus UX300e

Pakai mobil listrik untuk harian jelas lebih hemat

Dengan kata lain, Anda dapat menghemat 66% dari biaya bensin setiap bulannya. Dan dalam jangka panjang, Anda juga membantu menyelamatkan bumi bagi generasi-generasi mendatang.

Logo Lexus

Siap berpindah ke teknologi Hybird dan Elektrifikasi?

So, itulah mitos dan fakta mengenai mobil listrik maupun hybrid yang telah Cintamobil.com beberkan, kini saatnya Anda mempertimbangkan untuk beralih ke mobil listrik atau hybrid. Dengan efisiensi, inovasi, dan banyaknya manfaat yang diperoleh, mobil hybrid dan listrik akan menciptakan lingkungan yang lebih nyaman, serta masa depan yang lebih baik lagi bagi kita semua.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top