Inikah Tanda Honda City Hatchback Segera Meluncur di Indonesia?

25/02/2021

Mobil baru

4 menit

Share this post:
Akun instagram hondaisme belum lama ini membagikan teaser video yang diduga tampilan dari Honda City Hatchback. Apakah itu berarti mobil segera meluncur?

Sinyal kemunculan Honda City Hatchback di Indonesia makin kuat. Akun instagram @hondaisme terlihat membagikan video teaser sebuah lampu depan mobil yang menyerupai City Hatchback. 

Postingan tersebut cukup ramai mendapat komentar dan tak sedikit pula yang menduga mobil itu adalah Honda City Hatchback.

>>> City Hatchback Bakal Geser Honda Jazz? Ini Kata Honda

Sinyal Kehadiran City Hatchback

Sudah Uji Tipe, Honda City Hatchback Belum Pasti Meluncur di Indonesia

City Hatchback perdana mengaspal di Thailand

Honda tak memberikan keterangan mendetail soal postingan tersebut, melainkan hanya dua buah hashtag yang juga tidak diketahui dengan pasti artinya. 

"#Seeyou #EYM," tulis akun hondaisme seperti dilihat Cintamobil, Kamis (25/2/2021). 

Dalam beberapa bulan terakhir, City Hatchback menjadi satu model yang cukup disorot. Mobil ini dispekulasikan akan menjadi pengganti Honda Jazz di Indonesia. Spekulasi tersebut muncul di Malaysia dan juga Indonesia. 

Tapi hingga saat ini Honda masih belum memberikan keputusan soal nasib City Hatchback maupun Jazz di Indonesia. Belum lama ini Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor kembali menegaskan bahwa pihaknya masih mempelajari pasar sebelum akhirnya memboyong City Hatchback ataupun menyetop penjualan Jazz. 

Honda City Hatchback

Muncul di Samsat

Nama City Hatchback sendiri telah muncul di laman Samsat PKB Jakarta.  Di situ ada dua model City Hatchback yang tercantum beserta dengan Nilai Jual Beli Kendaraan Bermotor (NJKB). Billy pun tak menampik hal tersebut sembari menegaskan bahwa itu bukan berarti City Hatchback akan diluncurkan di Indonesia. 

"Iya sudah didaftarkan. Namun untuk dipasarkan di sini atau tidak, masih kami pelajari yah," jelas Billy kala itu. 

>>> Plus Minus Hatchback, Sedan dan MPV Dijadikan Mobil Keluarga

Punya DNA Sport yang Cocok di Indonesia

Selain terdaftar di NJKB, City Hatchback juga disebut sudah melakoni Uji Tipe di Kementerian Perhubungan. Sesuai dengan aturan Menteri Perhubungan, Uji Tipe merupakan pengujian yang dilakukan terhadap fisik Kendaraan Bermotor untuk penelitian rancang bangun dan rekayasan Kendaraan Bermotor, Kereta Gandengan, atau Kereta Tempelan sebelum Kendaraan Bermotor dibuat dan/atau dirakit dan/atau diimpor secara massal serta Kendaraan Bermotor yang dimodifikasi.

Nantinya bila kendaraan lolos Uji Tipe akan mendapatkan Sertifikat Uji Tipe (SUT). Kemudian, sebelum diproduksi maupun diimpor secara massal sebuah kendaraan harus mendapatkan Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT). 

Akankah Honda Jazz di Indonesia Digantikan City Hatchback?

Tampilannya lebih sporty

Kalau diperhatikan sederet sinyal tersebut bisa menjadi pertanda bahwa Honda City Hatchback akan mengaspal di Indonesia. Secara karakter, Honda City Hatchback bisa memenuhi hasrat masyarakat Indonesia lewat tampilan sportynya. 

Hal itu justru kontra dengan Honda Jazz yang model terbarunya tampil dengan gaya futuristik. 

"Yang penting DNA sport yang melekat itu harus tetap ada. Kami selalu perhatikan orang taunya Jazz itu sporty, jadi kita tunggu timingnya ya dan model apa yang tepat hatchbacknya dari kami," pungkas Billy.

>>> Dirumorkan Bakal Diganti City Hatchback, Intip Kelebihan Honda Jazz Bekas

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top