Inikah Sinyal Kehadiran Honda HR-V Terbaru di Indonesia?

11/10/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Santer dikabarkan Honda HR-V terbaru akan masuk ke Indonesia. Hal itu menguat usai HR-V tampak muncul dalam laman Samsat Jakarta dan Dirjen HAKI Kemenkumham.

Kejutan Honda akan peluncuran mobil baru di Indonesia tampaknya belum usai. Setelah meluncurkan Honda BR-V 2022 dengan perubahan besar, tampaknya akan ada model baru lagi yang bakal diboyong ke Indonesia. Adalah Honda HR-V generasi terbaru yang lebih dulu meluncur di Jepang pada awal tahun 2021. 

Terungkap dalam laman Pangkalan Data Kekayaan Intelektual, Honda Motor Co, Ltd terlihat sudah mendaftarkan Desain Industri dari mobil yang wujudnya menyerupai HR-V terbaru. Tertulis nama pendesain mobil itu adalah Daisuke Akojima. 

>>> Komparasi MG ZS Facelift vs Honda HR-V Tipe S, Mana Lebih Menarik?

Honda HR-V Terbaru Pakai Mesin Turbo?

Tampak samping Honda Vezel 2021

Akan ada HR-V versi turbo di Indonesia?

Hal lain yang menguatkan sinyal kehadiran Honda HR-V terbaru di Indonesia adalah munculnya SUV tersebut dalam Samsat-PKB Jakarta. Pasalnya tipe HR-V di laman Samsat itu berbeda dengan yang dijual di pasaran saat ini, bahkan sepertinya akan ada versi turbo. 

Tercatat ada empat tipe Honda HR-V di laman samsat yakni HR-V 1.5 E CVT, HR-V 1.5L S CVT. HR-V 1.5L SE CVT, dan HR-V 1.5T RS CVT. Huruf 'T' pada HR-V 1.5T RS CVT diduga kuat merupakan varian turbo dari SUV andalan Honda ini. 

Sedangkan untuk Honda HR-V yang saat ini dijual di Indonesia adalah HR-V 1.5L S M/T, HR-V 1.5L S CVT, HR-V 1.5L E CVT, HR-V 1.5E CVT Special Edition, dan terakhir HR-V 1.8L Prestige. Kalau diperhatikan, varian 1.8L Prestige menghilang dari daftar tersebut. 

Tampilan honda hr-v saat dikendarai

Dalam laman NJKB Samsat, HR-V 1.8 Prestige absen

Di Jepang, Honda HR-V alias Vezel memiliki opsi varian hybrid yakni mesin 1.5 L DOHC i-VTEC+CVT dikombinasikan dengan dua sistem motor hybrid Honda e:hEV. Berkat kombinasi dengan e:HEV, torsinya didistribusikan secara linier dan cepat sebagai karakteristik penggerak motornya.

Bukan tak mungkin ketika nanti dihadirkan di Indonesia akan ada juga varian hybrid yang ditawarkan. Mengingat pemerintah tengah gencar mendorong percepatan kendaraan elektrifikasi di Tanah Air.

Pun demikian dengan mesin turbonya. Tak menutup kemungkinan Honda HR-V terbaru punya mesin turbo. Ini lantaran setahun belakangan mobil mesin turbo tengah digandrungi banyak anak muda. 

>>> First Drive New MG ZS Magnify AT 2021: Siap Bersaing Lawan Honda HR-V

Di Jepang, HR-V Sudah Mengusung Honda Sensing

Varian Hybrid Honda Venzel 2021

Di Jepang, HR-V juga ditawarkan dengan opsi hybrid

Agar semakin memikat, fitur Honda Sensing seperti Adaptive Cruise Control, Collision Mitigation Braking (CMBS), Lane Keeping Support System (LKAS) juga disematkan pada HR-V terbaru. Ketiga fitur itu sudah ditambahkan fungsi rear false start suppression, short-range collision mitigation brake, dan auto high beam. 

Soal harga Honda HR-V di Jepang termurah dibanderol 2.279.000 yen dan versi termahalnya 3.298.000 yen. Kalau dirupiahkan, model termurahnya di kisaran Rp 287 jutaan dan versi tertingginya Rp 415 jutaan.

Di Indonesia, Honda HR-V saat ini paling murah ditawarkan dengan harga Rp 294,7 juta kemudian tertinggi Rp 409,8 juta. Jikalau nanti model barunya hadir, besar kemungkinan akan mengalami kenaikan harga lantaran mengalami beberapa penyesuaian. 

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top