Inikah Mobil Listrik Chery yang Bakal Dijual di Indonesia?

13/08/2021

Mobil baru

3 menit

Chery tampaknya serius untuk kembali ke Indonesia. Bahkan Chery dikabarkan juga akan merilis mobil listrik untuk meramaikan pasar elektrifikasi di Tanah Air.

Merek mobil asal China, Chery tampaknya serius untuk kembali memijakan kaki di Indonesia. Sebelumnya, Chery Automobile memang dikabarkan berencana kembali meramaikan pasar otomotif Tanah Air pada tahun 2021 lewat sebuah SUV.

Chery pun tampaknya memantau pergerakan pasar otomotif Tanah Air yang cukup dinamis. Tak terkecuali dengan perkembangan kendaraan listrik yang tengah masif digaungkan oleh pemerintah. 

mobil listrik Chery

Inikah mobil bertenaga listrik dari Chery yang siap diboyong ke Indonesia?

>>> 5 Produk Chery Ini Siap Lawan Toyota Raize Hingga Mobil Hybrid Toyota

Chery Siap Hadirkan Mobil Listrik di Indonesia

Kabarnya, selain menghadirkan produk seri SUV konvensional, kendaraan energi baru juga menjadi salah satu rencana utama pengembangan produk dari Chery. Adalah Chery EQ1, sebuah mobil listrik bertenaga baterai yang sudah lebih dulu hadir di Negeri Tirai Bambu itu. 

Di China, mobil listrik Chery EQ1 ini perdana meluncur tahun 2017. Bila mengacu pada penjualan, mobil listrik Chery EQ1 tampaknya cukup laris manis di negara asalnya. Dalam empat tahun, penjualannya sudah melebihi 200.000 unit. 

Tak puas sampai di situ, Chery pun terus melakukan ubahan agar EQ1 makin sempurna dan diminati banyak orang. Pada tahun 2021, EQ1 mkian disempurnakan dalam hal masa pakai baterai, kecerdasan, keamanan, efisiensi, tampilan desain, dan performa produk yang lebih baik. 

Di samping itu, ada juga penambahan fitur seperti parkir otomatis satu tombol dan fitur kendali jarak jauh satu tombol pada mobil, dan kendali jarak jauh untuk AC, serta penjadwalan pengisian daya yang menjadikannya lebih aman dan nyaman. 

mobil listrik Chery

Dibekali fitur pengingat waktu pengisian ulang baterai

Mobil listrik Chery EQ1 juga mengadopsi profil all-aluminium dengan tulang burung bionik, ruang tiga dimensi seperti sangkar, dengan struktur balok memanjang depan yang kokoh untuk menciptakan ruang berkendara yang aman; ketahanan debu dan kedap air dari paket baterai ditingkatkan ke IP68, dan ada lebih banyak perlindungan multi-angle anti-knock, sistem manajemen termal sensitif, sistem perlindungan keselamatan bertegangan tinggi.

Pengembangan Kendaraan Listrik Sudah Dimulai Chery Sejak 1999

Selain itu, produk EQ1 yang baru dilengkapi dengan motor three-in-one generasi baru Chery. Integrasi bodi meningkat 70%, rasio ruang berkurang 25%, bobot berkurang 15%, konsumsi energi lebih rendah, dan masa pakai baterai lebih tinggi; pada saat yang sama, mobil baru dilengkapi dengan satu sistem manajemen termal, efisiensi pendinginan meningkat sebesar 20%, penghematan energi jadi lebih efisien. 

mobil listrik Chery

Siap ramaikan pasar kendaraan listrik Tanah Air

Chery sendiri bisa dibilang sudah cukup lama berkecimpung dalam mengembangkan teknologi kendaraan ramah lingkungan, tepatnya sejak 1999. Tak heran kalau di China penjualan kendaraan listrik Chery kerap mencatatkan rekor. Chery pun ingin mendulang kesuksesan yang sama di Indonesia. Dalam waktu dekat, kendaraa listrik dari Chery pun diprediksi akan mengaspal di Tanah Air. Wah, menarik untuk ditunggu nih!

>>> Kiprah Chery Indonesia yang Sarat Perjalanan Naik Turun

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top