Perbedaan Toyota Fortuner GR Sport di Thailand dan Indonesia

27/08/2021

Mobil baru

3 menit

Toyota Thailand luncurkan Fortuner GR Sport dengan mesin berkapasitas 2.800 cc turbo diesel. Selain mesinnya apa yang beda dengan versi Tanah Air?

Toyota telah meluncurkan Fortuner GR Sport di Thailand  bermesin turbo diesel 2.800 cc. Sama-sama mengusung badge GR Sport, model anyar yang satu ini memiliki desain yang berbeda untuk pasar Tanah Air.

>>> Harga Setara, Pilih Nissan Terra atau Toyota Fortuner  GR Sport

Gambar menunjukan mobil Toyota

Tampilan Fortuner GR  Sport Thailand

Interior dan Eksterior Fortuner GR Sport Thailand

Bagian lampu depan dan fasia depan Fortuner  GR Sport untuk pasar Thailand memiliki desain yang berbeda dibandingkan dengan yang ada di Indonesia. Toyota Fortuner GR  Sport versi Thailand memakai DNA Toyota Gazoo Racing lebih jelas dengan gril tengah bawah dan intake yang memiliki beberapa kemiripan dengan GR Yaris.

Perbedaan juga lebih terlihat jelas dengan adanya lapisan hitam glossy pada trim untuk emblem Toyota di bagian depan, lampu depan dan gril bawah. Sedangkan lampu depan sendiri juga memiliki desain yang berbeda dengan hadirnya susunan DRL LED empat garis.

Sedangkan pada eksterior belakang Toyota Fortuner  GR Sport untuk pasar Thailand dibekali dengan bumper yang lebih elegan. Terdapat trim berbentuk L di kedua sudut kanan dan kiri bagian belakang bersama aksen garnish hitam glossy di bagian tengah.

Lalu untuk interiormya didominasi warna hitam dengan trim merah kontras di seluruh bagian. Jok depan dibalut kulit berwarna hitam dengan jahitan kontras merah dan bagian tengah suede, serta logo GR disulam di sandaran kepala. Roda kemudi multi fungsi juga dilapisi kulit dengan bagian kulit berlubang serta logo GR di bagian bawah.

>>> Daftar Harga Lengkap 5 Mobil Toyota GR Sport di Tanah Air

Gambar menunjukan Mesin mobil

Mesin Fortuner  GR Sport Thailand mampu menghasilkan tenaga 204 PS dan torsi 500 Nm

Mesin Fortuner GR Sport Thailand

Selanjutnya yang pasti berbeda yakni dapur pacunya. Toyota Fortuner GR  Sport di Tanah Air ditawarkan dengan mesin 2.7 liter bensin atau 2.4 liter turbo diesel yang keduanya hadir dengan penggerak roda belakang. Sedangkan Fortuner GR  Sport di Negeri Gajah Putih hanya mendapatkan satu spesifikasi powertrain yaitu 2.8 liter turbo diesel dengan penggerak 4WD yang mampu menghasilkan tenaga 204 PS dan torsi 500 Nm.

Tak hanya mesin yang bertenaga Fortuner GR  Sport juga dibekali dengan sistem keamanan Toyota Safety Sense yang di dalamnya terdapat fitur pre-collision system, lane departure alert, dynamic radar cruise control, blind spot monitor, dan rear cross traffic alert. Sedangkan untuk harganya Toyota Fortuner GR  Sport di Thailand dijual dengan harga 1.879.000 baht (Rp 829,5 juta).

>>> Mencegah Komponen Mobil Rusak karena Lama Tidak Digunakan

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini. 

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top