Ini Suzuki Swace, Wagon Terbaru Berbasis Toyota Corolla Hatchback

16/09/2020

Mobil baru

3 menit

Ini Suzuki Swace, Wagon Terbaru Berbasis Toyota Corolla Hatchback
Suzuki baru saja mengungkap model terbarunya buah kerjasama dengan Toyota. Suzuki Swace lahir mengusung basis yang sama dengan Toyota Corolla Hatchback.

Mengembangkan sebuah mobil baru tentu membutuhkan biaya yang cukup besar. Tapi berkat adanya kerjasama, biaya pengembangan bisa sedikit dipangkas. Walhasil, mobil baru pun bisa rilis lebih cepat. 

Itulah yang tampaknya diincar oleh Suzuki. Suzuki pada akhir tahun 2019 telah mengumumkan kerjasamanya dengan sesama pabrikan Jepang Toyota. Tak perlu menunggu lama, kerjasama itu telah membuahkan beberapa hasil. 

Awal tahun 2020 Suzuki telah merilis Across yang merupakan rebadged dari Toyota RAV4 Prime. Kali ini, model baru kembali lahir yakni sebuah wagon hasil rebadge Toyota Corolla Hatchback bernama Suzuki Swace

Suzuki Swace

Swace sangat identik dengan Corolla Hatchback

>>> Toyota Tak Pungkiri Corolla Cross 2020 Bakal Kanibal dengan C-HR

Lebih Panjang dari Corolla Hatchback

Melansir Car Buzz, Rabu (16/9/2020), Suzuki mengusung basis Corolla Touring Sports pada Swace. Mobil ini sejatinya versi wagon yang dipanjangkan dari Corolla Hatchback. Lantaran ada penambahan panjang, Swace jadi lebih lega dibandingkan Corolla. 

Selain lebih panjang, Swace diklaim lebih efisien karena penggunaan teknologi hybrid. Corolla dibekali mesin empat silinder berkapasitas 2.0L dan bisa menghasilkan tenaga setara 169 daya kuda. Suzuki Swace justru mengusung mesin 1.8L yang dikombinasikan dengan motor listrik. 

Suzuki Swace

Punya dimensi lebih panjang

Mesinnya sendiri hanya bisa menghasilkan tenaga 96 daya kuda namun motor listriknya menyumbang 71 daya kuda. Toyota mengklaim kombinasi mesin 1.8L dan hybrrid bisa menghasilkan tenaga setara 120 daya kuda.

Terdapat beberapa pilihan mode berkendara yang ditawarkan. Pengendara dapat memilih Normal, Sport, Eco, dan juga EV pada kecepatan rendah. 

Suzuki Swace

Interior diklaim lebih lega

>>> Toyota Starlet Premium Segera Lahir, Tapi Pakai Basis Suzuki Baleno

Bakal Dijual di Eropa

Mobil bisa berlari 0-100 km/jam dalam waktu 11,1 detik dan menghasilkan C02 di bawah 100 gram per kilometer. 

Suzuki Swace sangat terlihat identik dengan Corolla hatchback. Perbedaannya sangat minor yakni di bagian depan dengan grille yang lebih tipis dan juga desain bemper. Sementara bagian eksterior lainnya tampak tak banyak berubah. 

Suzuki Swace

Ada beberapa warna yang ditawarkan

Suzuki Swace akan ditawarkan dalam tujuh pilihan warna yaitu White Pearl Crystal Shine, Super White, Precious Silver, Black Mica, Dark Blue Mica, Phantom Brown Metallic, dan Oxide Bronze Metallic. 

Spesifikasi mobil lebih mendetail akan diungkap jelang peluncuran pada musim dingin tahun ini. Termasuk harganya yang baru diumumkan jelang peluncuran nanti. Rencananya Suzuki Swace akan dijual di kawasan Benua Biru tanpa merinci negara mana saja yang mendapat jatah wagon ini. 

>>> Toyota Corolla Cross Punya Fitur Khusus Orang Indonesia, Apa Itu?

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top