Ini Rasanya Toyota Vios yang Kembali Jadi Sedan Penerima Diskon PPnBM

07/07/2021

Mobil baru

5 menit

Share this post:
Well, meski bukan mobil keluaran teranyar tapi Toyota Vios jadi satu-satunya sedan penerima diskon PPnBM, maka kami ceritakan sedikit rasa nyetirnya...

Well, kami paham jika mobil ini bukanlah keluaran teranyar dari pabrikan yang bermarkas di Sunter, Jakarta Pusat tersebut. Tetapi, sebagai satu-satunya mobil model sedan yang menerima relaksasi pajak alias diskon PPnBM, mungkin Anda ingin tahu bagaimana 'rasa' nyetir dari Toyota Vios ini.

Foto Toyota Vios E CVT

Vios dapat privillage diskon PPnBM

Kebetulan kami pernah tes sebuah Toyota Vios tipe E lansiran tahun 2019 bertransmisi CVT. Nah, sebagai bahan pertimbangan sebelum Anda memutuskan membeli, tim Cintamobil.com menyarankan Anda untuk menyimak hasil pengujian kami mengenai sedan kompak penerima diskon PPnBM berikut ini.

Mesin Menjanjikan

Mesin jadi highlight utama dari mobil ini. Kami cukup terkesima dengan deru halus mesin berkode 2NR-FE yang tertanam dibalik bonnet mobil ini. Mesin ini dilengkapi dengan teknologi pengaturan katup variabel khas Toyota yakni Dual VVT-i, yang mana sistem ini akan mengatur bukaan katup sesuai beban dan kebutuhan mesin.

Foto mesin 2NR-FE Toyota Vios

Mesinnya kencang dan irit

Tenaga pada mesin ini memang turun sekitar 2 HP dari generasi mesin Vios sebelumnya (1NZ-FE), demikian juga torsinya yang menciut 1 koma sekian Nm. Namun, tenaga dan torsi di mesin ini kini dapat diraih dengan putaran mesin yang lebih rendah yang membuatnya jadi lebih hemat konsumsi BBM.

Foto panel instrumen Toyota Vios E CVT

Panel instrumen sederhana untuk tipe E

Sesuai dugaan kami, mesin berkode 2NR-FE ini mampu membawa sedan penikmat diskon PPnBM ini dapat melaju dengan hemat. Saat kami berjalan di kecepatan lalu lintas luar kota dengan kecepatan rata-rata 45 km/jam, konsumsi BBM 18 kilometer per liter dengan mudah diraih.

Foto Toyota Vios E CVT

Sedan penikmat diskon PPnBM ini terbukti hemat BBM

Begitu pula saat melaju konstan di jalan tol dengan kecepatan rata-rata 90 km/jam, angka 20,8 kilometer per liter dapat diraih. Lantas, bagaimana saat dibawa melaju di dalam kota pada kecepatan rata-rata 22 km/jam? Tenang, 1 liter BBM oktan 92 di mobil ini dapat membawanya melaju sejauh 15,3 kilometer. Hemat bukan?

Foto tuas transmisi CVT Toyota Vios E

Mobil yang menerima diskon PPnBM ini pakai transmisi CVT

Itu semua berkat sumbangsih dari transmisi sejuta rasio alias CVT yang ada di mobil ini. Dengan jumlah rasio yang 'seolah' tak terhingga, saat mobil melaju konstan, putaran mesin dapat ditahan serendah mungkin. Fleksibilitas puli rasionya juga oke punya menurut kami.

Foto Toyota Vios E CVT di jalan

Cruising di kecepatan 100 km/jam putaran mesin hanya di 1.600 rpm saja

Contoh saat kami melaju 100 km/jam, putaran mesin hanya berkitir di 1.600 rpm saja, itu membuat mesin makin efisien dalam mengolah BBM. Bahkan saat kami 'menyisir' tol trans jawa dengan melaju 140 km/jam, putaran mesin dapat ditahan antara 2.000 hingga 2.200 rpm saja.

Foto tampilan depan Toyota Vios E CVT

Akselerasinya pun tidak buruk

Bagaimana soal akselerasi? Dia tidak lemah kok, alias hanya lebih lambat 0,2 detik saja dari saudaranya yakni Toyota Yaris, sedan yang menerima diskon PPnBM ini mencatat 11,7 detik untuk figur 0-100 km/jam pada alat tes andalan kami yang asal Inggris bernama RaceLogic Performance Box.

Foto Toyota Vios E CVT 2021

Sedan yang dapat Diskon PPnBM ini punya performa yang baik

Kestabilannya juga patut diacungi jempol, Saat mobil dipacu hingga 190 km/jam bahkan 200 km/jam kala jalanan lengang ia tetap 'napak'. Tapi Anda harus ingat, konstruksi kaki-kaki sedan kecil ini dirancang untuk sesuai dengan kebutuhan commuter harian bukan untuk melaju kencang layaknya mobil balap.

Keheningan Kabin & Bantingan Suspensi Membuai

Yang kami suka dari Toyota Vios ini saat diajak berjalan jauh adalah kenyamanan kabinnya yang hening, tak banyak suara yang bisa masuk ke interior dari luar. Serta bantingan suspensinya yang dewasa (tidak terlalu empuk, namun tetap nyaman dan juga stabil) juga membuai kami.

Foto ban dan velg Toyota Vios E CVT

Suspensinya nyaman...

Pengendalian mobil ini memang terasa sedikit dibawah rival lainnya asal Jepang yakni Honda City, sebab feedback setirnya terasa kurang. Tapi kami menilai kombinasi seperti ini malah pas. Lagipula siapa sih yang hendak mengemudikan mobil ini secara hardcore layaknya Sebastien Ogier di ajang World Rally Championship?

Fitur Keselamatan Jempolan

Kendati Toyota Vios yang kami tes jalan adalah trim E CVT yang mana jadi tipe termurah bertransmisi otomatis jenis CVT, tapi PT Toyota Astra Motor (TAM) seperti tidak ingin sedikitpun berkompromi terhadap fitur keselamatannya.

Foto Toyota Vios E CVT

Fitur keselamatan tergolong baik

Mulai dari Airbag saja sudah ada 7 buah. Lantas sistem rem juga sudah dibekali ABS, EBD bahkan BA (Brake Assist), tak sampai disitu saja Traction Control dan Vehicle Stability Control juga sudah hadir di sini. Tak heran ia mendapatkan bintang 5 saat pengetesan ASEAN NCAP.

>>> First Drive Toyota New Yaris TRD CVT 2020: Fokus Ubahan Tak Terlihat

Kekurangan Toyota Vios

Kesempurnaan hanya milik sang pencipta, Toyota Vios termurah ini tergolong miskin fitur, bahkan untuk trim G sekalipun masih kalah dari Honda City. Kalau di mobil kami ini Head Unit seperti mobil yang dijual awal tahun 2000-an karena masih bisa 'menelan' kepingan CD dan tak dilengkapi dengan Bluetooth.

Foto head unit Toyota Vios E

Head Unit di tipe E ini kurang fiturnya

Kekurangan Toyota Vios tipe E ini yang menurut kami paling mengganggu adalah absennya footrest. Anda bisa bayangkan, mobil yang sudah nikmat dikemudikan karena bertransmisi CVT tapi untuk perjalanan jauh kaki kiri Anda tak bisa beristirahat, demikian pula dengan absennya arm rest di bagian tengah.

Kesimpulan

Foto tampilan belakang Toyota Vios E CVT

Anda pecinta sedan? Pertimbangkan untuk beli mobil ini...

Keanggunan sebuah sedan tentu tak akan Anda bisa temui di Yaris. Apalagi kenyamanan Vios termurah ini lebih baik dari Yaris, kendati hadir dengan ukuran wheelbase yang sama. So, apakah mobil ini layak beli? Yes. Bagi Anda pengabdi sedan atau pecinta mobil jenis sedan sejati, sedan penikmat diskon PPnBM ini layak Anda pinang.

>>> Keunggulan Toyota Vios, Mobil yang Dapat Diskon PPnBM Terbesar

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top