Ini Kecanggihan Truk Listrik Mitsubishi Fuso eCANTER 2020

06/03/2020
PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors seakan tidak ingin ketinggalan dalam memamerkan kecanggihan truk listrik Mitsubishi mereka pada gelaran GIICOMVEC 2020

Gambar menunjukkan grill depan Mitsubishi eCanter 2020

Nama Fuso sudah melegenda di kancah dunia truk Tanah Air

Pameran kendaraan komersial menjadi ajang bagi para pabrikan untuk mengenalkan produk andalannya. Begitu pula dengan PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) yang tidak ingin melewatkan gelaran Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle (GIICOMVEC) 2020 sebagai ajang unjuk kecanggihan teknologi. KTB memboyong salah satu jagoan truk ringannya yang bertenaga listrik yakni Mitsubishi Fuso eCanter 2020. Apa saja kecanggihan truk listrik Mitsubishi itu? 

1. BATERAI

Gambar menunjukkan baterai Mitsubishi Fuso eCanter 2020

Kapasitas baterai total mencapai 82,8 kWh

Truk Mitsubishi berkelir biru ini dilengkapi dengan baterai berjenis lithium ion power packs berkapasitas total 82,8 kWh. Baterai ini terdiri dari 6 package dengan kapasitas tinggi. Dalam satu kali pengecasan truk ini dapat menempuh jarak 100 kilometer. Untuk tenaga dari motor listriknya sebesar 135 KW atau setara dengan 180 Hp, sementara torsinya adalah 380 Nm.

>>> Review Mitsubishi Fuso Fighter FN62F HD 2019, Spesifikasi dan harganya

2. SISTEM ISI ULANG DAYA

Sistem isi ulang daya pada Mitsubishi Fuso eCanter ini didesain untuk dapat mengakomodir dua jenis arus listrik yang ada di dunia. Pertama adalah arus AC untuk pengisian normal (SAE J1772) dan listrik DC untuk melakukan quick charging (CHAdeMO). Untuk dapat melakukan pengisian daya, soket listrik yang terletak pada bagian kanan truk ini dapat dibuka. Jelas ini merupakan salah satu kecanggihan truk listrik Mitsubishi.

Gambar menunjukkan spidometer Mitsubishi Fuso eCanter 2020

Status baterai dan pengisian dapat terpantau pada panel meter ini

Pada pengecasan normal (AC), kekuatan listrik yang dibutuhkan untuk pengisian daya adalah 200 hingga 230 Volt (32 Ampere). Pada mode ini pengisian full dapat dilakukan dalam waktu 6-8 jam (atau 1 malam). Sementara untuk melakukan pengisian daya cepat (quick charging), baterai yang posisinya tersebar pada bagian kanan, kiri serta tengah truk ini hanya membutuhkan waktu 1,5 jam saja.

>>> Anda mau membeli mobil Mitsubishi Fuso? Klik sini untuk cek harga dan promonya

3. MOTOR ELEKTRIK & INVERTER 

Mitsubishi Fuso eCanter 2020 ini menggunakan motor listrik khusus dengan nama eMotor. eMotor ini telah dijejali oleh beragam kecanggihan teknologi truk listrik Mitsubishi yang sepaket dengan baterai bervoltase tinggi pada truk ini. Jenis motor listrik yang digunakan adalah permanent magnet synchronous eMotor. Menggunakan motor listrik ini, eCanter dapat menghasilkan output tenaga 180 Hp dan torsi 380 Nm.

Gambar menunjukkan ban dan pelek Mitsubishi Fuso eCanter 2020

Tenaga sebesar 180 Hp dan torsi 380 Nm tersalur ke dua buah roda belakang

Fuse eCanter juga menggunakan inverter listrik dengan kode JDES PD400, inverter ini diklaim sudah kokoh dan teruji performanya. Inverter ini dilengkapi dengan software yang memungkinkan sistem electric-drive eCanter untuk mengoptimalkan efisiensi dan juga performa. Lebih lengkap mengenai Mitsubishi Fuso eCanter ini dapat Anda nantikan pada ulasan mendalamnya pada rubrik review di Cintamobil.com.

>>> Jangan lupa update berita tentang pasar otomotif Indonesia di sini

Arfian Alamsyah

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain