Fitur Unggul Hyundai Creta Jadi Modal Lawan Honda HR-V

28/10/2021

Mobil baru

4 menit

Share this post:
Mendekati GIIAS 2021, rumor peluncuran Hyundai Creta di ajang tersebut pun semakin kencang. Apalagi setelah Compact SUV ini beberapa kali tertangkap kamera.

Lagi-lagi Hyundai Creta terciduk sedang dites di jalan raya. Kali ini, siluet dan tampilannya sudah semakin jelas dengan kamuflase yang lebih minimal. Dalam foto terbarunya, kami bisa menyimpulkan bahwa Creta yang akan diluncurkan beberapa waktu ke depan akan tampil berbeda dengan yang dipasarkan di India.

Creta yang tertangkap kamera mata-mata mengusung main grille dengan desain seperi Hyundai Tucson terbaru. Desain buritannya juga sedikit berbeda dengan absennya light bar yang menyambung ke lampu kombinasi di kedua sisi.

Gambar Hyundai Tucson

Dari siluetnya, kami menebak grille Hyundai Creta yang akan dipasarkan di Indonesia mirip dengan milik Tucson terbaru

Selain itu, ada kamera di bagian kaca depan yang meyakinkan kami bahwa Hyundai Creta tipe tertinggi di Indonesia akan dibekali dengan fitur Advanced Driver Asisstance System (ADAS).

Sejak ditangani oleh PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), memang pabrikan asal Korea Selatan ini seakan ingin menegaskan bahwa Hyundai adalah merek mobil premium dengan fitur-fitur canggih yang menempatkan mobil mereka di atas rival-rival di segmennya.

>>> Keunggulan Hyundai Creta 2022 yang Siap Diproduksi di Indonesia

Hyundai SmartSense

Dalam nomenklatur Hyundai, fitur ADAS tersebut diberi nama Hyundai SmartSense. Fitur ini sudah diperkenalkan di model lain dengan harga premium seperti Santa Fe dan Staria.

Gambar Hyundai SmartSense

Ada kamera yang terlihat di bagian kaca depan Hyundai Creta

Kedua mobil ini memiliki fitur SmartSense yang meliputi Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), Lane Keeping Assist (LKA), dan Lane Following Assist (LFA). Ketiga sub-fitur itu menggunakan sensor kamera yang terletak pada area kaca depan.

Artinya, ada kemungkinan yang cukup besar bahwa Creta tipe tertinggi yang dipasarkan di Indonesia akan dibekali dengan ketiga sub-fitur tersebut. Sayangnya, bagian kaca belakang mobil yang tertangkap kamera tertutup rapi oleh kamuflase.

Sehingga kami belum bisa memastikan bahwa Hyundai Creta akan memiliki fitur Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA), dan Safe Exit Assist (SEA) seperti pada kakak-kakaknya.

Gambar Hyundai SmartSense

Fitur Hyundai SmartSense menjadi nilai plus bagi Creta dibanding rival-rival sekelasnya

Jika Hyundai SmartSense yang tersemat cukup lengkap, Creta akan punya nilai plus yang menarik dibanding rival-rival di segmen Compact SUV. Pasalnya, sejauh ini belum ada bocoran bahwa HR-V terbaru akan dibekali Honda Sensing. Sedangkan kubu Mazda mengandalkan teknologi radar pada i-ACTIVSENSE yang membuatnya masih terbatas.

Satu-satunya mobil di kelasnya yang sudah mengusung ADAS cukup lengkap dan bekerja dengan baik seperti yang pernah dibuktikan oleh tim video Cintamobil.com adalah Wuling Almaz RS.

>>> 3 Stigma Negatif yang Masih Menghantui Hyundai di Indonesia

Mesin Apa yang Digunakan Oleh Hyundai Creta di Indonesia?

Pertanyaan yang belum bisa kami konfirmasi adalah mesin apa yang akan digunakan Creta rakitan Indonesia? Di Brazil sendiri, Creta hadir dalam beberapa varian mesin. Di antaranya 1.000 cc turbo 3-silinder dengan tenaga 120 HP dan torsi 172 Nm dan juga mesin 2.000 cc 4-silinder naturally aspirated bertenaga 167 HP dan torsi 202 Nm.

Sedangkan di India, Creta ditawarkan dengan pilihan mesin 4-silinder berkapasitas 1.497 cc yang menghasilkan tenaga 115 HP dan torsi 143,8 Nm dan 4-silinder turbo GDI berkapasitas 1.353 cc bertenaga 140 HP dan torsi 242 Nm.

Gambar Hyundai Creta

Kira-kira mesin mana yang cocok untuk Creta di Indonesia?

Selain itu, ada juga pilihan mesin diesel common rail 4-silinder berkapasitas 1.493 cc yang menghasilkan tenaga 115 HP dengan torsi 250 Nm.

Jika kami bisa menebak dari semua pilihan mesin tersebut, kami merasa bahwa mesin 4-silinder naturally aspirated seperti di India kemungkinan akan menjadi kandidat paling kuat untuk Creta di Indonesia.

Apalagi, mesin serupa juga digunakan oleh KIA Sonet. Begitu pula dengan rival-rival Creta seperti HR-V dan CX-3 yang juga menawarkan mesin dengan kapasitas yang serupa.

>>> Simak Pilihan Mobil Baru Beserta Harga dan Promonya di Sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top