Ini Dia Yaris Hatchback Hasil Kolaborasi Toyota-Mazda di AS

02/04/2019
Setelah sempat beredar kabarnya beberapa bulan lalu, Yaris hasil kolaborasi Toyota-Mazda resmi diperkenalkan di Amerika Serikat, dan akan debut di New York Internasional Auto Show, 19-29 April 2019.

Gambar menunjukkan tampilan depan Yaris Hatchback AS

Nampak garang sekali Yaris hatchback untuk pasar Amerika Serikat ini

Awal Maret 2018, Toyota mengumumkan kemitraan dengan Mazda dalam bentuk perusahaan Mazda Toyota Manufacturing, U.S.A (MTMUS). Rencana produksi mobil akan dimulai per 2021, dengan nilai investasi $ 1,6 miliar.

Sembari mengerjakan pembangunan situs pabrik, MTMUS mengumumkan Yaris generasi ketiga untuk pasar Amerika Serikat pada Senin (1/4). April Mop? Tentu bukan, meski juga sempat beredar Toyota Yaris Adventure yang hanya bualan belaka. Mereka berencana menggantikan XP-130 Vitz yang telah dihentikan produksinya Januari 2019.

Sesuai dengan nama perusahaannya, Yaris hatchback hasil kolaborasi Toyota-Mazda ini memakai platform Mazda2. Gril depan besar berbentuk trapesium dengan desain lampu utama menukik tajam memunculkan kesan garang. Persis seperti versi sedannya yang dibuat oleh Mazda Meksiko.

>>> Baca juga: Deretan campaign April Mop 2019 produsen mobil dunia

Gambar menunjukkan bagian belakang Yaris hatchback AS

Belakangnya sama persis dengan Mazda2 yang mondar-mandir di Indonesia

Beralih ke belakang, Anda semakin familier dengan bentuknya; sama persis dengan Mazda2 yang ada di Indonesia. Pun demikian halnya dengan interiornya. Dilansir dari Autoblog, peralihan platform ke Mazda menambah kapasitas kargo sebanyak 0,3 kaki kubik.

>>> Anda sedang mencari pilihan mobil Toyota atau mobil Mazda? Kami punya koleksinya!

Di bawah penutup mobil kita akan menjumpai mesin inline empat baris 1,5 liter dengan tenaga 106 hp. Hingga berita ini diturunkan, MTMUS baru akan meluncurkan mobil dengan transmisi otomatis enam percepatan, sementara versi sedannya sudah ada pilihan manual enam percepatan. Beberapa keunggulan seperti pelek alloy, heated side mirrors, fog lights, keyless entry with push-button start, automatic emergency braking dan layar sentuh 7 inci dengan dukungan Apple CarPlay dan Android Auto bisa dinikmati pada kedua varian LE dan XLE. Yaris hatchback hasil kolaborasi Toyota-Mazda ini akan tampil pertama kali dalam perhelatan New York Auto Show 2019, 19-29 April 2019.

Seperti yang telah disebut sebelumnya, kolaborasi dua produsen mobil Jepang di kawasan Amerika sudah terasa sejak 2014 lewat produksi Mazda2 empat pintu untuk pasar Amerika Utara dan Selatan dengan nama Scion iA sedan. Menyusul bangkrutnya Scion pada 2016, facelift dari mobil itu disebut Toyota Yaris iA. 

>>> Baca berita otomotif terbaru hanya di Cintamobil.com

Wisnu Setioko

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain