Ini Dia 5 Perbedaan Daihatsu Rocky Jepang vs Indonesia

30/04/2021

Mobil baru

3 menit

Ini Dia 5 Perbedaan Daihatsu Rocky Jepang vs Indonesia
Daihatsu Rocky versi yang dijual di Indonesia setidaknya memiliki 5 perbedaan bila dibandingkan dengan Daihatsu Rocky Jepang, inilah kelima perbedaan tersebut

Sebagai salah satu produk global, Daihatsu Rocky jelas memiliki kesamaan dan perbedaan dengan versi yang dijual untuk negeri asalnya. Setidaknya tim Cintamobil.com menemukan ada 5 perbedaan antara Daihatsu Rocky versi Indonesia yang dijual oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM), dengan Daihatsu Rocky Jepang alias JDM (Japanese Domestic Market). Lantas, apa saja perbedaannya?

1. Dimensi

Gambar Daihatsu Rocky

Dimensi berbeda tipis

Perbedaan pertama yang tidak terlalu terlihat adalah dimensinya. Daihatsu Rocky versi Indonesia memiliki panjang bodi 4.030 mm alias lebih panjang mm dibandingkan dengan Daihatsu Rocky JDM yang punya dimensi panjang 3.995 mm. Untuk lebarnya juga lebih lebar Rocky versi Indonesia dengan dimensi 1.710 mm dibandingkan dengan versi JDM yang punya dimensi lebar 1.695 mm. Untuk postur tingginya juga beda 15 mm, versi Indonesia 1.635 mm, versi JDM 1.620 mm.

2. Ukuran Ban

Gambar Daihatsu Rocky dengan warna spesial

Ukuran tapak ban Rocky versi Karawang lebih lebar dari versi Jepang

Ukuran ban juga menjadi perbedaan antara Daihatsu Rocky JDM dengan Daihatsu Rocky versi Indonesia. Ban yang digunakan untuk Rocky versi Indonesia adalah lebar 205 dengan aspect ratio atau tebal 60 dan diameter 17 inch. Sementara Rocky JDM pakai ukuran ban lebih kecil, yakni 195/60R17. "Daihatsu Rocky rakitan lokal disesuaikan dengan kebutuhan dan demografi konsumen Indonesia," tukas ucap Anjar Rosjadi, selaku Product Planning And Head, Technical Service Division PT ADM.

3. Fitur Safety

Gambar Daihatsu ASA

Hanya terdapat enam fitur Advance Safety Assist di Rocky Indonesia

Terdapat enam fitur ASA (Advance Safety Assist) yang dipakai di Daihatsu Rocky versi Indonesia adalah Pre-Collision Warning, Pre-Collision Braking, Front Departure Alert, Pedal Misoperation Control, Lane Departure Warning, dan Lane Departure Prevention. Berbeda agak jauh dengan fitur ASA di Daihatsu Rocky versi Jepang atau Malaysia yang masih ditambah fitur lainnya seperti Adaptive Cruise Control, Lane Keep Control, Blind Spot Monitor, dan Rear Cross Traffic Alert.

>>> Hasil Tes Internal: Konsumsi BBM Daihatsu Rocky Tembus 18 Kilometer Per Liter

4. Cover Foglamp

Gambar Daihatsu Rocky Indonesia

Cover foglamp berbeda sedikit modelnya

Di sisi eksterior juga ada perbedaan yang terlihat antara Daihatsu Rocky Jepang vs Daihatsu Rocky versi dalam negeri. Bentuk cover foglamp versi Indonesia lebih besar dibandingkan versi Jepang. Begitu pula dengan jenis bohlam foglampnya, untuk versi Jepang pakai bohlam jenis LED (Light Emitting Diode), sementara untuk Rocky rakitran Indonesia pakai bohlam jenis halogen dengan pancaran sinar warna kuning.

5. Detail Lainnya

Gambar launchingDaihatsu Rocky

Terdapat beberapa beda detail di versi Indonesia ini

Terdapat juga beberapa detail lainnya yang membedakan antara kedua Rocky ini, seperti pada grille, ornamen bumper depan, dan belakang serta ornamen pintu samping. Masuk ke dalam juga ada bedanya, misalnya di tombol pengaturan di setir yang enggak sebanyak versi jepang. Juga tombol pengaturan fitur yang terdapat di sebelah kanan akan terlihat tidak sebanyak Daihatsu Rocky versi Jepang.

>>> Daihatsu Rocky Turbo Resmi Dijual Seharga Rp 210 Jutaan

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top