Ini Dia 5 Perbedaan Daihatsu Rocky Jepang vs Indonesia

30/04/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Daihatsu Rocky versi yang dijual di Indonesia setidaknya memiliki 5 perbedaan bila dibandingkan dengan Daihatsu Rocky Jepang, inilah kelima perbedaan tersebut

Sebagai salah satu produk global, Daihatsu Rocky jelas memiliki kesamaan dan perbedaan dengan versi yang dijual untuk negeri asalnya. Setidaknya tim Cintamobil.com menemukan ada 5 perbedaan antara Daihatsu Rocky versi Indonesia yang dijual oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM), dengan Daihatsu Rocky Jepang alias JDM (Japanese Domestic Market). Lantas, apa saja perbedaannya?

1. Dimensi

Gambar Daihatsu Rocky

Dimensi berbeda tipis

Perbedaan pertama yang tidak terlalu terlihat adalah dimensinya. Daihatsu Rocky versi Indonesia memiliki panjang bodi 4.030 mm alias lebih panjang mm dibandingkan dengan Daihatsu Rocky JDM yang punya dimensi panjang 3.995 mm. Untuk lebarnya juga lebih lebar Rocky versi Indonesia dengan dimensi 1.710 mm dibandingkan dengan versi JDM yang punya dimensi lebar 1.695 mm. Untuk postur tingginya juga beda 15 mm, versi Indonesia 1.635 mm, versi JDM 1.620 mm.

2. Ukuran Ban

Gambar Daihatsu Rocky dengan warna spesial

Ukuran tapak ban Rocky versi Karawang lebih lebar dari versi Jepang

Ukuran ban juga menjadi perbedaan antara Daihatsu Rocky JDM dengan Daihatsu Rocky versi Indonesia. Ban yang digunakan untuk Rocky versi Indonesia adalah lebar 205 dengan aspect ratio atau tebal 60 dan diameter 17 inch. Sementara Rocky JDM pakai ukuran ban lebih kecil, yakni 195/60R17. "Daihatsu Rocky rakitan lokal disesuaikan dengan kebutuhan dan demografi konsumen Indonesia," tukas ucap Anjar Rosjadi, selaku Product Planning And Head, Technical Service Division PT ADM.

3. Fitur Safety

Gambar Daihatsu ASA

Hanya terdapat enam fitur Advance Safety Assist di Rocky Indonesia

Terdapat enam fitur ASA (Advance Safety Assist) yang dipakai di Daihatsu Rocky versi Indonesia adalah Pre-Collision Warning, Pre-Collision Braking, Front Departure Alert, Pedal Misoperation Control, Lane Departure Warning, dan Lane Departure Prevention. Berbeda agak jauh dengan fitur ASA di Daihatsu Rocky versi Jepang atau Malaysia yang masih ditambah fitur lainnya seperti Adaptive Cruise Control, Lane Keep Control, Blind Spot Monitor, dan Rear Cross Traffic Alert.

>>> Hasil Tes Internal: Konsumsi BBM Daihatsu Rocky Tembus 18 Kilometer Per Liter

4. Cover Foglamp

Gambar Daihatsu Rocky Indonesia

Cover foglamp berbeda sedikit modelnya

Di sisi eksterior juga ada perbedaan yang terlihat antara Daihatsu Rocky Jepang vs Daihatsu Rocky versi dalam negeri. Bentuk cover foglamp versi Indonesia lebih besar dibandingkan versi Jepang. Begitu pula dengan jenis bohlam foglampnya, untuk versi Jepang pakai bohlam jenis LED (Light Emitting Diode), sementara untuk Rocky rakitran Indonesia pakai bohlam jenis halogen dengan pancaran sinar warna kuning.

5. Detail Lainnya

Gambar launchingDaihatsu Rocky

Terdapat beberapa beda detail di versi Indonesia ini

Terdapat juga beberapa detail lainnya yang membedakan antara kedua Rocky ini, seperti pada grille, ornamen bumper depan, dan belakang serta ornamen pintu samping. Masuk ke dalam juga ada bedanya, misalnya di tombol pengaturan di setir yang enggak sebanyak versi jepang. Juga tombol pengaturan fitur yang terdapat di sebelah kanan akan terlihat tidak sebanyak Daihatsu Rocky versi Jepang.

>>> Daihatsu Rocky Turbo Resmi Dijual Seharga Rp 210 Jutaan

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top