Ini Dia 5 Fitur Pada Mobil Kekinian Yang Wajib Ada Saat Ini Di Mobil Baru Versi Cintamobil

07/10/2018

Mobil baru
Perkembangan teknologi pada mobil baru saat ini sudah sangat pesat, fitur yang diberikan oleh mobil keluaran terbaru juga makin beranekaragam. Sayangnya, enggak semua fitur alias kelengkapan pada mobil baru itu dibutuhkan dan sering digunakan. Berikut ini adalah 5 fitur pada mobil kekinian yang wajib ada saat ini di mobil baru versi Cintamobil

1. Fitur Wireless Charging

Tampak sebuah ponsel sedang diletakkan pada wireless charging pada mobil

Fitur wireless charging akan memudahkan Anda ketika ingin mengisi ulang baterai smartphone Anda

Masyarakat nowadays (zaman sekarang) itu saat ini tidak bisa lepas dengan yang namanya sosial media, dan kebanyakan aktivitas pada media sosial tersebut dilakukan dengan menggunakan smartphone. Tentunya akan sangat repot jika Anda sampai kehabisan baterai ditengah perjalanan. Membawa car charger dengan kabel yang berseliweran pastinya sudah tidak praktis. Mau bawa powerbank? Powerbank itu cenderung berat dan tidak nyaman dibawa lama-lama, dan efek jangka panjangnya handphone bisa rusak. Nah, jika smartphone Anda sudah dilengkapi fitur wireless charging, maka Anda bisa letakkan saja di konsolnya. Otomatis selama perjalanan, baterai ponsel Anda akan terisi dan sudah penuh saat telah tiba di tujuan. Mudah dan nyaman kan?

2. Fitur Rear Cross Traffic Alert

Tampak sebuah ilustrasi rear cross traffic alert

Jangan khawatir ditabrak saat mundur, kini sudah ada fitur canggih ini

Dikota besar yang padat, parikir memang jadi momok bagi sebagian orang. Apalagi para pengguna mobil baru yang takut lecet terkena gesekan, atau malah para 'green driver' (pengemudi pemula) yang merasa kesulitan ketika harus parkir. Lalu pernahkah Anda ketika sedang hendak keluar dari parkiran tanpa keberadaan tukang parkir tiba-tiba ada kendaraan lain nyelonong (menerabas) dibelakang mobil Anda? Nah, dengan adanya fitur rear cross traffic alert, Anda akan dengan mudah memantau kondisi aman buritan mobil ketika hendak mundur. Cara kerja ini sebenarnya mirip dengan sensor parkir, bedanya, cakupan serta sensor geraknya lebih jauh dan sensitif bila dibandingkan dengan sensor parkir. Fitur ini akan memberikan peringatan berupa suara dan indikator akan menyala ketika ada kendaraan lain melaju kencang dibelakang mobil Anda. 

3. Blind Spot Monitoring System

Tampak sebuah fitur anti blind spot pada mobil

Dikota besar yang padat seperti fitur seperti ini sangat dibutuhkan untuk mencegah kecelakaan

Jika Anda berpikir kaca spion sudah menggambarkan bagian samping belakang kendaraan secara utuh berarti Anda salah. Karena sebesar apapun spion pasti masih ada yang namanya titik buta alias blind spot. Titik buta ini sama sekali tidak terpantau oleh spion kendaraan, dan berpotensi menjadi sumber kecelakaan. Saat ini dipasaran sudah banyak mobil baru yang dilengkapi dengan fitur ini. Cara kerjanya pun sebenarnya sama dengan sensor parkir, dengan memanfaatkan sensor radar yang lebih kuat daya pancarnya, lalu diolah dan peringatan akan nampak di spion ketika ada kendaraan lain yang masuk blind spot area.

>>> Ingin update informasi tentang teknologi mobil terbaru, jangan abaikan daftar artikel di sini

4. Head Unit Monitor Built In GPS

Tampak sebuah head unit built in GPS

Saat ini head unit mobil yang terintegrasi dengan GPS sudah wajib ada di mobil kekinian

Pasti Anda kesal ketika harus bertemu kondisi dimana baterai smartphone Anda drop alias menjelang ajalnya (habis) namun Anda masih harus mencari alamat dan belum tiba dilokasi tujuan. Disaat seperti itu Anda akan kesal jika mobil Anda tidak memiliki fitur built in Global Positioning System (GPS) pada head unit mobil Anda. Maka dari itulah fitur ini sangat penting untuk jaman kekinian yang maunya serba instan dan cepat. Meski harus diakui, bertanya pada penduduk lokal adalah cara yang paling ampuh untuk mencapai lokasi yang Anda tuju.

5. Electronic Stability Control

Tampak sebuah ilustrasi ESC

ESC jangan dimatikan, karena akan menyelamatkan nyawa Anda

Mengendarai mobil dengan ground clearence tertentu dan yang mempunyai dimensi besar tentunya akan menjadi momok tersendiri bagi sebagian orang. Kestabilan kendaraan saat melaju di jalan akan menjadi isu utama. So, keberadaan fitur keselamatan aktif yaitu Electronic Stability Control (ESC) menjadi sangat krusial dan sudah seharusnya wajib ada disetiap mobil kekinian. Cara kerjanya ESC pun mudah untuk dipahami. Sensor pada spidometer, putaran mesin, dan gyro akan bekerjasama untuk mencegah mobil overspin. Ketika arah kendaraan membuang atau spin ke kanan, maka rem belakang kiri akan ditahan untuk mencegah mobil 'membuang' keluar jalur. Begitu juga sebaliknya. Inti dari seluruh peranti keselamatan adalah rem yang ber-ABS (Anti Lock Brakingsystem).

>>> Informasi dunia otomotif terlengkap hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top