Ini Deretan Mobil SUV Baru Yang Menggoda Pengunjung GIIAS 2019 - Bagian 3

27/07/2019
Tak mau kalah dengan merek-merek Jepang dan Eropa yang meluncurkan SUV baru, duo merek China, DFSK dan Wuling juga menghadirkan produk SUV baru dengan segala kelebihan yang dimiliki.

Ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang berlangsung di ICE BSD City Tangerang Banten, pada 18-28 Juli 2019 makin panas dengan kehadiran duo merek China DFSK dan Wuling. Pasalnya, keduanya tak sekadar hadir sebagai pelengkap pameran, mereka menghadirkan produk berteknologi canggih yang sebelumnya nyaris tak pernah diperkenalkan oleh mobil merek Jepang maupun Eropa, yaitu voice command.

Gambar layanan Fitur WIND pada Wuling Almaz

Teknologi canggih kini tak lagi dimonopoli mobil premium

DFSK Motors menghadirkan Glory i-Auto yang dibekali fitur voice command i-Talk, sementara Wuling Motors menghadirkan Almaz 7 series yang dibekali fitur voice command WIND (Wuling Indonesian Commands).

Ulasan berikut melengkapi ulasan sebelumnya (Baca : Deretan Mobil SUV Baru Yang Menggoda Pengunjung GIIAS 2019 - Bagian 1 dan Deretan Mobil SUV Baru Yang Menggoda Pengunjung GIIAS 2019 - Bagian 2). Selain dua SUV asal China tersebut juga ada model lain yang merupakan merek Jepang dan Eropa.

11. Lexus SUV Premium LX 570 Sport

Sekadar untuk diketahui Lexus LX 570 adalah tunggangan mewah Prabowo Subianto. Mobil ini pertama kalinya hadir di Indonesia tahun 2008 dan terus dikembangkan. Di GIIAS 2019, Lexus LX 570 Sport resmi diluncurkan dan dijual di Indonesia. Dimensi bodinya besar dengan ukuran panjang 5.065 mm, lebar 1.980 mm, tinggi 1.910 mm, serta jarak sumbu roda 2.850 mm dan ground clearance 225 mm. Dari ukurannya sudah nampak mobil ini benar-benar memiliki seluruh karakter SUV.

Lexus LX 570 Sport menggendong mesin V8 DOHC dengan kode 3UR-FE berkapasitas 5.663 cc. Dipadu dengan transmisi otomatis 8 percepatan tenaga maksimum dihasilkan dari mesin ini mencapai 362 Hp dan torsi maksimum 530 Nm. Soal kemewahan serta kecanggihan mobil ini tidak perlu diragukan, mobil ini benar-benar super mewah dan super canggih. Silahkan baca review lengkapnya di sini!

Harga Review Lexus LX 570 Sport: Rp 3,345 miliar OTR Jakarta (Juli 2019)

Foto Lexus LX 570 Sport diluncurkan di pameran GIIAS 2019

Dengan harga yang tak murah Lexus menyasar konsumen kelas 'Sultan'

12. Mercedes-Benz The New GLE 450 4Matic AMG Line

SUV berikutnya yang dibawa ke GIIAS 2019 yaitu Mercedes-Benz The New GLE 450 4Matic AMG Line. Tampilan eksterior mobil ini tegas dan kokoh, namun tetap anggun. Bagian interiornya diklaim lebih luas dan nyaman dengan tiga baris kursi berkonfigurasi 2.3.2.

GLE 450 4MATIC AMG Line mengusung mesin enam silinder dengan sistem tenaga listrik 48 volt yang melahirkan tenaga 367 HP dan torsi 500 Nm. Kekuatan tersebut juga bisa meningkat sebesar 250 Nm dan 22 HP dengan menggunakan EQ Boost dalam waktu singkat.

Harga Mercedes-Benz The New GLE 450 4Matic AMG Line:  Rp 1,799 miliar Off The Road Jakarta (Juli 2019).

>>> Kesampingkan Persaingan, BMW dan Mercedes Kerja Sama Kembangkan Mobil Swakemudi

Foto Mercedes-Benz The New GLE 450 4Matic AMG Line diluncurkan di pameran GIIAS 2019

Tetap anggun meski tampil gagah

13. Toyota New Fortuner TRD Sportivo

Toyota Fortuner bukan nama asing di telinga orang Indonesia. Dari berbagai pelosok semua tahu kalau Fortuner adalah SUV paling laris di Indonesia. Namun Toyota New Fortuner TRD Sportivo yang tampil di GIIAS 2019 beda dengan Fortuner yang lain. Toyota melakukan improvement di beberapa bagian sehingga tampilannya tampak lebih sangar, seperti desain baru pada bumper, radiator grille, kap mesin dan roda yang dikombinasi dengan pelek warna hitam sporty.

Soal fitur tetap modern sebagaimana Fortuner baru yang lain, namun ada tambahan untuk Toyota New Fortuner TRD Sportivo yaitu power back door with kick sensor. Fitur ini memberi kemudahan kepada pengendara untuk mengakses bagasi, cukup dengan mengayunkan kaki ke bagian sensor, pintu bagasi Fortuner TRD Sportivo akan secara otomatis terbuka.

Harga Toyota New Fortuner TRD Sportivo: Diesel Rp 534.65 juta, bensin Rp 562.05 juta OTR Jakarta (Juli 2019).

>>> Tertarik membeli mobil Toyota Fortuner, Cek harganya di sini!

Foto Toyota New Fortuner TRD Sportivo di pameran GIIAS 2019

Sudah paling laris, penjualan Fortuner terus digenjot

14. Wuling Almaz Series with WIND

Ini salah satu bintang pameran GIIAS 2019, belum hilang kekaguman masyarakat terhadap kemunculan Wuling Almaz 5 seater yang dibekali head unit berukuran jumbo tempat beragam fitur canggih dioperasikan, Wuling Motors kembali mengejutkan dengan menghadirkan Almaz 7 seater dengan teknologi terbarunya. Adalah fitur bernama WIND (Wuling Indonesian Commands) yang membuat mobil ini bikin penasaran banyak pengunjung maupun media.

WIND adalah teknologi perintah suara (voice command) berbahasa Indonesia pertama yang diluncurkan di Indonesia dan tersemat pada mobil non premium. Saat fitur ini aktif pengendara cukup mengucapkan salam 'Halo Wuling' lalu ucapkan perintah-perintah tertentu menggunakan bahasa Indonesia, maka sistem bakal melakukan apa yang diperintahkan 'tuannya'.

Selain meluncurkan Wuling Almaz 7 seater, di GIIAS 2019 Wuling Motors juga meluncurkan Almaz dalam varian lain yang harganya lebih terjangkau yaitu Almaz Smart Enjoy Manual Transmission, Almaz Smart Enjoy CVT dan Almaz Exclusive 5-Seater. Semua varian tersebut juga dilengkapi WIND, bahkan Almaz lama yang sebelumnya belum memiliki WIND juga bakal dipasang WIND secara gratis.

Harga Wuling Almaz with WIND: Rp 263,8 juta hingga Rp 338,8 juta OTR Jakarta (Juli 2019)

>>> Wuling Luncurkan Wind, Fitur Voice Command Interaktif Berbahasa Indonesia Pertama di Dunia

Foto menunjukkan Wuling Almaz 7 seater yang sudah dilengkapi teknologi voice command berbahasa Indonesia (WIND)

Pertama kalinya teknologi voice command dipasang pada mobil non premium

15. DFSK Glory i-Auto

Seperti tak ingin jauh tertinggal dari Wuling yang sama-sama merek China, Dongfeng Sokon (DFSK Motors) juga menghadirkan SUV baru bernama Glory i-Auto. Mobil ini juga telah dibekali teknologi voice command bernama i-Talk untuk mengoperasikan beberapa fungsi kendaraan, multimedia, jawab panggilan, navigasi suara serta bluetooth. Yang membedakan dengan WIND-nya si Almaz, fitur cerdas i-Talk masih menggunakan bahasa Inggris. By the way, itu bukan masalah besar karena perintah suara untuk Glory i-Auto sudah ada panduannya.

DFSK Glory i-Auto mengandalkan mesin 1.500 cc berteknologi Turbocharger dengan tenaga 150 ps @5.600 rpm dan torsi 220 Nm @1.800-4.000 rpm. Tenaga ini sudah bisa dirasakan sejak putaran mesin bawah dengan efisiensi bahan bakar yang baik. Performa yang kuat dipadu dengan transmisi Continuously Variable Transmission (CVT) untuk menunjang akselerasi kuat, tanpa hentakan, dan efisien penggunaan bahan bakar.

Harga DFSK i-Auto: belum dirilis, rencana peluncuran resmi berikut rilis harga bakal dilakukan kuartal keempat 2019

>>> Review DFSK Glory i-AUTO 2019, SUV Dengan Perintah Suara

Foto menunjukkan DFSK Glory i-Auto diperkenalkan di pameran GIIAS 2019

Soal kemampuan orang China tak perlu diragukan

>>> Berita informasi otomotif paling aktual hanya ada di Cintamobil.com

Fatchur Sag

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain