Farnova Othello, Calon Mobil Listrik Tercepat Sejagat dengan 1.835 HP

12/10/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Farnova Othello adalah Hypercar listrik buatan China bertenaga 1.835 HP. Othello bisa menantang Bugatti dan Koenigsegg sebagai mobil listrik tercepat di dunia.

Mobil ini dibuat oleh Farnova Automotive, anak perusahaan dari Farnova Yachts asal Tiongkok yang sesuai dengan namanya, berpengalaman dalam memproduksi dan memasarkan kapal pesiar super mewah.

Farnova Automotive didirikan 2 tahun lalu di Shenzen, China. Mereka bermitra dengan Qiantu Motors yang sempat naik ke permukaan berkat Supercar listrik K50. Othello sendiri menggunakan sasis dari mobil tersebut.

Mobil ini hanya diproduksi sebanyak 200 unit, masing-masing akan dibanderol ¥ 1.860.000 atau setara dengan Rp 4,09 miliar. Dengan uang tersebut, Anda bisa membawa pulang Mercedes-AMG GT 53 4MATIC+ dengan kembalian.

>>> Bugatti Bakal Bikin Mobil Listrik Bersama Rimac, Sekencang Apa?

Gambar Mercedes-AMG GT 53

Dengan bujet Rp 4 miliar, Anda bisa saja membeli Mercedes-AMG GT 53 4MATIC+

Kalau dipikir-pikir, Farnova Othello sebenarnya membawa value for money yang tinggi untuk potensi performa yang dimilikinya.

Bertenaga 1.835 HP Dengan Torsi 12.000 Nm

Farnova Othello dibekali dengan sistem motor ganda yang diklaim mampu menghasilkan tenaga 1.835 HP dan torsi 12.000 Nm. Yes, saya tidak salah tulis dan Anda tidak salah baca, 12.000 Nm.

Sebenarnya cukup aneh mengingat ukuran baterainya hanya 75 kWh, terkesan sangat kecil untuk mobil listrik dengan spesifikasi seperti Othello. Hebatnya lagi, Farnova mengklaim bahwa mobil ini memiliki jangkauan hingga 600 kilometer. Mereka menyebut bahwa baterai tersebut bersumber dari perusahaan baterai Swedia, Northvolt.

Gambar Farnova Othello

Meski belum diluncurkan, mobil ini membawa segudang klaim yang cukup fantastis

Oke mari kita bandingkan dengan mobil listrik lain sebagai konteks. Tesla Model S Plaid menggunakan baterai 100 kWh. Motor listrik dari Model S Plaid mampu menghasilkan tenaga 1.020 HP dengan torsi 1.423 Nm dan jangkauan 627 kilometer. Wajar jika kami skeptis dengan angka-angka yang diberikan oleh Farnova.

Selain itu, Farnova Othello juga diklaim dapat berakselerasi 0 - 100 km/jam dalam waktu 1,9 detik saja. Sementara berakselerasi hingga 300 km/jam hanya membutuhkan waktu 8,5 detik, dan mobil ini diklaim memiliki kecepatan tertinggi hingga 420 km/jam.

Jika semua angka tersebut benar, Othello akan lebih kencang dari Rimac Nevera. Hypercar listrik dengan tenaga 1.914 HP dan torsi 2.360 Nm. Nevera 'hanya' mampu berakselerasi dari 0 - 100 km/jam dalam 1,97 detik dengan kecepatan tertinggi 412 km/jam.

>>> Prediksi Mobil Listrik Murah Garapan Tesla Seharga Rp 300 Jutaan

Masih Dalam Tahap Prototipe

Gambar Interior Farnova Othello

Tampilan interior Farnova Othello

Hingga saat ini, Farnova Othello masih berada dalam tahap prototipe yang diberi nama Proto-1. Tetapi, Farnova Automotive cukup optimis untuk berkelakar bahwa calon mobil listrik tercepat sejagat ini akan mulai diproduksi tahun 2022 dan dipasarkan setelahnya.

Meski secara tampilan kami cukup yakin bahwa mobil ini cukup masuk akal untuk diproduksi, kami merasa interior hiper-futuristiknya akan berbeda saat menjadi produk massal. Jujur saja, kami penasaran dengan pembuktian Othello dan seluruh klaim yang dibuat. Akankah Othello benar-benar menjadi mobil listrik tercepat di dunia?

>>> Tertarik untuk membeli mobil? Silahkan kunjungi laman ini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top