Ini Sebabnya Renault Kiger Baru Meluncur di Indonesia Agustus 2021

31/08/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Pertimbangan situasi pandemi dan menunggu acara GIIAS 2021 menjadi alasan PT Maxindo Renault Indonesia baru perkenalkan Renault Kiger di Agustus 2021.

PT Maxindo Renault Indonesia (MRI) baru saja merilis SUV kompak Kiger secara virtual akhir pekan lalu (27/8/2021). Model anyar ini akan bersaing langsung dengan model seperti Toyota Raize dan Daihatsu Rocky di Tanah Air.

>>> Kiger Rupanya Sudah Ditunggu-tunggu Orang Indonesia

Gambar menujukan Renault Kiger

Wajah dari Kiger 2021

Situasi Pandemi Jadi Pertimbangan Penting

Kedua pesaing Renault Kiger tersebut pertama kali diluncurkan pada awal kuartal kedua tahun ini tepatnya pada akhir April tahun ini. Lantas mengapa MRI baru meluncurkan Kiger akhir bulan ini?

Chief Operational Officer PT MRI Davy J Tuilan mengatakan bahwa sebenarnya pihaknya ingin memperkenalkan Kiger pada kuartal kedua tahun ini bersamaan dengan peluncuran rival-rivalnya di segmen SUV kompak. Namun Davy menyebut Renault lebih memilih untuk melihat situasi pandemi untuk menjadi pertimbangan yang tak kalah penting.

"Jadi di India baru diluncurkan 15 Februari  tahun ini sebenarnya kalau berbicara rencana sesungguhnya kita sempat ada pemikiran di kuartal kedua tahun ini bersamaan dengan peluncuran kompetitor. Tapi kita melihat pandemi ini masih akan parah atau membaik jadi kita putuskan peluncuran di kuartal ketiga,” katanya.

Davy menuturkan juga bahwa sebenarnya MRI ingin perkenalkan Renault Kiger di bulan ini tepatnya di ajang GIIAS 2021. Akan tetapi pameran otomotif tahun terbesar di Tanah Air itu terus diundur perhelatannya karena pandemi Covid-19 yang tak kunjung temui titik terang.

“Sebenarnya target kami meluncurkan di GIIAS 2021 yang tadinya akan dihelat di bulan Agustus tapi karena acaranya mundur dari Agustus ke September dan sekarang November jadi akhirnya kita softlauch Kiger saja. Tapi kita akan tetap konsisten grand launching-nya di GIIAS 2021 November mendatang,” tutupnya.

>>> Serius, Renault Kiger Tantang Daihatsu Rocky?

Gambar menunjukan Renault Kiger

Eksterior samping Kiger 2021

Harga Renault  Kiger Diklaim Kompetitif

Sport Utility Vehicle dari pabrikan mobil asal Perancis tersebut saat ini ditawarkan dengan harga spesial Rp 275,9 juta (OTR Jakarta) sampai akhir bulan September 2021. Dengan harga tersebut Davy juga menuturkan bahwa harga Kiger cukup kompetitif dibandingkan pesaingnya.

"Kalau ngomongin harga kita harus perbandingan apple to apple karenakan seperti yang sudah kita ketahui saat ini kompetitor kami masih mendapatkan subsidi dari pemerintah melalui PPnBM 100 persen. Kami sudah hitung kok kalau misalkan relaksasi pajak PPnBM 100 persen tersebut dihilangkan harga kami lebih kompetitif untuk tipe yang selevel dengan tipe yang kami bawa yakni CVT 1.000 cc turbo two tone colour. Nah itu sudah kita hitung kami lebih terjangkau dari kompetitor." tutupnya.

>>> Menghemat Bensin dengan Teknik Eco Driving

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini. 

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top