Ini Alasan Mengapa Toyota Tak Hadirkan New Fortuner Legender di Indonesia

15/10/2020

Mobil baru

3 menit

Ini Alasan Mengapa Toyota Tak Hadirkan New Fortuner Legender di Indonesia
Diperkenalkan bersamaan dengan Toyota New Innova, ternyata PT Toyota Astra Motor (TAM) tak memperkenalkan varian tertinggi New Fortuner Legender di Indonesia layaknya di Thailand. Mengapa?

Sejak Juni 2020 lalu, sejatinya Toyota sudah memperkenalkan tampilan baru SUV bongsor mereka di Thailand. Dan di Indonesia, PT Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya memperkenalkan Toyota New Fortuner pagi ini (15/10) bersamaan dengan kehadiran Toyota New Kijang Innova dan New Venturer. Meski begitu, ada beberapa pertanyaan yang kemudian timbul setelah melihat kehadiran New Fortuner di Indonesia. Mengapa varian tertinggi New Fortuner Legender di Indonesia tak ikut hadir?

Di Thailand, New Fortuner Legender adalah model spesial dari New Fortuner, yang disebut oleh Toyota Thailand merepresentasikan 'the ultimate leader'. Menurut mereka, New Fortuner Legender merupakan pilihan yang akan menarik bagi para businessman, dengan tampilan eksterior mobil yang benar-benar fresh mulai dari bagian depan, samping hingga belakang. Di balik kap mesinnya, bahkan terdapat mesin diesel berkode 1GD-FTV berkapasitas 2,8 liter yang menyuguhkan performa lebih istimewa.

Tampilan depan New Fortuner dan Fortuner Legender

Di Thailand, Toyota meluncurkan sekaligus New Fortuner facelift dan Fortuner Legender

>>> Toyota Fortuner Facelift dan Innova Meluncur Bersamaan, Intip Harganya

Masih Menunggu Respon Konsumen

Sayangnya, pihak Toyota di Indonesia ternyata tak membawa New Fortuner Legender ini ke pasar otomotif Tanah Air. Menurut Direktur Pemasaran TAM, Anton Jimmi Suwandy, banyak hal yang menjadi pertimbangan mereka tak menghadirkan New Fortuner Legender di Indonesia. “Kami saat ini masih ingin mendengarkan respon dari konsumen untuk New Fortuner kali ini termasuk Legender,” ujarnya.

Jimmy mengungkapkan bahwa dalam beberapa bulan setelah peluncuran produk baru kali ini, pihak Toyota biasanya akan melakukan survey kepada konsumennya berkenaan dengan masukan terhadap produk yang diluncurkan termasuk model selanjutnya seperti Legender. “Pada saat itu harapan kami akan ada masukan mengenai Legender, termasuk fitur dan sebagainya, sebagai pertimbangan Toyota untuk mereview, apakah kira-kira Legender bisa masuk ke Indonesia atau tidak?” ujar Jimmy saat press conference online bersama media (15/10).

>>> Komparasi Beda Fortuner Legender Dengan Fotuner Facelift 'Biasa'

Fokus pada varian TRD Sportivo

Varian tertinggi Fortuner TRD Sportivo

Toyota Indonesia lebih fokus pada pemasaran varian New Fortuner TRD Sportivo

Terkait dengan penggunaan mesin diesel 2,8 liter yang berdasarkan PP No. 22 Tahun 2014 terkena Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) hingga 40% yang dapat berdampak pada harga jual jika masuk ke Indonesia, Jimmy mengungkapkan hal tersebut bisa jadi merupakan salah satu pertimbangan. “Namun hal itu bukanlah pertimbangan utama. Jadi pertimbangan Legender lebih kepada styling design, harga dan bagaimana penerimaan dari total package dari konsumen di Indonesia seperti apa. Saat ini kami juga lebih fokus pada (varian) TRD pada Fortuner,” tukasnya.

Seperti diketahui, seluruh varian New Fortuner tertinggi yang dipasarkan di Indonesia memang mendapatkan sentuhan yang sporty khas TRD Sportivo. Penambahan ornamen chrome pada bumper, grille, dan fog lamp pada varian TRD Sportivo berupa garnish dark chrome. Sementara pada rodanya digunakan velg alloy 18 inci dengan model baru yang memperkuat kesan tangguh. Bumper belakang tipe TRD Sportivo juga memperoleh tambahan spoiler, termasuk backdoor garnish berlapis black chrome.

Harga New Fortuner TRD Sportivo adalah Rp 568 juta untuk varian 4x2 2.4 VRZ A/T TRD (diesel) dan Rp 592 juta untuk varian 4x2 2.7 SRZ A/T TRD (bensin). Keduanya merupakan harga on the road di DKI Jakarta.

>>> Review Toyota Fortuner Legender 2020: Fortuner yang Paling Wah

Penulis
Sarjana Teknik Sipil ini menjadi jurnalis otomotif sejak 2003. Ia sudah pernah melesat di atas single seater di sirkuit hingga off-road di padang salju bersuhu -15 derajat. Saat ini Ia bertugas sebagai Managing Editor Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top