Indonesia Jadi Negara Kedua Setelah Jepang yang Cicipi Toyota Raize

30/04/2021

Mobil baru

4 menit

Indonesia Jadi Negara Kedua Setelah Jepang yang Cicipi Toyota Raize
Toyota Raize akhirnya mengaspal di Indonesia. Perlu diketahui Indonesia merupakan negara kedua setelah Negeri Sakura Jepang yang mencicipi Toyota Raize 2021.

Indonesia menjadi negara kedua yang meluncurkan Toyota Raize setelah Jepang. Sekadar pengingat, Toyota Raize pertama kali meluncur di Jepang pada akhir tahun 2019. Di Jepang, Toyota Raize dikembangkan sebagai kendaraan yang lincah dan juga kompak.

Raize diharapkan mampu memenuhi ekspektasi warga Jepang akan kendaraan yang dapat menemani aktifitasnya sehari-hari. 

Toyota Raize

Raize jadi salah satu mobil terlaris di Jepang

>>> Raize Mengaspal di Indonesia, Dijual Mulai Rp 219 Juta!

Indonesia Spesial Bagi Toyota

Pengembangan pada Raize itu terbukti berhasil. Raize kerap kali menjadi mobil terlaris di Negeri Sakura. Semangat itu diharap bisa menular ketika Raize dijual di Indonesia. 

"Indonesia adalah negara pertama di luar Jepang yang meluncurkan Toyota Raize. Kenapa? Indonesia begitu berarti untuk Toyota," jelas Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor, Fumitaka Kawashima yang baru pertama kali menginjakan kaki di Indonesia itu. 

Dijelaskan Kawashima paruh pertama tahun 2020, Raize dinobatkan sebagai model terlaris di pasar Jepang. Menutup tahun 2020, Raize mencatat rekor penjualan lebih dari 120.000 unit. Raize merupakan model terlaris kedua setelah seri Toyota Yaris. 

Bagi Toyota, kehadiran Raize di Indonesia ini juga sekaligus menjadi kado istimewa di perayaan 50 tahun raksasa otomotif Jepang itu di Tanah Air. Di samping itu, Raize juga akan menambah lengkap jajaran keluarga SUV Toyota. 

Toyota Raize

Raize diharapkan bisa terjual 2.000 unit per bulan

Di Indonesia, tren SUV memang tengah naik daun. Peluang itu pula yang ingin diraup Toyota saat peluncuran Raize. Toyota menargetkan bisa menjual 2.000 unit Raize setiap bulannya. Target ini tentunya bukan hitungan asal melainkan sudah disiapkan secara matang. 

"Tentu saja 2.000 unit bergantung banyak hal, market, kondisi pasar. Mudah-mudahan kita bisa capai target. Dari produksi sudah mempersiapkan berdasarkan hitung-hitungan. Jadi udah cukup lama ya disiapkan jadi kita sudah ada ancang-ancang lah sebelumnya. Mudah-mudahanan bisa penuhi kebutuhan konsumen," tegas Direktur Marketing PT TAM Anton Jimmi Suwandy dalam kesempatan terpisah. 

>>> Daihatsu Rocky Resmi Meluncur, Ini 6 Rival Kuat Sekelasnya

Toyota Raize Manfaatkan Diskon PPnBM

Toyota Raize

Interior Raize

Rencananya, mobil mulai dikirim ke garasi konsumen sesegera mungkin. Mengingat sejumlah konsumen sudah melakukan pemesanan di dealer. Beruntung bagi Raize yang meluncur saat pemerintah merilis program diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) pada Maret-Desember 2021. 

Ini membuatnya bisa mendapatkan harga khusus. Banderol harga ini juga tergantung dengan besaran diskon PPnBM yang dirilis pemerintah. Perlu diketahui, untuk mobil bermesin di bawah 1.500 cc pada Maret hingga Mei berlaku 100%, kemudian pada Juni hingga Agustus diskon PPnBM yang diberikan 50%. Terakhir pada periode September hingga Desember 2021 hanya 25% diskon yang diberikan. 

"Kalau program kita makasih ke pemerintah ya, produk baru kan biasanya nggak ada program. Kali ini ada support dari pemerintah karena local production jadi harus dimanfaatkan rasanya. Saya rasa ini benefit luar biasa. Ini kesempatan yang baik," jelas Anton. 

Harga Toyota Raize di Indonesia

Raize ditawarkan dalam beberapa varian yakni 1.0T G Manual, 1.0T G CVT, 1.0T GR Sport CVT, dan 1.0T GR Sport TSS. Sedangkan harga yang ditawarkan mulai Rp 219,9 juta untuk tipe terendah. Kemudian ada penyesuaian juga untuk warna tertentu. Harga ini berlaku saat PPnBM masih ditanggung pemerintah sebesar 100%. Harganya pun akan menyesuaikan dengan besaran PPnBM yang berlaku. Berikut rincian harga Raize saat ini

1. Raize 1.0T G M/T Rp 219,9 juta (normal Rp 236,8 juta)

2. Raize 1.0T G/CVT Rp 233,1 juta (normal Rp 251,1 juta)

3. Raize 1.0T GR Sport CVT Rp 244,7 juta (normal Rp 263,2 juta)

4. Raize 1.0T GR Sport TSS Rp 263,7 juta (normal Rp 283,8 juta)

>>> 5 Rekomendasi Pilihan Mobil Bekas Seukuran Panjang Daihatsu Rocky

 

 
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top