Incar Toyota Raize 2021, Chery Siapkan SUV Khusus Indonesia

13/07/2021

Mobil baru

3 menit

Toyota Raize 2021 adalah raja baru di kelas small Sport Utility Vehicle (SUV) dan menjadi target produsen lainnya, salah satunya adalah Chery Indonesia

Di kelas Small SUV, bisa dibilang Toyota Raize 2021 kini sedang menjalani masa 'bulan madu', bagaimana tidak? SUV kompak 5 penumpang racikan geng Sunter ini berhasil mencatat Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) sejumlah 7.930 unit dari saat peluncurannya di bulan April sampai akhir bulan Juni.

Seluruh Rival Incar Takhta Toyota Raize

Maka tak heran banyak pabrikan lain seperti KIA dengan Sonetnya, Nissan yang mengandalkan Magnite, hingga nantinya pabrikan asal Eropa yakni Renaut siap menantang Toyota Raize 2021 dengan Kiger. Namun, ada juga pabrikan kenamaan asal China yakni Chery yang juga siap menantang dengan produknya.

>>> Intip Mesin Toyota Raize 1.2L yang Sarat Teknologi

Spesifikasi Chery Tiggo 3x

Ada satu produk SUV Chery yang cukup cocok untuk menantang hegemoni Toyota Raize, yakni bernama Chery Tiggo 3x. Sekadar informasi line-up Tiggo merupakan jajaran produk SUV dari pabrikan asal Tiongkok ini. Dan Chery Tiggo 3x adalah SUV mungil berkapasitas 5 penumpang yang dimensinya mirip-mirip dengan Raize.

Gambar Chery Tiggo 3x

Inilah Chery Tiggo 3x

Chery Tiggo 3x memiliki dimensi panjang 4.200 mm, dan lebar 1.760 mm, serta tinggi 1.570 mm. Sedangkan untuk wheelbase ada di angka 2.555 mm. Ia dipersenjatai oleh mesin naturally aspirated 1.500 cc 4-silinder yang diklaim memiliki performa yang cukup menghela badannya, karena bobot mobil ini tak sampai 1,2 ton.

Gambar Tiggo 3x

Tampilannya modern dan kekar

Secara tampilan, Chery Tiggo 3x ini hadir dengan nuansa modern. Hal itu terlihat dari eksterior depan yang terkesan dinamis, dengan lampu Daytime Running Light (DRL) tipis berpadu dengan grille 3 dimensi khas Chery yang enak dilihat. Belum lagi housing foglamp yang terkesan tegas.

Gambar interior Chery Tiggo 3x

Interior tak kalah funky

Interior mobil ini juga tak kalah modern, bisa Anda lihat sendiri dari foto di atas, terdapat tata ruang di mobil ini yang menimbulkan unsur trendy. Unsur trendy dan funky di mobil ini dipercaya cocok untuk anak muda millenials jaman sekarang.

Tanggapan Chery Indonesia

Disebutkan oleh pihak prinsipal Chery kepada tim Cintamobil.com, bahwa mereka pun sedang mempersiapkan rival untuk Toyota Raize 2021 namun sepertinya bukan Tiggo 3x. "Kami mempersiapkan Chery Tiggo 4 Pro yang lebih baik dan lebih terlihat cantik," sebut narasumber kami yang 'orang dalam' Chery Asia Pasific tersebut.

Gambar Chery Tiggo 4

Apakah Tiggo 4 Pro mengambil basis dari Tiggo 4?

Masih menurut pria ramah yang menjabat sebagai salah satu petinggi di perusahaan asal Tiongkok tersebut, bahwa mobil ini disiapkan khusus untuk konsumen di Tanah Air. Lantas seperti apa Chery Tiggo 4 Pro? Apakah mirip dengan Tiggo 4? Kita tunggu saja tanggal mainnya...

>>> Chery Indonesia Siap Hadirkan SUV Canggih Dan Irit BBM

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top