Biasa Bikin HP, Oppo Siap Hadirkan Mobil Listrik

05/05/2021

Mobil baru

2 menit

Share this post:
Mengikuti Apple yang sedang memproduksi kendaraan otonom, produsen smartphone asal China, Oppo, ikut serta memulai pengembangan mobil listrik mereka sendiri.

Kisruh Apple untuk membuat mobil listrik masih belum reda. Tapi rupanya keinginan untuk menghadirkan mobil listrik juga diikuti oleh para produsen smartphone lainnya. Seperti Huawei dan Xiaomi yang dilaporkan tertarik untuk menghadirkan mobil. Tak habis sampai di situ, laporan terbaru menyebutkan bahwa salah satu produsen smartphone terlaris di Indonesia siap bergabung dengan ketiga perusahaan tersebut untuk memproduksi lini mobilnya sendiri.

Siapkan divisi otomotif

Adalah Oppo yang siap membuka divisi mobil pertamanya di dunia. Oppo merupakan produsen smartphone terbesar kedua di China, memproduksi lebih dari 112 juta smartphone secara global pada tahun 2020 dan menyita 8% pangsa pasar di seluruh dunia. Apalagi Oppo tergabung dalam HW BBK yang turut menggawangi produsen lainnya semisal Vivo dan Realmi.

mobil listrik Oppo dengan pengemudi di dalam kabin
Oppo sedang mempersiapkan divisi otomotif kembangkan mobil sendiri

>>> Honda N7X Siap Hadang Mitsubishi Xpander Cross Dan Toyota Rush

Keikutsertaan Oppo akan melawan pesaingnya di segmen smartphone seperti Huawei dan Xiaomi. Dilansir dari Car News China, Tony Chen selaku pendiri dan CEO Oppo disebut sebagai orang di balik rencana tersebut. Kabar lain tersiar dari Xiuxiushai yang mengungkapkan bahwa Chen dan timnya sedang menyelidiki sumber dan mempekerjakan tenaga ahli di bidang otomotif.

Oppo belum mengkonfirmasi berita tersebut. Tapi Tony dalam pernyataannya tak menampik kemungkinan Oppo masuk ke ranah otomotif.

"Bahkan dalam bidang produksi mobil, kami akan fokus pada area yang kami kuasai. Jika pabrikan otomotif tak bisa memproduksi mobil yang bagus dan Oppo memiliki kekuatan untuk itu (memproduksi mobil), kami akan mencobanya di masa depan."

>>> Bentley Pilih SUV Sebagai Mobil Listrik Pertamanya

Gandeng Tesla?

Beberapa media China melaporkan bahwa Chen telah bertemu dengan pemasok Tesla dan pembuat baterai CATL sebagai komponen pendukung divisi otomotif mereka. Andy Wu, Wakil Presiden Rekayasa Perangkat Lunak Oppo merupakan eksekutif tingkat atas yang siap mengembangkan sistem pengemudian otonom.

teknologi mobil otonom yang dikendalikan tanpa awak
Oppo sudah mematenkan berbagai teknologi pengemudian tanpa awak

Hingga saat ini belum ada kejelasan bagaimana Oppo akan memulai pengembangan mobil listrik mereka. Beberapa opsi tersedia, seperti Huawei yang membeli perusahaan otonom yang sudah atau membangun produsen dan divisi otomotifnya dari nol. Pilihan lainnya yaitu bertindak sebagai pemasok produsen mobil yang telah ada, seperti Tesla, Toyota, maupun Volkswagen yang sedang berkembang pesat di China.

Oppo baru-baru ini telah menerbitkan berbagai paten terkait sistem pengemudian tanpa awak atau otonom, termasuk fitur pengukur jarak, kamera, dan peralatan elektronik yang bisa menentukan posisi mobil di jalanan. Menurut Autohome China, Oppo telah memutuskan menempatkan divisi otomotif mereka di Chengdu untuk melakukan pengerjaan produksi calon mobil mereka.

>>> Dapatkan berbagai pilihan mobil baru terbaik hanya di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top