Hyundai Ungkap Sosok Kona N, Pakai Mesin 2.0L Turbo

13/01/2021

Mobil baru

3 menit

Hyundai Ungkap Sosok Kona N, Pakai Mesin 2.0L Turbo
Hyundai masih menyiapkan armada mobil performanya, setelah merilis tiga mobil tahun lalu, kini giliran Kona N yang akan hadir. Seperti dikonfirmasi, mesin yang dipakai berkapasitas 2.0L turbo.

Setelah i20 N, i30 N, i30 N Fastback, dan Veloster N, Hyundai siap menambah satu lagi model ke dalam portofolio line-up mobilnya. Yang terbaru, brand Korea Selatan itu akan memperkenalkan Hyundai Kona N, yang sudah didevelop selama satu tahun terakhir.

Hyundai Kona N, i20 N dan i30 N

Setelah i20 N dan i30 N, Hyundai menyiapkan Kona N untuk launching tahun ini

“Kami bersemangat untuk memperluas resep kesuksesan yang telah didevelop lewat i30 N dan yang paling baru i20 N ke dalam salah satu SUV paling populer di pasar saat ini, kona. Tambahan Kona N ke dalam line-up akan mengantar brand menuju level selanjutnya,” ujar Andreas-Christoph Hofmann, wakil Presiden pemasaran dan produk Hyundai Eropa.

Akan diluncurkan dalam waktu dekat, Hyundai meluncurkan teaser resmi Kona N, dan memberi gambaran awal bagaimana Crossover kencang itu. Hadir dalam bentuk foto dan video, terlihat beberapa detail menarik.

>>> Apple Car Disebut Bakal Digarap Bareng Hyundai

Masih kamuflasean, berbasis Kona facelift

Hyundai Kona N yang dipamerkan memang masih dibalut kamuflase tebal, tapi diyakini mobil tersebut berbasis Kona facelift dengan kosmetik yang membuat tampilan mobil makin agresif.

Tampilan depan Hyundai Kona N 2021

Tampilan belakang Hyundai Kona N 2021

Secara eksterior, Kona N mengambil basis varian facelift

Mulai dari bodykit yang tampak lebih gemuk di depan, samping, dan belakang, velg 19-20 inci dengan kaliper rem N berwarna merah, sampai sepasang knalpot berukuran besar di belakang.

>>> Pemain Atletico Madrid Dapat Hadiah Natal All New Hyundai Tucson

Mesin 2.0L turbo, siapkan penggerak AWD?

Yang pertama, Hyundai Kona N dipastikan akan memakai mesin 2.0L turbo yang sama seperti i30 N dan Veloster N. Girboks yang dipasangkan juga sama, yakni 8-percepatan Dual-Clutch, yang kemungkinan juga menghadirkan mode seperti N Grin Shift, N Power Shift, atau N Track Sense, selain itu fitur launch control dan emotive soundtrack juga disiapkan.

Hyundai tidak menjelaskan secara rinci soal performa, namun jika mengacu pada dua model bermesin sama yang sudah launching, Kona N akan memiliki tenaga 275 HP dan torsi 352 Nm. Menariknya, dari video teaser, terlihat Hyundai Kona N hadir dengan sistem penggerak AWD.

Mesin 2.0L yang dipakai Hyundai Kona N 2021

Kemungkinan, performa Kona N tidak akan berbeda jauh dengan i30 N yang memakai mesin serupa

Soal fitur keselamatan atau berkendara juga tidak akan jauh berbeda dari Kona baru yang sudah menyematkan sistem bantuan mengemudi SmartSense, yang dilengkapi fitur Autonomous Emergency Braking with pedestrian detection, lane centring assist, sampai blind-spot monitoring with rear cross-traffic alert.

Setelah Kona, Hyundai masih menyiapkan satu model performa lagi, Elantra N yang akan diluncurkan beberapa bulan setelah Kona. Selain itu, Hyundai N juga tengah menyiapkan sebuah sportscar hybrid bermesin tengah hasil kolaborasi bersama Rimac.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap dari dalam dan luar negeri bisa disimak semua di sini

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top