Hyundai Staria Van, Versi Niaga Favorit Kurir

18/08/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Hyundai menyiapkan Hyundai Staria Van sebagai kendaraan niaga untuk menjawab permintaan konsumen yang membutuhkan mobil pengantar barang yang efisien

Serupa dengan Hyundai H-1 alias Hyundai Starex yang tersedia dalam pilihan mobil penumpang (people carrier) maupun mobil niaga, nyatanya Hyundai melakukan hal yang sama untuk Hyundai Staria.

Hyundai Staria Van

Namanya kini bukan Starex Mover

Jadi konsumen dapat memilih Hyundai Staria versi MPV maupun commercial van yang paling sesuai dengan kebuituhannya. Hyundai menyebut Hyundai Staria versi mobil naiga sebagai model Cargo 2 seater atau 3 seater. Seperti apa canggihnya? Yuk intip pembahasan tim Cintamobil.com berikut ini... 

>>> Hati-Hati, Volkswagen Jelaskan Hubungan Muatan Mobil Van dengan Jarak Pengereman

Antar Barang

gambar hyundai staria van

Kabin barang dengan kemampuan angkut setara 5.000 liter atau tiga Euro pallet

Menyandang predikat mobil niaga, Hyundai Staria Van 2 seater atau 3 seater dirancang sejak awal sebagai kendaraan pengantar barang. Bicara soal kapasitas angkut, kabin barang Hyundai Staria Van dapat menampung muatan dengan volume hingga  5.000 liter (tepatnya 4.935 liter) atau setara tiga Euro pallet.  

gambar hyundai staria van

Tersedia pilihan pintu belakang jenis twin swing door 

Untuk memudahkan akses bongkar muat barang, Hyundai melengkapi Hyundai Staria Van dengan dua pilihan pintu ruang bagasi; swing up tailgate dan twin swing door. Pintu model tailgate didukung fitur smart power sehingga dapat membuka dan menutup secara otomatis. Sedangkan twin swing door (opsional) memudahkan proses  loading and unloading muatan.  

gambar hyundai staria van

Pintu samping model geser bisa diakses oleh forklift   

Satu kelebihan lain yang ditawarkan Hyundai Staria versi antar barang adalah pintu geser samping dengan bukaan selebar 870 mm. Dengan demikian, barang muatan bisa dikeluarkan dari kabin atau dimasukkan ke dalam kabin oleh forklift. O iya, proses bongkar muat barang juga bisa dilakukan oleh forklift  melalui pintu tailgate belakang.  

Fitur Lengkap

Umumnya, mobil antar barang punya kasta paling rendah alias minim fitur keselamatan dan kenyamanan. Bagi Hyundai, hal itu tidak berlaku. Intinya, mobil antar barang atau manusia, sama-sama punya fitur keselamatan dan kenyamanan yang setara. Contohnya antara lain ABS, airbag, dan kontrol traksi untuk fitur keselamatan.

gambar hyundai staria van

Kelengkapan fitur menjadi nilai jual unggulan Hyundai Staria versi niaga    

Sedangkan fitur kenyamanan mencakup cruise control, power steering, AC, sistem infotainment. Tidak lupa fitur konektivitas yang mencakup layar sentuh dan digital cluster berukuran 10.25 inci.  

Mesin dan Transmisi

Namanya mobil niaga ya pilihan mesinnya tentu diesel 2,2 liter VGT 175 hp 430 Nm atas dasar efisiensi. Hyundai Staria versi niaga ini tersedia dengan pilihan transmisi manual 6-speed atau otomatis 8-speed.

gambar hyundai staria van

Shift by wire untuk transmisi otomatis yang mudah dan praktis

Untuk transmisi otomatis 8-speed, konsumen bisa memilih model tuas konvensional atau shift by wire berupa tombol tekan yang mudah dan praktis. Dengan komposisi ini pastinya para 'packet man' alias kurir akan mengantar paket dengan lebih cepat dan tepat waktu bukan?

>>> Siap Meluncur, Hyundai Staria Pesaing Alphard Sudah Bisa Dipesan!

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top