Hyundai Staria 2022 Jadi Mobil Jemputan Sekolah di Korea Selatan

11/10/2021

Mobil baru

2 menit

Share this post:
Dipasarkan sebagai MPV premium penantang Toyota Alphard di Indonesia, Hyundai Staria 2022 dijual sebagai bus sekolah dengan harga terjangkau di negara asalnya.

Belum lama diperkenalkan dan dipasarkan di seluruh dunia, Hyundai sepertinya ingin berinovasi dengan MPV premium terbarunya. Di Korea Selatan, Hyundai Staria 2022 dipersiapkan sebagai bus sekolah dengan berbagai fitur menawan serta kenyamanan untuk membuat anak-anak betah di sepanjang perjalanan.

Hyundai Staria Kinder

Hyundai Staria 2022 mendapatkan ubahan versi ‘people mover’ yang baru saja diperkenalkan di negara asalnya. Model yang diberi nama dengan Staria Kinder ini dipasarkan sebagai bus sekolah menggunakan konfigurasi 11 kursi dan tersedia pula dalam bentuk 15 kursi.

kursi Hyundai Staria Kinder tahun 2022
Mobil ini memiliki konfigurasi 11 dan 15 kursi

Perbedaan yang bisa dirasakan dibandingkan model standarnya yaitu bar lampu tambahan di atap, tanda berhenti yang terbalik ketika pintu terbuka, serta kelir kuning yang khas pada bus sekolah. Tampilannya yang nyentrik juga disematkan melalui kombinasi warna hitam dan kuning di dalam kabin.

Dipersiapkan sebagai bus sekolah, tentu saja sistem keselamatan menjadi fitur penting yang patut diperhitungkan. Dalam peluncurannya, Hyundai mengungkapkan bahwa Staria Kinder dilengkapi dengan “perangkat penyesuaian sabuk pengaman” yang dipasangkan seluruh bangkut. Sehingga anak-anak dapat memasang sabuk pengaman sesuai dengan ukuran dan tinggi badan mereka.

Hyundai Staria 2022 untuk model bus sekolah
Hyundai Staria 2022 versi bus sekolah dengan tambahan fitur anyar

>>> Wujud Hyundai Staria Load, MPV Bongsor untuk Angkut Barang

Selain itu, Hyundai tak ketinggalan memperkuat teknologi keselamatan aktif pada Staria Kinder, termasuk pengereman darurat otonom, lane-keeping assist dan lane-departure warning, serta rear cross-traffic collision avoidance system dipasarkan pada mobil ini.

"Staria Kinder telah menerapkan tingkat kinerja keselamatan tertinggi dengan menerapkan banyak suku cadang khusus yang telah lulus uji keamanan secara menyeluruh. Dan kami berharap (penumpang) bepergian dengan nyaman,” jelas Hyundai dalam pernyataan resminya.

>>> Review Hyundai Staria 2021: Debut Sang 'Alphard Killer'

Hanya Rp 200 jutaan

Sejalan dengan kebijakan ramah lingkungan dari pemerintah Korea Selatan, Staria Kinder mendapatkan pilihan mesin berbahan bakar gas cair. Ada subsidi hingga 7.000.000 won (Rp 83 jutaan) untuk kendaraan berbahan bakar LPG. Ada pula diskon hingga 13 juta won (Rp 154 jutaan) bagi pelanggan yang menukar bus diesel mereka dengan Staria Kinder terbaru.

Dengan begitu harga Staria Kinder mencapai 34,78 juta won (Rp 413 jutaan), sedangkan model 15 tempat duduk dihargai 37,48 juta won (Rp 445 jutaan). Dengan subsidi, harga mobil ini bisa serendah 20 juta won (Rp 237 jutaan).

Angka ini memang sangat jauh jika dibandingkan dengan harga Hyundai Staria Indonesia. Mobil yang dipersiapkan sebagai salah satu MPV premium penantang Toyota Alphard ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 888 jutaan untuk tipe Signature 9 (9-seater) dan Rp 1 miliar untuk Signature 7 (7-seater) yang lebih tinggi.

>>> Dapatkan harga mobil Hyundai terbaru dan promo menarik di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top