Sports Car Hyundai Bertenaga 640 HP Ini Berbahan Bakar Air

08/09/2021

Mobil baru

2 menit

Share this post:
Tak jauh berbeda dengan Toyota, Hyundai mengungkapkan bahwa mereka sedang mengembangkan mobil berbahan bakar air, termasuk sports car bertenaga 640 HP.

Dalam gelaran online Hydrogen Wave, Hyundai memprediksi bahwa harga mobil berbahan bakar hidrogen pada tahun 2030 akan setara dengan kendaraan bertenaga baterai. Hal itu membuat Hyundai gencar mengembangkan berbagai mobil terbaru bertenaga hidrogen. Salah satunya adalah mobil konseo Hyundai Vision FK, sports car bertenaga air yang dirilis dalam acara tersebut.

Bertenaga 640 HP

Hal ini terlihat dari beberapa foto terbaru yang dirilis oleh Hyundai dalam keterangan resminya. Tampilan luar dari sports car Hyundai ini memang masih terbungkus kamuflase berwarna hitam dan putih. Tapi desain yang sleek dan fascia depan tanpa aliran udara menjadi penanda bahwa Hyundai sedang membawa desain futuristiknya pada mobil ini.

sports car Hyundai dengan kamuflase berwarna putih hitam
Desain luar Vision FK yang masih berbalut kamuflase

>>> Hyundai Casper Resmi Diperkenalkan, Bakal Ada Versi Listrik Juga Nih?

Mobil sport dua pintu tersebut dijelaskan akan menggunakan mesin berbahan bakar hidrogen. Tapi jangan salah, meskipun mendapatkan tenaga dari air, namun mobil ini mampu menghembuskan tenaga maksimal hingga 500 kilowatt, atau setara dengan 690 hp. Dalam tenaga penuh, maka mobil ini bisa mencapai 100 km/jam dari keadaan diam hanya dalam waktu kurang dari 4 detik.

Hyundai menyebutkan bahwa teknologi ini adalah sistem yang lebih rumit yang menggabungkan converter bahan energi sel bahan bakar dengan sistem plug-in penggerak roda belakang. Memberikan daya jangkau hingga 600 kilometer per tangki hidrogen tunggal.

>>> Wuih! Hyundai Akan Perkenalkan Mobil Baru Berbahan Bakar Air

Mobil berbahan bakar air

Selain sports car, Hyundai memang sedang mencari berbagai alternatif dari mobil berbahan bakar konvensional. Konsep menarik lainnya yang dikembangkan adalah Trailer Drone, sistem transportasi container bertenaga hidrogen yang bisa beroperasi tanpa sopir.

Mobil ini memiliki sistem tangki hidrogen modular yang memungkinkan Anda untuk memasang sejumlah tangki hidrogen yang diperlukan sesuai dengan jarak tempuh yang diinginkan. Satu tangki hidrogen mampu memberikan daya jangkau lebih dari 1.000 kilometer, sebanding dengan sistem transportasi kontainer yang ada saat ini.

mobil berbahan bakar air yang sedang dikembangkan Hyundai
Konsep truk Trailer Drone yang bisa berkendara tanpa sopir

Selain itu, Hyundai ingin agar semua kendaraan komersialnya menggunakan tenaga air atau baterai pada tahun 2028. Pabrikan asal Korea Selatan ini dipercaya sedang mengembangkan kendaraan komersial berbahan bakar sel terbaru yang akan dirilis secara global.

Mereka juga sedang mempersiapkan sel bahan bakar terbaru bertenaga 100 kW dan 200 kW pada 2023 dengan harga yang lebih murah, 30% lebih kompak untuk meningkatkan efisiensi, dan dua kali lebih bertenaga daripada teknologi FCEV Hyundai saat ini.

>>> Harga mobil Hyundai terbaru dan promo 2021 terbaik ada di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top