Hyundai Santa Fe 2021 Mengaspal, Lebih Dari Sekadar Facelift

03/06/2020

Mobil baru

4 menit

Share this post:
Hyundai Santa Fe 2021 Mengaspal, Lebih Dari Sekadar Facelift
Hyundai Santa Fe mendapatkan penyegaran untuk model tahun 2021. Meski menyebut model ini facelift, namun ubahan yang didapat sangat signifikan, khususnya platform dan hadirnya powertrain plug-in hybrid.

Hyundai resmi meluncurkan facelift untuk SUV Santa Fe untuk model tahun 2021, yang menghadirkan ubahan signiikan secara eksterior, interior, dan pilihan mesin. Meski diklaim merupakan model facelift, namun Hyundai Santa Fe 2021 hadir dengan platform yang jauh berbeda dibandingkan model pre-facelift.

>>> Hyundai Creta 2020 seliweran di Indonesia, siap launching?

Platform baru, dimensi membesar

Santa Fe 2021 hadir dengan platform yang sama seperti Hyundai Sonata, yang mengakomodasi powertrain plug-in hybrid terbaru Hyundai, dan juga beragam teknologi lainnya.

>>> Temukan pilihan mobil baru dan bekas berkualitas di sini

Hyundai Santa Fe 2021 depan

Tampak samping dan belakang Hyundai Santa Fe facelift 2021

Pakai platform baru, Santa Fe 2021 membesar secara dimensi

Dengan platform baru ini, Hyundai Santa Fe 2021 kini hadir dengan dimensi 4.785 mm x 1.900 mm x 1.685 mm. Model ini lebih panjang 15 mm, lebar 10 mm, dan 5 mm lebih tinggi dibandingkan pre-facelift. Membesarnya ukuran mobil juga berdampak pada kabin, di mana ruang kaki untuk penumpang baris ketiga naik 34 mm.

Selain dimensi mobil yang melebar, desain eksterior Hyundai Santa Fe juga dibuat lebih dinamis dengan tampilan baru. Mulai dari lampu LED Daytime Running Lights (DRL) dengan pattern huruf T, grille yang lebih besar, desain bumper depan dan belakang yang berubah total, over fender yang lebih lebar, sampai lampu belakang LED.

Desain dashboard Hyundai Santa Fe facelift 2021

Santa Fe 2021 hadir dengan gear selector model baru

Masuk ke dalam, desain interior juga berubah dengan desain konsol tengah baru yang tampak lebih elegan, gear selector model baru, dan tempat penyimpanan yang cukup banyak. Hyundai Santa Fe Facelift kini memakai head unit 10.25 inci yang mendukung Apple CarPlay dan Android Auto, cluster instrumennya juga sudah digital dengan ukuran layar 12,3 inci.

Masuki era elektrifikasi

Platform baru Santa Fe 2021 juga mendukung powertrain plug-in hybrid baru. Kemungkinan akan hadir pada awal 2021, dan mesin 1.600 cc turbo inline-4, motor elektrik 90 HP, dan baterai lithium-ion 13,9 kWh. Jika digabungkan, powertrain ini menghasilkan tenaga 261 HP dan torsi 350 Nm.

>>> Berita seputar mobil baru bisa Anda simak di sini

Selain itu, hadir juga pilihan powertrain 1.600 cc mild-hybrid dengan tenaga 227 HP, atau mesin diesel 2.200 cc turbo yang menghasilkan 199 HP dan torsi 440 Nm, semua mesin ini dipasangkan dengan girboks 8-percepatan Dual Clutch (DCT) dengan teknologi shift-by wire.

Mesin plug-in hybrid Hyundai Santa Fe facelift 2021

Untuk pertama kalinya, Hyundai Santa Fe memakai powertrain plug-in hybrid

Salah satu fitur menarik di Hyundai Santa Fe 2021 adalah hadirnya Terrain Mode yang ada di konsol tengah, pengemudi bisa memilih tiga mode yang menyesuaikan jalanan yang dilewati, mulai dari sand (pasir), snow (salju), dan mud (lumpur). Hadir juga mode berkendara seperti eco, comfort, sport, dan smart. Saat diaktifkan, mode ini dapat mengenali gaya mengemudi dan memilih mode mengemudi optimal secara otomatis.

Fitur berkendara Hyundai Santa Fe Facelift juga kini semakin komplit dengan hadirnya Hyundai Highway Drive Assist 1.5, fitur yang bisa mengontrol kemudi, akselerasi, dan pengereman mobil di jalan bebas hambatan. Selain itu, hadir juga fitur seperti lane-keeping assist, blind-spot collision avoidance, dan sistem parkir otonom dengan rear collision avoidance system. 

Hyundai Santa Fe 2021 sendiri baru akan dijual di Eropa mulai September ini, dengan detail terkait mesin dan harga akan diumumkan jelang debut.

>>> Berita otomotif terbaru dari dalam dan luar negeri bisa Anda simak di sini

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top