Hyundai RM20e, Sportscar Elektrik Bertenaga 800 HP

28/09/2020

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Hyundai RM20e, Sportscar Elektrik Bertenaga 800 HP
Hyundai menunjukkan potensi performa line-up mobil elektrik N dengan prototype RM20e, sportscar listrik dengan layout motor tengah yang memiliki tenaga 800 HP.

Tak mau kalah dari pabrikan lain seperti Volkswagen atau Nissan, Hyundai mulai melirik elektrifikasi dengan memperkenalkan Hyundai RM20e, yang mejeng di gelaran Auto China 2020 yang tengah berlangsung saat ini. 

Tahun lalu, pabrikan Korea Selatan itu memperkenalkan Veloster N eTCR sebagai mobil balap elektrik pertama mereka dan disiapkan sebagai mobil balap eTCR Hyundai. Tapi kali ini, RM20e hadir sebagai mobil jalanan.

>>> Hyundai segarkan i30N, dapat girboks baru

Sportscar elektrik dengan mesin tengah

Meski berbeda arah, Hyundai RM20e mengambil basis Veloster N eTCR dengan motor elektrik yang ditanam di bagian tengah untuk menawarkan keseimbangan dan kelincahan karena titik gravitasi mobil ada di tengah.

Bisa dibilang sebagai prototype road legal, RM20e bukan mobil balap pertama Hyundai N. Sebelumnya, divisi motorsport Hyundai itu punya RM14, RM15, RM16, dan RM19.

Tampilan depan Hyundai RM20e

Tampilan belakang Hyundai RM20e

RM20e hadir dengan layout motor tengah seperti RM sebelumnya

Dengan tenaga 800 HP dan torsi 960 Nm yang dialirkan ke roda belakang, Hyundai RM20e diklaim bisa berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu kurang dari 3 detik, dan 0-200 km/jam dalam waktu 9,88 detik. Dan untuk penggunaan di jalanan, kecepatan mobil dibatasi di 250 km/jam.

>>> Hyundai IONIQ Concept Cabin, Konsep Kabin Mobil Layaknya Rumah

Kolaborasi dengan Rimac, layout motor diubah?

Dalam pengembangan divisi mobil listrik, Hyundai berkolaborasi dengan Rimac. Saat ini, pabrik hypercar listrik asal Kroasia itu tengah mendevelop Hypercar C_Two hypercar, yang akan rilis 2021 dengan tenaga 2.000 HP dan top speed 400 km/jam.

Hyundai Veloster N sedang melakukan tes

Hyundai berkolaborasi dengan Rimac untuk membangun sportscar listriknya

Spesifikasi Hyundai RM20e versi produksi memang belum dibocorkan, namun EVP Hyundai, Thomas Schemera mengatakan “Prototype sportscar RM20e menunjukkan ambisi elektrifikasi brand performa Hyundai N menuju performa setara supercar.”

Sportscar listrik pertama Hyundai ini akan mengambil basis dari konsep Prophecy yang diluncurkan awal tahun ini, yang mengedepankan efisiensi aerodinamika dan interior lega. Tapi, hal ini mengisyaratkan layout motor listrik RM20e versi produksi akan pindah dari tengah ke depan.

>>> Hyundai Selidiki Keluhan Bau Menyengat dari Kabin Palisade

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Hyundai Tunjukkan Konsep Pengisian Daya Super Cepat ‘Hyundai Hi-Charger’

09/12/2019

Mobil baru

3 menit

Inovasi elektrifikasi ditunjukkan Hyundai berupa konsep pengisian daya super cepat 'Hyundai Hi-Charger'. Diklaim, menggunakan charger ini diklaim hanya butuh waktu 20 menit untuk pengisian dari 0 hingga penuh.

Lihat juga

Hyundai Tucson 2021 Hadirkan Transformasi Agresif dan Mesin Hybrid

15/09/2020

Mobil baru

3 menit

Generasi baru Hyundai Tucson 2021 baru saja diperkenalkan dengan perubahan radikal, lebih sporty dan agresif dibandingkan pendahulunya serta opsi mesin hybrid.

Lihat juga

Harga Hyundai Kona Electric Bocor, Dijual Rp 674,8 Juta

09/09/2020

Mobil baru

3 menit

Hyundai Kona Electric yang telah diperkenalkan di Thailand mulai 2019 lalu tampaknya akan masuk ke pasar Indonesia. Kabarnya harga Hyundai Kona EV Rp 674,8 Juta.

Lihat juga

Hyundai Rilis Kona Facelift 2021, Kini Ada Varian N Line

02/09/2020

Mobil baru

3 menit

Facelift Hyundai Kona 2021 diperkenalkan dengan model baru Hyundai Kona N Line yang baru diresmikan dengan mesin baru serta peningkatan fitur keselamatan.

Lihat juga

KIA Mau Nebeng Produksi Mobil di Pabrik Hyundai Indonesia?

03/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Produsen mobil asal Korea Selatan KIA mengungkapkan keinginannya untuk produksi mobil di Indonesia. Apakah KIA bakalan nebeng pabrik Hyundai nantinya?

Lihat juga
 
back to top