Hyundai Perkenalkan Kona N, SUV Performa Tinggi dari Namyang

30/04/2021

Mobil baru

5 menit

Hyundai Perkenalkan Kona N, SUV Performa Tinggi dari Namyang
Setelah lama menunggu, akhirnya Hyundai Kona N resmi dirilis sebagai Crossover performa pertama dari pabrikan Korea Selatan itu. Sebengis apa performanya?

Hyundai N mulai diperhitungkan oleh para pecinta kecepatan sebagai produsen mobil performa tinggi. Namun keterbatasan line-up menjadi batasan brand yang berbasis di Namyang dan Nurburgring. Sejauh ini mereka hanya memiliki i20 N, i30 N, dan Veloster N.

Hyundai Kona N 2022

Kona N menjadi Crossover kencang pertama Hyundai

Seiring tren Crossover atau SUV kompak yang semakin populer, Hyundai menyiapkan Kona N sebagai crossover performa tinggi brand Korea Selatan itu. Sudah dikembangkan sejak tahun lalu, akhirnya Hyundai Kona N resmi diperkenalkan ke publik.

>>> Cintamobil TV: Hyundai Kona Electric Versi Facelift 2021, Melengkapi Kekurangan Sebelumnya

Adopsi mesin i30 N, 0-100 km/jam dalam waktu 5,5 detik

Memiliki kombinasi inteal antara kepraktisan, akelerasi, dan kelincahan ala mobil balap, Kona N mendapatkan ‘jantung’ 2.0L turbo dari i30 N yang menghasilkan 276 HP dan torsi 392 Nm. Namun, performa ini bisa sedikit ditingkatkan menjadi 286 HP lewat fungsi N Grin Shift.

Mesin tersebut dihubungkan ke girboks DCT (dual-clutch transmission) 8-speed yang menggunakan konsep basah dan beberapa modifikasi performa tinggi. Salah satunya rasio gir khusus, dan ECU yang telah dikalibrasi untuk pergantian gigi yang lebih responsif.

Persneling Hyundai Kona N

Mobil menggunakan girboks DCT 8-percepatan performa tinggi

Dengan kombinasi ini, Kona N diklaim dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 5,5 detik dengan Launch Control, sedang kecepatan puncaknya sampai 240 km/jam.

Sebagai anggota line-up performa Hyundai, Kona N dibekali segudang fitur penunjang performa seperti N Grin Shift, N Power Shift, dan N Track Sense. Selain itu, Crossover kencang ini juga dibekali Limited Slip Differential elektronik, dan lima mode berkendara, yang terdiri dari Eco, Normal, Sport, N, dan Custom.

>>> Mobil Listrik Hyundai Habis Daya? Bisa Ngecharge Gratis Di Sini

Hyundai Kona N Line dengan tambahan otot

Beralih ke tampilan visual, Hyundai Kona N mengambil basis dari Kona N Line, tapi dengan beberapa tambahan detail. Kita mulai dari depan, Kona N memiliki model gril yang lebih unik dengan aksen merah di sekitaran lip mobil. Sementara pindah ke samping, bagian fender dibuat sewarna body, dengan side skirt yang terlihat agresif.

Tampilan depan Hyundai Kona N

Tampilan belakang Hyundai Kona N

Tampilan Kona N yang terlihat lebih agresif dibandingkan versi normal

Ubahan lebih banyak terdapat di belakang, di mana Kona N mendapatkan lampu rem ketiga berbentuk segitiga, yang mengapit spoiler belakang tipe double-wing yang diklaim meningkatkan downforce. Selain itu, knalpot yang dipakai juga berukuran besar.

Ubahan juga didapat dalam kabin, dengan Kona N mendapatkan beberapa elemen khas Hyundai N. Kita mulai dari sport steering wheel khusus line-up N dengan head-up display yang memberikan tampilan seperti game balap mobil. Keduanya didampingi layar instrument cluster berukuran besar, dan head-unit 10 inci yang bisa menampilkan peta trek dan catatan lap ketika mobil dipakai trackday.

Tampilan kabin Hyundai Kona N

Kabin Kona N dengan beberapa sentuhan khas model performa Hyundai 

Selain itu, material pedal juga memakai logam dan sport seats dengan emblem Hyundai N. Berbeda dari kebanyakan mobil performa, Hyundai Kona N diberikan aksen interior biru, ini karena aksen merah sudah lebih dulu dipakai varian N Line.

Beralih ke safety, Hyundai Kona N dibekali berbagai fitur bantuan berkendara seperti Forward Collision-Avoidance Assist, Lane Keeping Assist, Lane Following Assist and Smart Cruise Control. Fitur lain yang tak kalah pentingnya seperti Blind-Spot Collision-Avoidance Assist, High Beam Assist, Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Alert, dan Safe Exit Warning juga tersedia.

Hyundai masih merahasiakan harga Kona N, baru akan diumumkan saat mobil resmi dijual. Namun, pabrikan Korea Selatan itu mengisyaratkan Crossover kencang satu ini akan dibanderol terjangkau.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap bisa Anda temukan di sini

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top