Hyundai Nexo, Penerus Tucson sebagai Unggulan Hyundai untuk Mobil Listrik

25/02/2018

Mobil baru
Hyundai Nexo, Penerus Tucson sebagai Unggulan Hyundai untuk Mobil Listrik
Kendaraan dengan bahan bakar sel, Hyundai Nexo, akan memadukan teknologi bahan bakar sel futuristic ke sistem penggerak otonom. Produsen mobil Korea ini mulai menatap persaingan mobil otonom ke tingkat yang lebih jauh.

Kendaraan berbahan bakar hidrogen tanpa emisi ini diluncurkan pada Selasa kemarin, (2/21) digadang-gadang oleh Hyundai sebagai mobil dengan bahan bakar sel terbaik di dunia. Hyundai Nexo akan mempunyai fitur mengemudi otonom yang mencakup sistem deteksi blind spot terbaru yang menjadi sistem tertama dari jenisnya, menurut Hyundai, dan aplikasi pertama auto steering lane-keep assist.

Semua fitur terbaru tersebut akan memberikan kenyamanan mengemudi untuk mobil crossover ramping dengan teknologi ramah lingkungan sebagai pilihan nyata bagi konsumen, bukan hanya sebuah proyek sains yang ditunjukan oleh pesaing-pesaing Hyundai.

Gambar yang menunjukan mobil Hyundai Nexo berwarna putih sedang melaju di jalanan

Tampilan Hyundai Nexo yang lebih elegan dan futuristik

Nexo dikabarkan akan mulai dijual di Korea Selatan akhir bulan ini sebelum mencapai Eropa pada akhir kuartal kedua dan Amerika pada kuartal ke empat tahun ini. Sebagai kendaraan berbahan bakar sel, Nexo dipercaya akan menjadi langkah kunci dalam rencana Hyundai Motor Co. untuk memperkenalkan 38 mobil ramah lingkungan pada 2025 mendatang.

>>> Baca juga berita mobil baru lainnya disini

Didukung dengan perayaan Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang tahun ini, Hyundai ingin meningkatkan armada Nexo yang dimodifikasi dengan sistem self-driving level 4. Dimulai dari awal bulan ini, Nexo akan berkendara sejauh 190 km dari Seoul ke Pyeongchang, yang menjadi tuan rumah gelaran ini.

Hyundai mengatakan Nexo sudah melampaui pendahulunya, crossover Hyundai Tucson Fuel Cell EV, di semua kategori. Memulai debut pada tahun 2013 lalu, Tucson hanya bisa menjual sekitar 800 unit secara kumulatis di Korea Selatan, Amerika, dan Eropa.

Gambar yang menunjukan mobil terbaru Hyundai Nexo berwarna putih sedang melaju

Nexo sudah mengalami banyak peningkatan dibandingkan Tucson

Sebagai perbandingan, keluaran motor listrik Nexo sudah ditingkatkan menjadi 120 kilowatt, dibandingkan dengan Tucson yang hanya 100 kilowatt. Selain itu, kisaran mengemudi Nexo juga diperpanjang menjadi 30% dengan tiga tangki hidrogen yang bisa menahan bahan bakar lebih banyak dengan berat yang lebih sedikit.

>>> Baca juga review Hyundai Tucson 2017

Bahkan, Nexo juga lebih baik untuk bagian tumpukan sel bahan bakar keseluruhan yang lebih efisien. Kepadatan listriknya juga meningkat setengah dengan ukuran keseluruhan turun 18% untuk menghemat ruang di bawah kap dan dengan platform 14% lebih ringan.

Berikut perkenalan Hyundai Nexo sebagai mobil listrik terbaru Hyundai

Untuk perjalanan, Hyundai mengatakan Nexo akan memberikan jarak tempuh tangki lebih dari 600 km ketika diuji di Korea Selatan dan lebih dari 563 km dalam pengujian EPA. Di bawah standar EPA, Toyota Mirai memiliki rentang 500 km dan Honda Clarity diberi nilai lebih dari 589 km.

Dengan keunggulan yang dimiliki oleh Hyundai Nexo, bisa dibilang mobil ini menjadi flagship Hyundai mengalahkan Tucson untuk bersaing dengan mobil listrik rendah emisi lainnya. Selain menghadirkan kenyaman mengemudi yang mempesona, Hyundai mengatakan akan mengkomersilkan mobl otonom level 4 ini untuk “smart city” pada 2021 dan sistem otonom penuh pada 2025.

>>> Baca juga berita otomotif lainnya disini

 
back to top