Cintamobil TV: Hyundai Kona Electric Versi Facelift 2021, Melengkapi Kekurangan Sebelumnya

19/04/2021

Mobil baru

3 menit

Mobil listrik Hyundai Kona Electric meluncurkan seri terbaru yaitu Kona Electric Facelift 2021. Dengan harga yang tak jauh berbeda dari versi lama, Anda bisa mendapatkan banyak kelebihan lainnya dari mobil ini.

Kona Electric dari Hyundai terbilang masih sangat baru masuk pasar Indonesia. Keduanya hadir pada akhir tahun 2020. Namun sekarang sudah muncul lagi Kona Electric versi baru yaitu Kona Electric Versi Facelift 2021, di mana harganya hanya berbeda sekitar 20 jutaan dari versi sebelumnya. Lalu apa yang membuat Kona Electric Facelift 2021 ini lebih mahal dari model sebelumnya? Berikut review Kona Electric Versi Facelift 2021.

Sebelum membahas produk terbarunya, mari sedikit mengulas tentang harganya. Untuk varian sebelum facelift yaitu versi lama dari Kona Electric harga Kona Electric sekitar 674 juta, sedangkan yang terbaru yaitu Kona Electric Facelift 2021 harga Kona Electric Versi Facelift  697 jutaan. Ada kenaikan harga sekitar 20 jutaan untuk seri terbarunya. 

Spesifikasi Kona Electric Versi Facelift 2021 

Motor listrik             : Permanent Magnet Synchronous Motor
Kapasitas baterai   : 39.2 KWH Lithium-10N
Tenaga                   : 134 HP
Torsi                       : 394 NM
Transmisi               : FWD Single Speed Reduction Gear
Dimensi PXLXT     : 4.180 x 1.800 x 1.570 MM
WHEELBASE        : 2.600 MM
Ukuran Ban           : 215/55 R17
Harga                    : Rp697.000.000 On The Road

Desain  Eksterior Kona Electric Facelift 2021 

Desain yang paling signifikan pada Kona Electric Facelift 2021 ada pada bagian depan mobil. Untuk Kona sebelum facelift, bagian depan mobil membentuk sebuah aksen grill, tapi pada Kona Electric Versi Facelift 2021 aksen grill ini sudah dihilangkan berganti dengan tampilan polos yang membuat mobil ini terlihat lebih sporty dan aerodinamis. Namun pada bagian depan mobil masih terdapat air derm untuk pendinginan baterai dan dinamo.  Selain itu, Kona Electric Facelift 2021 memiliki aksen chrome pada bagian depan mobil yang membuat tampilan depan mobil tampak lebih keren. 

Hyundai Kona Electric

Tampilan bagian depan Hyundai Kona Electric Facelift 2021

Hal lain yang berubah dari Kona Electric Facelift 2021 ada di bagian DRL light. Pada siang hari berfungsi sebagai DRL light dan bisa berubah menjadi lampu sein. Tak hanya itu, dibagian headlamp juga terlihat semakin keren karena multi reflector. Sementara untuk Kona Electric sebelumnya masih menggunakan LED proyektor. Tidak hanya urusan lampu, velg Kona Electric Facelift 2021 juga berubah. Walaupun ukuran velgnya masih sama seperti seri sebelumnya 17 inch, desain velgnya yang membuat keduanya tampak berbeda. 

Hyundai tak banyak mengubah warna mobil dari model sebelum Kona Electric Facelift 2021. Hanya mengurangi aksen chrome pada bagian sisi mobil yang membuat mobil ini memiliki kesan lebih mewah.Varian terbaru dari Kona Electric Facelift 2021 juga memiliki variasi warna yang menarik seperti merah dan biru. Menilik bagian samping Kona Electric Facelift 2021 ada beberapa bagian yang tidak hilang salah satunya roof rack mobil. Semenatar untuk bagian belakang yang brubah adalah area lampu seperti soft lamp dan lampu sein yang sekarang memiliki tampilan lebih mewah dan enak dipandang. 

Hyundai kona electric 2021

Tampak belakang Hyundai Kona Electric Facelift 2021

Di Bagian bumper  mobil ini juga berbeda dari seri sebelumnya, terdapat aksen dua garis. Aksen dua garis ini ditampilkan pada bagian belakang dan depan mobil. Untuk ruang bagasi Kona Electric Facelift 2021 sama seperti Kona Electric versi sebelumnya. Ruang bagasi Kona Electric memang cukup besar dan pada bagian bawah bagasi terdapat tempat menyimpan charger portable.

>>> Merasakan Kedinamisan Mobil Listrik Hyundai Langsung di Sirkuit

Desain Interior Kona Electric Versi Facelift 2021

Setelah membahas desain interior review Kona Electric Facelift 2021,  kini beralih ke interior. Di sinilah letak perbedaan yang membuat Kona Electric Facelift 2021 lebih mahal dari Kona Electric seri lama. Yang membedakan keduanya yaitu panel instrumen Kona Electric Facelift 2021 sudah full digital, tampilannya clear dengan resolusi tajam. Panel instrumen ini bisa Anda ganti-ganti sesuai dengan kebutuhan berkendara. Misalnya Anda hendak berkendara Eco panel instrumen akan berubah menjadi biru, namun jika Anda menggunakan mode sport panel instrumen akan berubah menjadi warna merah. 

hyundai kona

Tampak interior Hyundai Kona Electric Facelift 2021

Yang paling terasa perubahannya dari mobil  ini adalah fitur saftey yang dimiliki. Contohnya, mobil ini sudah menggunakan rem otomatis. Anda tentu tidak perlu khawatir jika berada di jalan sempit dan ramai, mobil ini bisa rem otomatis ketika pengemudi lupa menginjak rem. Kona Electric Versi Facelift juga sudah dilengkapi dengan landwatch, jadi ketika Anda mengemudi di jalan bebas hambatan mobil ini akan bisa mengikuti jalurnya aau berada didalam marka. 

Perbedaan selanjutnya antara Kona Electric Versi 2021 dan Konan Electric seri lama adalah mobil ini sudah memiliki blank spot monitoring yang dapat membantu Anda ketika membawa mobil dan tidak bisa melihat situasi di belakang maka Kona Electric Facelift 2021 akan memberi peringatan. Dengan fitur ini Anda dapat lebih berhati-hati dalam perjalanan.

Pada Kona Electric Facelift 2021 juga sudah dilengkapi dengan fitur pemanas dan pendingin jok untuk baris pertama. Selebihnya tidak ada yang berubah dari seri Kona Electric sebelum nya. Fitur quiet mode juga masih ada di Kona Electric Facelift 2021, di mana fitur ini sangat berguna untuk Anda yang bepergian membawa anak. Ketika Anak tertidur fitur quiet mode bisa mematikan audio bagian belakang tempat Anak tertidur dan fokus pada audio bagian depan.  Head Panel Kona Electric Versi Facelift 2021 juga sudah dilengkapi Apple Carplay dan Android Auto. 

Akomodasi Penumpang Kona Electric Versi Facelift 2021

Kona Electric Facelift 2021 memiliki kelebihan di bagian jok, joknya sangat empuk dan nyaman terutama pada bagian belakang walaupun menggunakan material kulit. Untuk akomodasi penumpang sebetulnya di Kona Electric versi lama ataupun versi baru tidak begitu impresif. Hal ini dikarenakan posisi duduknya sangat pas-pasan antara lutut dengan jok depan. Jarak head roof juga sangat sedikit, sekitar empat jari. Hal ini wajar terjadi karena Kona Electric adalah mobil dengan dimensi kecil.

Head Roofnya juga terasa lebih sempit karena digunakan sebagai kontrol sunroof. Pada baris kedua mobil ini juga tidak memiliki AC sisi, namun pada jok baris kedua Kona Electric Facelift 2021 sudah dilengkapi dengan arm rest dan colokan USB. Secara keseluruhan, duduk di kursi belakang Kona Electric Facelift 2021 masih tergolong nyaman dengan jok yang sangat empuk. 

hyundai kona electric

Desain Hyundai Kona Electric Facelift 2021 yang mewah 

Motor Listrik dan Baterai Kona Electric Facelift 2021 

Untuk motor listrik dan baterai Kona Electric 2021 sebenarnya masih sama dengan Cona Electric sebelumnya yaitu 39.2 KWH dan motor listriknya menghasilkan tenaga 134 HP dan torsi 394 NM. Jadi mobil ini tidak memiliki transmisi, energinya berasal dari motor listrik ke roda. Bisa dibilang mobil ini luar biasa untuk performa Kona Elecric Facelift 2021.

Untuk jarak tempuhnya sendiri, jika baterai 100% mobil ini diperkirakan dapat berjalan hingga 103 KM. Namun dengan filter regeneratif brakingnya mobil ini bisa melakukan charge otomatis saat melaju yang menghasilkan jarak tempuh sekitar 390 KM dalam sekali charge. Saat membeli Kona Electric 2021 Anda sudah mendapat charger portable untuk digunakan pada saat mobil berjalan. 

Kesimpulan dari Kona Electric Facelift 2021 yaitu mobil ini mempunyai value for money karena dengan kenaikan harga hampir mencapai 20 juta Anda bisa mendapat fitur safety yang mumpuni. 

>>> Mobil Listrik Hyundai Habis Daya? Bisa Ngecharge Gratis Di Sini

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top