Canggih! Cuma Isi Baterai 5 Menit, Hyundai IONIQ 5 Bisa Melaju 100 km

28/05/2021

Mobil baru

3 menit

Dengan pengisian daya 350 kW, hanya butuh 5 menit bagi Hyundai IONIQ 5 untuk bisa melaju hingga 100 Km dan 18 menit untuk isi ulang dari 10 hingga 80 persen.

Ekspansi Hyundai IONIQ 5 semakin meluas. Setelah sebelumnya diluncurkan di Korea dan Eropa, mobil listrik baterai (BEV) pertama Hyundai itu juga hadir di Amerika dengan sasaran para pembeli mobil pemula. Seremoni peluncuran dilakukan secara virtual pada Senin, 24 Mei 2021.

“IONIQ 5 memperkenalkan merek Hyundai kepada pembeli yang benar-benar baru,” kata José Muñoz, Presiden dan CEO, Hyundai Motor America dalam keterangannya.

Pengisian cepat

Ada banyak kelebihan ditawarkan. Selain desainnya yang futuristik dengan beragam teknologi canggih,  Hyundai IONIQ 5 dibekali daya jelajah yang tinggi serta sistem pengisian cepat. Pelanggan dapat mengawinkan baterai 77,4 kWh dengan dua tata letak motor listrik, All Wheel Drive (AWD) untuk motor listrik depan belakang dan 2 Wheel Drive (2WD) motor listrik di belakang. Dengan satu motor saja (2WD) mobil ini memiliki daya jangkau hingga 300 mil atau 482 Km dalam sekali pengisian.

>>> Hyundai Bangun Stasiun Pengisian Daya Baterai Secepat Pit Stop F1

Foto Hyundai IONIQ 5 sedang isi ulang daya baterai

Hyundai melengkapi IONIQ 5 dengan sistem pengisian cepat

Platform Electric Global Modular Platform (E-GMP) yang digunakan juga mendukung pengisian daya 400-V dan 800-V. Untuk waktu pengisian yang dibutuhkan sangat singkat. Dengan pengisi daya 350 kW, IONIQ 5 dapat mengisi daya dari 10 persen hingga 80 persen hanya dalam 18 menit. Bahkan jika pemilik tidak memiliki banyak waktu untuk menunggu, pemilik hanya perlu waktu 5 menit untuk isi ulang. Dan IONIQ 5 dapat melaju hingga sekitar 68 mil atau lebih dari 100 Km.

Untuk pengisian daya standar sebesar 10,9 kW, pengisian daya penuh membutuhkan waktu sekitar 6 jam dan 43 menit. So, bukan masalah karena pengisian standar bisa dilakukan di rumah saat kendaraan beristirahat di malam hari.

Vehicle to Load (V2L)

Kelebihan lain yang dimiliki IONIQ 5 yaitu fitur Vehicle to Load (V2L). Fitur ini memungkinkan pelanggan menggunakan baterai mobil untuk perangkat listrik eksternal. Bisa dipakai untuk mengisi ulang smartphone, laptop, sepeda listrik, hingga digunakan untuk kebutuhan listrik rumah tangga saat terjadi pemadaman. Pemilik tinggal mengaktifkan adaptor aksesoris yang tersedia dan mencocokkannya kabel ke perangkat.

>>> Mobil Listrik Bergaya Retro Hyundai Ioniq 5 Tawarkan Kabin Lapang

Foto pemilik menggunakan listrik mobil Hyundai IONIQ 5 untuk isi ulang laptop

Fitur V2L memungkinkan pemilik menggunakannya listrik kendaraan untuk perangkat lain

Secara Hyundai IONIQ 5 sangat menarik dan layak dimiliki. Namun demikian mobil ini sepertinya tidak akan masuk ke Indonesia dalam waktu dekat. Infrastruktur pengisian dan harga menjadi hambatan tersendiri sehingga minat masyarakat terhadap mobil listrik kurang ‘greget’.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan penjualan mobil-mobil listrik masih sangat rendah. Seperti Hyundai Kona EV, pada Januari-April 2021 baru terjual 185 unit, sedangkan IONIQ EV baru terjual 148 unit. Mobil-mobil listrik yang lain juga tak jauh berbeda, penjualannya di Indonesia masih kalah jauh dibanding mobil konvensional.

>>> Cari mobil bekas Hyundai, cek harganya di sini!

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top