Hyundai Custo Akan Mejeng Di China Dan Siap Melibas Kijang Innova

16/04/2021

Mobil baru

3 menit

Kijang Innova tak bisa lagi santai melenggang sendirian sebagai medium MPV di Indonesia, karena Hyundai Custo sudah muncul di China dan siap melibas...

Di Indonesia, pertarungan di kelas MPV medium tergolong biasa saja, karena saat ini hanya diisi oleh dua merek, yakni Toyota dengan Kijang Innova, dan Wuling yang mengandalkan Cortez CT. Isuzu Panther yang jadi musuh bebuyutan Kijang sejak tahun '90an telah disuntik mati. Praktis, Kijang mendominasi penjualan di kelas ini. Tapi, kini jagoan geng Astra tersebut tak bisa lagi santai, sebab Hyundai Custo yang jadi MPV medium telah muncul di China dan siap melibas.

Tawarkan Pintu Geser

Berbeda dengan rivalnya asal Jepang, Custo menawarkan sesuatu yang tidak dimiliki oleh Cortez maupun Innova yakni kepraktisan pintu geser. Dengan menggunakan format sliding door, penumpang yang duduk di belakang lebih dipermudah akses keluar dan masuknya. Apalagi pintu geser bisa disandingkan dengan fitur bukaan elektris yang makin menambah kemudahan tanpa melupakan sentuhan mewah.

Gambar Hyundai Custo 2021

Dimensi Hyundai Custo lebih besar dari Innova tapi lebih pendek

Dari luar memang dimensi mobil ini lebih panjang 215 mm dibanding Innova. Ia juga lebih lebar 20 mm namun lebih pendek 61 mm dari Kijang. Tetapi, wheelbase yang berada di angka 3.055 mm seakan menjamin keleluasaan kabin dari mobil ini. Meski berbodi MPV tetapi kesan tangguh tetap terpancar dari penggunaan body cladding di sekujur body yang membuat tampilannya kian terlihat gagah.

>>> Bocoran Harga MPV Mewah Hyundai Staria di Indonesia

Pilihan Mesin

Gambar detail Hyundai Custo

Beda detail trim di Hyundai Custo

Menurut media asal China CarNewsChina.com nantinya tidak akan ada pilihan varian EV (Electric Vehicle) maupun PHEV (Plug-in Hybrid Vehicle). Sebab, MPV medium yang melakukan debutnya di ajang Shanghai Auto Show akhir bulan April 2021 ini akan menggendong mesin 1.600 cc turbocharger dengan tenaga 170 HP, serta 2.000 cc turbocharger bertenaga 236 HP. Melihat kedua output tenaga dari Hyundai Custo tersebut, sepertinya tak akan kesulitan untuk diajak plesiran ke luar kota.

Masuk Indonesia?

Gambar tampilan belakang Hyundai Custo 2021

Hyundai Custo siap masuk Indonesia?

Seperti yang diketahui, PT Hyundai Motors Indonesia saat ini sedang giat membangun pabrik, "Saat ini pembangunan pabrik sudah 90% jalan sesuai rencana," ujar Makmur Tahir selaku Managing Director PT HMID kepada Cintamobil.com saat ditemui beberapa waktu lalu di bilangan Kelapa Gading, Jakarta Pusat. Namun Makmur menambahkan mengenai model baru apa saja yang nantinya akan dirakit di sana pihaknya belum dapat memberikan keterangan.

>>> Mau beli mobil Hyundai bekas? Cari beragam pilihannya di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top