Hyundai Casper, Si 'Hantu Baik Hati' Saingan Toyota Raize dan Rocky

22/07/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Rumor peluncuran Small SUV, Hyundai Casper penantang Toyota Raize dan Daihatsu Rocky ini tertangkap kamera melakukan pengetesan di jalan beberapa waktu lalu.

Nama Hyundai Casper ternyata tidak terinspirasi dari karakter hantu kecil baik hati yang sempat populer di era 90'an. Melainkan dari bahasa Aramaic yang berarti 'treasurer' atau bendahara dalam Bahasa Indonesia. Belum ada informasi mengenai pilihan nama Hyundai untuk sang Small SUV.

Mobil ini akan diluncurkan di Korea Selatan dalam waktu dekat. Kemungkinan, India sebagai salah satu negara penggemar segmen tersebut akan menyusul. Di Indonesia sendiri, segmen Small atau Micro SUV ini mulai dihiasi pendatang seperti Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Lebih Kecil dari Raize dan Rocky

Yang paling menarik dari mobil ini adalah ukurannya yang tergolong mini. Jika Anda berpikir bahwa Raize dan Rocky sudah cukup kecil sebagai Small SUV, Casper memiliki panjang 3.594 mm yang artinya lebih pendek dari kedua mobil lansiran grup Astra tersebut dengan panjang 4.030 mm.

Gambar Fascia Depan Hyundai Casper

Tampilan fascia depan Casper

>>> Kia Sportage Terbaru Meluncur, Begini Tampilannya

Dari berbagai spy shot Hyundai Casper yang beredar, terungkap sejumlah detail eksterior mobil ini. Fascia depan menawarkan cluster headlamp split dengan DRL LED berbentuk bulat, kap berbentuk clamshell, indikator belok LED seperti alis, gagang pintu belakang yang dipasang di pilar, lampu unik yang dipasang di bemper, dan sebagainya.

Secara internal, Casper diberi nama kode AX1, dan menggunakan platform K1 dari Hyundai. Rumornya, Hyundai Casper akan menjadi mobil paling terjangkau dari pabrikan asal Korea Selatan ini.

Gambar Fascia Belakang Hyundai Casper

Bagian belakang Casper

>>> Incar Toyota Raize 2021, Chery Siapkan SUV Khusus Indonesia

Menggunakan Mesin 1.200 cc

Mobil ini akan menggunakan mesin yang sama dengan Grand i10 Nios yaitu 4-silinder dengan kapasitas 1.200 cc. Mesin itu bisa menggelontorkan tenaga sebesar 83 HP dengan torsi 114 Nm.

Dengan mesin tersebut, Hyundai Casper akan bersaing ketat dengan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky dengan varian mesin 1,2 liter.

Gambar Mesin Grand i10 Nios

Mobil ini akan meminjam mesin Grand i10 Nios

Menariknya, Hyundai juga akan meluncurkan varian termurah dengan mesin 1.100 cc yang dipinjam dari Hyundai Santra dengan tenaga 68 HP dan torsi 95 Nm.

Hyundai memang tidak mengumumkan wilayah mana saja yang akan mendapatkan mobil ini, namun India dan Indonesia akan menjadi pasar yang cukup menjanjikan bagi Hyundai untuk menawarkan Small SUV ini.

>>> Harga Hyundai terbaru dan promo 2021 terbaik ada di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top