Hyundai Casper Resmi Diperkenalkan, Bakal Ada Versi Listrik Juga Nih?

02/09/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Hyundai resmi memperkenalkan Mini SUV terbaru mereka, Casper. Tak hanya varian mesin bensin, Hyundai Casper juga nampaknya akan hadir sebagai mobil listrik.

Hyundai Casper yang namanya persis dengan si hantu baik hati ini akhirnya resmi diperkenalkan. Meski punya makna nama yang berbeda, Mini SUV ini juga mengundang keriangan melalui ukurannya yang imut-imut serta fascia depan dengan grille dan lampu depan besar yang di luar proporsi bodinya.

Casper atau sebelumnya dikenal dengan kode AX1 ini akan diluncurkan pertama kali untuk pasar Korea Selatan dan India. Bahkan, konsumen yang tertarik sudah bisa melakukan pemesanan early bird melalui situs resmi Hyundai.

Tampil Imut Sesuai Dengan Target Marketnya

Gambar Hyundai Casper

Teaser dari Hyundai memperlihatkan dua grille yang berbeda

Melihat Hyundai Casper, tentu kami berasumsi bahwa target market mobil ini adalah anak muda. Mobil ini sukses memperlihatkan kesan imut tanpa menghapus nuansa tangguh khas SUV.

>>> Hyundai Casper, Si 'Hantu Baik Hati' Saingan Toyota Raize dan Rocky

Kesan tersebut hadir melalui lampu utama dengan desain membulat yang terlihat kartun. Namun, jika Anda beralih ke bagian samping, Hyundai Casper memiliki bentuk boxy dengan fender yang kekar.

Di bagian belakang, desain membulat itu kembali dengan pada fog lamp besar di bagian bumper serta lengkungan pintu bagasi. Sekilas, jika kami tak melihat bagian depan mobil mungkin kami akan berpikir bahwa mobil ini adalah bentuk facelift dari Suzuki Ignis. Memang ada beberapa elemen desain yang mengingatkan kami pada mobil itu.

Gambar Hyundai Casper

Tampilan samping boxy khas SUV tangguh

Kesan tangguh juga dihadirkan melalui bumper valance di depan dan belakang, over fender berwarna hitam di bagian samping mobil, dan roof rail di bagian atap.

Soal dimensi, Casper memiliki panjang 3.595 mm, lebar 1.595 mm, tinggi 1.575 mm, dan wheelbase 2.400 mm. Sayangnya kami belum melihat data mengenai ground clearance, meski kami cukup optimis bahwa mobil ini punya jarak dengan tanah yang cukup tinggi.

>>> Wuih! Hyundai Akan Perkenalkan Mobil Baru Berbahan Bakar Air

Akan Ada Varian EV?

Sejauh ini, memang Hyundai baru menyebutkan bahwa Casper akan mengusung dua varian, yaitu varian bermesin 1.000 cc MPI dan 1.000 cc turbocharged.

Tetapi saat kami melihat desain bumper kedua varian yang diperkenalkan, salah satunya menggunakan grille tertutup yang mengisyaratkan bahwa mobil tersebut menggunakan motor listrik.

Gambar Hyundai Casper fascia

Belajar dari Hyundai Kona Listrik, kami berasumsi bahwa Casper dengan grille tertutup akan ditenagai oleh motor listrik

Hal tersebut mempertimbangkan mobil-mobil Hyundai sebelumnya yang memiliki varian mesin bensin dan motor listrik (seperti Kona) dibedakan melalui penggunaan grille berdesain terbuka dan tertutup.

Hyundai Casper akan bersaing dengan beberapa Mini SUV yang sudah ada di pasaran seperti Suzuki Ignis yang kami sebutkan sebelumnya, Renault Kwid, atau bahkan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky yang memiliki dimensi sedikit lebih besar.

>>> Harga mobil Hyundai terbaru dan promo 2021 terbaik ada di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top