Hyundai Bayon 2021, Berbasis i20 dengan Tambahan Steroid

03/03/2021

Mobil baru

4 menit

Share this post:
Hyundai Bayon 2021, Berbasis i20 dengan Tambahan Steroid
Hyundai memperkenalkan Bayon, crossover baru untuk pasar Eropa sebagai alternatif dari Kona yang lebih mahal. Model ini mengambil basis i20 generasi terbaru, dan akan launching pertengahan 2021.

Menyusul i20 generasi ketiga yang diperkenalkan tahun lalu, Hyundai merilis versi crossover yang diberi nama Bayon. Adapun mobil ini mengambil basis i20 gen terbaru dan dikhususkan untuk pasar Eropa.

Tampilan depan Hyundai Bayon 2021

Berbeda dari prediksi awal, Bayon memiliki dimensi yang tidak berbeda jauh dibanding Kona

Ketimbang meluncurkan Venue yang hadir di Amerika Utara dan pasar lainnya, Hyundai mengembangkan crossover B-Segment baru dari i20 generasi terbaru sebagai alternatif Kona di Eropa.

>>> Mobil Listrik Bergaya Retro Hyundai Ioniq 5 Tawarkan Kabin Lapang

Hyundai i20 dengan eksterior lebih garang

Tapi berbeda dari rumor yang beredar sebelum peluncuran, dimensi Hyundai Bayon 2021 ternyata tidak lebih kecil dibandingkan Kona di mana keduanya memiliki footprint yang sama. Dengan panjang 4,18 m, lebar 1,77 m, dan tinggi 1,49 m, hanya sedikit lebih pendek dari Kona, yakni 3 cm, namun lebih lebar dan sedikit lebih rendah.

Bagasi Hyundai Bayon 2021

Secara dimensi bagasi, Bayon lebih unggul ketimbang Kona

Dengan wheelbase sepanjang 2,58 meter, Hyundai Bayon 2021 memiliki kargo 411 liter atau 1.205 liter setelah kursi belakang dilipat, ini lebih besar dibanding Hyundai Kona.

Secara desain, Hyundai Bayon dibuat lebih nyentrik ketimbang i20. Hal ini terlihat dari lampu depan model split yang sama seperti Tucson, garis body yang lebih agresif, dan lampu belakang LED berbentuk boomerang di belakang, jauh sekali dari kata konvensional.

>>> Recall Hyundai Kona Electric Jadi yang Termahal Sepanjang Sejarah

Interior dan powertrain sama seperti i20

Berbeda dari eksterior, bagian kabin Hyundai Bayon 2021 terlihat sangat identic dengan i20. Desain dashboardnya sama persis, dengan sepasang layar 10,25 inci yang berperan sebagai instrument cluster dan infotainment dengan Android Auto dan Apple CarPlay. Begitu juga desain kisi-kisi AC yang memanjang di dasbor, serta persnelingnya.

Layout Dasbor Hyundai Bayon 2021

Layout kabinnya sama persis seperi i20 generasi terbaru

Hal serupa juga terjadi di balik kap mesin, di mana Hyundai Bayon 2021 juga mendapat lungsuran mesin i20. Ada tiga pilihan, mulai dari 1.2L NA yang menghasilkan 84 HP yang dialirkan ke roda depan via girboks manual 5-speed.

Selain itu, hadir juga pilihan mesin 1.0L turbo yang menghasilkan 100 HP dengan pilihan girboks manual 6-percepatan atau otomatis dual-clutch 7-speed sebagai opsional. Selain itu, Hyundai juga menyematkan versi mild-hybrid, yang mana mesin 1.0L turbo yang dipadukan dengan ISG generator menambah tenaga mesin jadi 120 HP.

Tampilan belakang Hyundai Bayon 2021

Bayon baru akan dijual pada pertengahan 2021 dengan harga lebih murah dari Kona

Hyundai belum mengumumkan kapan Bayon akan mulai dijual, kemungkinan pada pertengahan 2021. Soal harga, diprediksi Crossover satu ini akan dihargai £19.000 (setara Rp 378 juta), yang berada di antara Hyundai i20 dan Kona.

>>> Berita otomotif terbaru bisa Anda temukan di Cintamobil.com

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top