Hyundai Aura, Sedan Kompak Terbaru Siap Diperkenalkan di India

24/12/2019

Mobil baru

4 menit

Hyundai Aura, Sedan Kompak Terbaru Siap Diperkenalkan di India
Meski baru akan diluncurkan pada Januari 2020 mendatang, namun sosok Hyundai Aura sudah siap menebar ancaman di segmen sedan kompak sub 4 meter di India.

Pasar sedan kompak dengan harga terjangkau memang cukup menjanjikan di India. Hyundai misalnya, baru-baru ini memperkenalkan sedan kompak terbaru mereka yang dinamakan Aura. Kehadiran Hyundai Aura ini merupakan generasi penerus bagi Xcent dengan tetap menggunakan platform Grand i10 Nios. Menurut media lokal, Hyundai Xcent tetap hadir untuk pasar fleet. 

>>> 20 Unit Hyundai Ioniq Akan Tersedia untuk Customer Grab Awal 2020

Foto Hyundai Aura untuk pasar India

Meski kompak dan terjangkau, Hyundai Aura memiliki desain atraktif dengan fitur sangat lengkap

Hyundai Aura menyasar pasar sedang kompak dengan dimensi panjang yang tak lebih dari 4 meter demi menyiasati pajak yang lebih terjangkau di India. Untuk lebih detailnya, sang Aura hadir dengan panjang 3,995 meter dengan lebar 1,680 meter dan tinggi 1,520 meter. Wheelbase-nya sendiri berada di angka 2,450 meter. Meski kompak, Aura memiliki volume bagasi yang cukup memadai, yakni 402 meter. 

>>> Hyundai Dipastikan Akan Bangun Pabrik Mobil Di Cikarang

Foto Hyundai Aura tampak belakang

Hyundai Aura berbagai platform dengan Grand i10 Nios

Dari tampilan, Aura memang memiliki kemiripan dengan saudaranya, Grand i10 Nios, yakni dengan mengaplikasi grill berukuran besar, lampu depan yang menyudut tajam pada sisi bagian dalam plus menggunakan lampu DRL LED dengan desain ala ‘twin boomerang’. Bahasa desain Aura memang sangat dipengaruhi dengan desain Hyundai Sonata 2020. Sementara pada bagian belakang, tampilannya sangat didominasi garis tajam, terutama pada lampu belakang dan desain bumper yang dipadu dengan side splitter tipis. Desain velgnya pun sangat atraktif dengan memadukan desain palang yang tipis dan tajam sehingga sepintas menyiratkan desain tak beraturan.

>>> Review Hyundai Grand i10 NIOS 2019: Kasta Tertinggi City Car Hyundai

Di balik kap mesin, Hyundai Aura dibekali dengan mesin kompak berteknologi terkini. Pilihan pertama adalah mesin Kappa 1.200 cc dengan Dual VVT bertenaga 83 hp dan torsi 114 Nm. Pilihan mesin paling bertenaga adalah berkapasitas 1.000 cc namun disokong turbocharger, sehingga mampu menghasilkan tenaga sebesar 100 hp dan torsi sebesar 172 Nm. Selain kedua mesin bensin tersebut, pabrikan asal Korea Selatan ini juga menghadirkan mesin diesel 1.200 cc bertenaga 72 hp dan torsi sebesar 190 Nm. Untuk transmisinya, tersedia manual 5 percepatan dan Automated Manual Transmission (AMT) . Namun menurut Paultan.org, untuk versi mesin 1.000 cc turbo hanya akan dipasangkan transmisi manual 5 percepatan.

Foto velg Hyundai Aura

Velg 14 inci bawaan Hyundai Aura memiliki desain yang sangat atraktif

Namun sayang, Hyundai belum merilis tampilan interior dari Aura. Namun dikabarkan akan mendapatkan fitur infotainment sangat lengkap di kelasnya, seperti rear view monitor, wireless charger, panel dasboard digital 5 inci, head unit layar sentuh 8 inci dan tersedia konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto serta sistem audio dari Arkamys. Setelah diluncurkan secara resmi pada 20 Januari 2020 mendatang di India, Hyundai Aura akan berkompetisi dengan Maruti Dzire, Honda Amaze, Ford Aspire dan Tata Tigor.

>>> Temukan mobil pilihan terbaik kami di sini

>>> Kumpulan berita otomotif terkini lainnya di Cintamobil.com

 
back to top