Hyundai Alcazar 2021 Siap Dirilis, Calon Penantang Toyota Rush Cs?

24/03/2021

Mobil baru

2 menit

Share this post:
Hyundai Alcazar 2021 Siap Dirilis, Calon Penantang Toyota Rush Cs?
Dipasarkan untuk negara berkembang, model baru Hyundai Alcazar 2021 diprediksi menjadi pesaing yang tepat untuk segmen SUV kompak 7-seater, semisal Toyota Rush.

Sepertinya tak ada kata cukup bagi Hyundai kalau sudah menyangkut SUV. Pasalnya setelah memperkenalkan Hyundai Ioniq 5 beberapa waktu lalu, pabrikan asal Korea Selatan ini menggoda dengan merilis tampilan anyar dari SUV Hyundai Alcazar yang diprediksi menjadi andalan terbaru Hyundai untuk pasar negara berkembang.

SUV 7-seater

Hyundai Alcazar yang siap dirilis di India merupakan versi tiga baris dari Hyundai Creta. Hyundai menyebutkan mobil ini siap dipasarkan ke negara berkembang, apakah akan masuk ke Indonesia? Jika benar mobil ini dibawa ke Tanah Air, maka Alcazar bisa menjadi penantang yang siap menggempur Toyota Rush dan kawan-kawan.

sketsa Hyundai Alcazar SUV 7-seater layaknya Toyota Rush
Konfigurasi 7-seater Alcazar bisa menjadi penantang Toyota Rush

>>> Merasakan Kedinamisan Mobil Listrik Hyundai Langsung di Sirkuit

Terlihat dari sketsa yang dirilis Hyundai, akomodasi baris ketiga mampu menampung hingga tiga orang penumpang. Kursi individu di baris kedua menawarkan tampilan captain seat, memberikan kenyamanan yang lebih maksimal bagi penumpang tengah. Lengkap dengan cup holder sebagai teman perjalanan jarak jauh.

Bagian luarnya tak jauh berbeda dibandingkan Creta, termasuk grille depan yang lebar dan headlamp dengan lampu DRL LED yang menghiasi fasia depan. Ubahan yang lebih baru terlihat pada bagian belakang. Menawarkan pola lampu berbentuk C dan lampu rem ketiga dipasang pada bagian tengah spoiler yang terintegrasi dengan pintu belakang.

>>> Toyota Rush Facelift Siap Dijual di India, Begini Tampangnya

Ada pilihan mesin turbo

Sayangnya mobil ini tak mendapatkan mesin baru. Hyundai Alcazar diprediksi masih akan menggendong mesin bensin 1.5L naturally aspirated yang dipasang sebagai model entry level. Bertenaga 115 PS dengan torsi 144 Nm, memberikan tenaga yang lebih besar dibandingkan mesin 1.5L milik Toyota Rush dengan keluaran 104 PS dan torsi 136 Nm.

desain Hyundai Alcazar berbentuk siluet dari Hyundai
Alcazar mengambil sebagian besar desain Creta, termasuk mesin

Tapi Alcazar masih membawa mesin 1.4L turbocharged yang mampu menghasilkan tenaga 140 PS dan torsi 242 Nm. Tak ketinggalan mesin diesel 1.5L yang mampu menghasilkan tenaga 115 PS dan torsi 221 Nm, atau 250 Nm tergantung pilihan transmisi yang digunakan. Hyundai menawarkan pilihan transmisi manual dan otomatis 6-percepatan, CVT otomatis, serta kopling ganda 7-percepatan untuk varian yang lebih tinggi.

Hyundai Alcazar 2021 akan meluncur 6 April sebelum dipasarkan di India akhir tahun ini. Bergabung dengan SUV listrik kompak Hyundai Ioniq 5 dan Hyundai Bayon yang diposisikan di bawah Hyundai Kona. Dengan semua amunisi baru, menarik untuk dilihat model apa yang bakal masuk ke Indonesia nantinya.

>>> Harga Toyota Rush 2021 : Harga Mobil Rush OTR & Promosi

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top