Hongqi H9, Cara China Ciptakan Rival Luxury Sedan Eropa

21/01/2020

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Hongqi H9, Cara China Ciptakan Rival Luxury Sedan Eropa
FAW Group merilis Hongqi H9, yang diposisikan sebagai Luxury Sedan untuk pebisnis sukses di China sekaligus mengalahkan rival-rivalnya dari brand Eropa

Nama Hongqi mungkin terasa asing di telinga petrolhead di seluruh dunia. Tapi kalau di China, nama Hongqi termasuk brand mobil paling sakral dan agung. Ya, Hongqi yang berada di bawah naungan FAW Group ini sudah berdiri sejak 1958, dan pada masanya pemilik mobil Hongqi adalah para pejabat tinggi di negara China.

Hongqi 2015

Hongqi merupakan brand mobil China termewah sejak 1958

>>> Ada banyak pilihan mobil untuk Anda di sini

Seiring berkembangnya perekonomian negeri China, brand Hongqi yang selama ini menjadi mobil khusus kalangan petinggi China mulai bisa dinikmati masyarakat umum sejak tahun 2014. Adapun dominasi konsumen Hongqi didominasi oleh kalangan konglomerat dan pebisnis sukses di negara tersebut.

Salah satu segmen mobil yang memiliki minat besar di negara tersebut ialah luxury sedan. Kebanyakan model yang diminati adalah Mercedes-Benz S-Class, BMW 7 Series, dan Audi A8. Tapi Hongqi sendiri memiliki model sendiri yang dipasarkan di segmen tersebut, yakni Hongqi H9 yang lahir di awal 2020 ini.

Foto Hongqi H9 2020

Penampilan debut Hongqi H9 di China pada awal 2020 

>>> Baojun 530 Dapatkan Facelift, Bagaimana Dengan Wuling Almaz?

Hongqi H9 lahir sebagai bentuk kontuinitas dari Hongqi H7 yang menggunakan basis Toyota Crown Majesta. Hongqi H9 dirancang oleh Ding Yangfeng dan Jul Taylor (mantan desainer Rolls-Royce) yang memimpin proses R&D dan desain mobil ini sejak tahun 2017. 

Foto Hongqi H9 dari eksterior samping 2020

Hongqi H9 dari sisi samping dengan warna two-tone 

>>> App Cintamobil: Aplikasi Jual Beli Mobil dengan Satu Sentuhan

Secara garis besar, Hongqi H9 memiliki desain ultra mewah dengan pemilihan warna two-tone dengan sentuhan aksen chrome di berbagai area eksterior. Hongqi mengadopsi handle pintu slide-out yang akan keluar dari bodi mobil saat kunci mobil terbuka. 

Foto Hongqi H9 dari interior 2020

Desain interior Hongqi H9 yang memadukan unsur premium dan teknologi mutakhir

>>> Review Wuling Hongguang Plus 2019: Confero Berbodi Kotak Bermesin Turbo​​​​​​​

Sedangkan dari sisi interior, ia dibalut kemewahan tertinggi yang bisa diberikan oleh brand mobil asal China tersebut. Sebut saja di area dashboard yang menggunakan kulit dan kayu berkualitas tinggi, layar infotainment dan instrument cluster yang bersifat digital, serta setir yang memiliki tombol kontrol audio bersifat touch-based. 

Foto Hongqi H9 dari sisi jok belakang 2020

Desain interior Hongqi H9 yang memadukan unsur premium dan teknologi mutakhir

>>> Ini Empat Rekomendasi SUV Berkemampuan Menerjang Banjir

Khusus untuk penumpang belakang, Hongqi menghadirkan jok belakang yang dapat disesuaikan secara individual dengan bantuan tombol elektrik, dan memiliki fitur pemanas jok dan ventilasi jok. Di luar hal tersebut, di dalam kabin luxury sedan China ini terdapat panoramic sunroof, dan rear-seat infotainment screens, serta opsi jok belakang model standar mobil sedan pada umumnya.

Foto Hongqi H9 2020 dari sisi mesin

Mesin Hongqi H9 tersedia dalam versi V4 dan V6

Hongqi H9 menyediakan pilihan mesin 2.0 liter V4 Turbocharged (252 hp/380 Nm), dan 3.0 liter V6 Turbocharged (272 hp/400 Nm). Masing-masing mesin akan menggunakan dual-clutch transmission dan tenaga disalurkan ke roda belakang. Dan untuk menghadirkan kenyamanan berkendara secara maksimal, Hongqi menggunakan air-cushioned suspension dan dibekali fitur berkendara canggih seperti adaptive cruise control dengan lane departure assistant. 

FAW Group akan mendistribusikan Hongqi H9 di seluruh China per musim panas 2020. FAW Group juga menyiapkan roadmap khusus untuk Hongqi, dimana pusat R&D ditempatkan di Silicon Valley (USA) dan Munich (Jerman). Line-up Hongqi akan semakin diperlebar dengan empat tipe utama (L, S, H dan Q), dengan 21 varian diluncurkan dan 18 diantaranya bermesin hybrid atau elektrik. Diperkirakan tahun 2022, Hongqi akan memenuhi target produksi 400 ribu unit/tahun, dan 2030 ditargetkan 1 juta unit Hongqi akan diproduksi dan bisa dinikmati konsumen premium di negara China. 

>> App Cintamobil: Aplikasi Jual Beli Mobil dengan Satu Sentuhan

Share this post:

Berita lain

Didominasi Pasar China, Penjualan Mobil Listrik Global Diperkirakan Mencapai 2,5 Juta Unit Tahun Ini

15/01/2020

Pasar mobil

3 menit

Tahun 2020, penjualan mobil listrik di seluruh dunia diprediksi mencapai 2,5 juta unit mobil baru, atau meningkat sekitar 20 persen dari tahun sebelumnya.

Lihat juga

Ekspor Mobil Meningkat Pesat, Ini Kontribusi Merek China!

13/01/2020

Pasar mobil

3 menit

Perlahan dan pasti mobil merek China mengisi pasar ekspor. Jumlah belum sebanyak merek Jepang yang telah puluhan tahun ekspor. Lalu berapa yang sudah dikirim?

Lihat juga

Selain Wuling dan DFSK, Pabrikan China Ini Siapkan Kendaraan Listrik Untuk Pasar Indonesia

14/05/2019

Pasar mobil

4 menit

Meski belum resmi diterbitkan regulasi kendaraan listrik oleh pemerintah, produsen otomotif China BYD sudah bersiap terjun di pasar mobil listrik di Indonesia menghadirkan berbagai model.

Lihat juga

Hampir Terancam, Ini Kenyataan Pahit Industri Mobil Listrik China

21/06/2019

Pasar mobil

5 menit

Pemerintah Beijing baru-baru ini mengeluarkan kebijakan, supaya kendaraan energi terbarukan bisa mendapat seperlima porsi penjualan mobil di tahun 2025. Latar belakang tersebut akhirnya menciptakan banyak perusahaan Startup baru di bidang Electric Vehicles (EV). Alhasil, terjadi kompetisi ketat antar Startup lokal China dan juga persaingan langsung menghadapi perusahaan otomotif global seperti Tesla.

Lihat juga