Honda ZR-V Siap Hadang Daihatsu Rocky dan Toyota Raize

07/05/2020

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Honda ZR-V Siap Hadang Daihatsu Rocky dan Toyota Raize
Pasar persaingan SUV kompak berdimensi mungil akan makin seru, karena SUV baru Honda bernama Honda ZR-V siap menghadang Daihatsu Rocky dan Toyota Raize

Pasar persaingan Sport Utility Vehicle (SUV) kompak dengan dimensi di bawah 4 meter akan semakin seru. Sebab, menurut laporan media India yang juga rekan satu grup kami di Asia Tenggara yakni IndianAutosBlog (IAB) melansir bahwa Honda sedang giat menyiapkan pesaing baru untuk kelas SUV mungil yakni Honda ZR-V. SUV baru ini nantinya siap menghadang Daihatsu Rocky, Toyota Raize, Suzuki Vitara Brezza, dan Hyundai Vanue.

Gambar menunjukkan paten nama Honda ZR-V

Dokumen yang menunjukkan nama Honda ZR-V didaftarkan

Mengambil nomenklatur ZR-V yang berarti generasi Z, atau dengan kata lain SUV kompak ini memang disiapkan untuk menggaet konsumen millenial. Maklum, semakin kesini umur pembeli mobil jadi semakin muda. Dari dokumen yang dihimpun oleh IAB, Honda secara resmi sudah mendaftarkan paten nama untuk Honda ZR-V tepat pada tanggal 17 April 2020. 

Gambar menunjukkan Honda Amaze

ZR-V akan menggunakan basis Honda Amaze

Tren SUV dan crossover yang permintaanya masih meningkat membuat Honda ingin ikut ambil bagian.Honda sendiri sebenarnya sudah mempunyai crossover berbasis Honda Jazz yang bernama Honda WR-V. Namun disinyalir Honda Motor Corp menilai model tersebut belum tentu cocok untuk semua negara, maka pabrikan asal negeri matahari terbit ini merancang Honda ZR-V.

Gambar menunjukkan transmisi CVT Honda Amaze

Honda Amaze merupakan satu-satunya sedan kompak asal Jepang yang pakai CVT dan mesin diesel

Menurut IAB, SUV kecil ini akan menggunakan platform dari sedan kecil Honda yang dipasarkan di beberapa negara yakni Honda Amaze. Honda Amaze merupakan sedan kecil yang berbasis dari Honda Brio. Sedan kompak ini kaya akan teknologi dan terobosan. Sebab, ia merupakan satu-satunya sedan mini buatan Jepang yang telah dilengkapi dengan mesin diesel turbocharger berkapasitas kecil dengan transmisi otomatis CVT.

MESIN APA YANG AKAN DIGUNAKAN?

Gambar menunjukkan mesin P10A2 Honda

Semoga jantung pacu P10A2 melengkapi Honda ZR-V ketika dijual

Mesin yang digunakan ZR-V sendiri memang belum jelas, apakah akan menggunakan mesin berkode L15A dengan kubikasi 1.496 cc atau 'naik kelas' ke P10A2 berkapasitas 1.000 cc dengan turbo. Tapi, kami berharap sekali, yang dipasang di balik kap mesin Honda ZR-V ini adalah mesin P10A2 dengan 3-silinder 1.000 cc i-VTEC DOHC bertenaga 122 Hp pada 5.500 rpm dan torsi 173 Nm pada rentang putaran mesin  2.000 hingga 4.500 rpm. 

TANGGAPAN HONDA INDONESIA

Sampai berita ini diturunkan Honda Indonesia masih enggan membeberkan mengenai model terbaru ini khususnya terkait dengan penjualannya di Indonesia.

"Untuk new model belum bisa dipastikan kapan waktunya. Kami selalu melihat kondisi pasar," ujar Yusak Billy, selaku Businnes Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor ketika ditanya oleh Tim Cintamobil.com mengenai rumor ini.

Ada indikasi Honda Indonesia saat ini sedang giat melakukan study untuk All New City dan All New Jazz.

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Desain All New Honda City Hatchback Alias All New Jazz Beredar, Honda Indonesia Tanggapi Positif

21/02/2020

Mobil baru

3 menit

Baru-baru ini beredar desain rendering wujud baru dari All New Honda City Hatchback alias All New Honda Jazz, ternyata Honda Indonesia merespon positif

Lihat juga

Tertarik Honda Jazz Bekas? Coba Lirik Honda Jazz VTEC Gen 1, Harganya Udah Murah Lho!

20/02/2020

Jual beli

5 menit

Anda tertarik membeli mobil Honda Jazz Bekas? Coba pertimbangkan Honda Jazz VTEC bekas generasi pertama yang harga bekasnya juga sudah murah, Perhatikan hal ini

Lihat juga

Adu Kuat Mesin 1.000 cc Turbo Daihatsu Rocky vs All New Honda City / Jazz

11/12/2019

Mobil baru

3 menit

Kali ini tim Cintamobil.com akan melakukan komparasi teknik mengenai mesin 1.000 cc Turbo Daihatsu Rocky vs All New Honda City / Jazz. Mana mesin yang terbaik?

Lihat juga

Bedah Teknologi Mesin P10A2 Di All New Honda City & All New Honda Jazz

05/12/2019

Mobil baru

5 menit

Dua jagoan Honda ini menggunakan senjata baru di balik kap mesin mereka, yakni mesin ringkas dilengkapi turbo dengan kode P10A2. Kami dari tim Cintamobil.com akan membedah teknologi mesin P10A2 di All New Honda City & All New Honda Jazz. Karena, kedua mobil ini sedang distudi untuk segera masuk ke pasar mobil tanah air...

Lihat juga

Mengenal Fitur Ultra Seat All New Honda Jazz 2020, Fitur Andalan Honda Jazz Dari Dulu Hingga Sekarang

30/10/2019

Perawatan dan service

3 menit

Kepraktisan seakan jadi nilai jual utama Honda Jazz dari para rivalnya. Tahukah Anda jika fitur ultra seat pada All New Honda Jazz 2020 ini bahkan sebenarnya sudah ada di Honda Jazz generasi pertama? Mari kita mengenal lebih jauh fitur ini.

Lihat juga
 
back to top