Honda BR-V Bakal Ada Versi Hybrid?

23/09/2021

Mobil baru

4 menit

Share this post:
Honda BR-V Bakal Ada Versi Hybrid?
PT Honda Prospect Motor meluncurkan All New BR-V pada Selasa (21/9) lalu. Banyak yang berspekulasi bahwa Honda BR-V akan dibekali dengan mesin hybrid, benarkah?

Jika dibandingkan dengan merek mobil lainnya, Honda tergolong lamban dalam mendorong elektrifikasi jajaran produknya di Tanah Air. Toyota, meski belum meluncurkan mobil listrik murninya, sudah memasarkan mobil hybrid mereka dari tahun 2009.

Pertanyaan mengenai elektrifikasi Honda pun mulai bermunculan, apakah mereka akan meluncurkan mobil listrik dalam waktu dekat? Atau justru Honda akan memperkenalkan teknologi mesin hybrid ke line up mereka saat ini?

Tentu, jika ingin memimpin dalam hal teknologi di segmen paling 'panas' saat ini, Honda BR-V bisa jadi kandidat yang cukup kuat.

Gambar Mesin BR-V

Honda BR-V mengusung mesin 1.500 cc baru, bagaimana kalau menggunakan mesin hybrid?

>>> Ada Mobil Baru Honda Lain Dibalik Peluncuran All New BR-V, Apa Ya?

Kemungkinan Honda BR-V Hybrid

Ini sempat menjadi spekulasi pada acara peluncuran Honda BR-V terbaru yang dilakukan secara virtual beberapa hari yang lalu. Beberapa awak media juga sempat menanyakan langsung mengenai kemungkinan adanya varian hybrid pada Low SUV 7 penumpang tersebut.

Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales PT Honda Prospect Motor (HPM) mengungkapkan bahwa mereka masih terus melakukan riset dan studi terhadap penggunaan mesin hybrid. Namun, Low SUV mereka yang baru saja diluncurkan nampaknya masih belum menggunakan teknologi itu dalam waktu dekat.

"Kita sedang melakukan studi, apakah akan dipakai kami belum bisa jawab saat ini. Untuk kondisi BR-V yang sekarang, tidak ada rencana untuk diaplikasikan ke hybrid," ujar Billy.

Gambar BR-V Prestige

HPM belum ada rencana menyematkan emblem hybrid pada mobil ini, tapi tak menutup kemungkinan

Meski begitu, HPM tidak menutup kemungkinan bahwa hal tersebut dapat terjadi di masa yang akan datang. Seperti yang diungkapkan oleh Ferdianto Budiono, Product Strategy Manager HPM.

"Untuk hybrid belum ada tapi tidak menutup kemungkinan. Di mana ada permintaan tentu akan berusaha kita akan menciptakannya," tuturnya.

>>> Honda Lakukan Uji Coba Mobil Tanpa Sopir

Kandidat Lain Mobil Elektrifikasi Honda

Kalau Honda BR-V belum pasti bermesin hybrid dalam waktu dekat, lalu model mana yang menjadi kandidat perkenalan elektrifikasi dari Honda?

Sebelumnya, Honda e sempat dirumorkan menjadi mobil listrik pertama mereka di Indonesia. Apalagi, Honda telah mematenkan nama dan desain mobil tersebut ke pangkalan data kekayaan intelektual Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Republik Indonesia.

Gambar Honda e

Apakah Honda e jadi mobil listrik pertama yang diperkenalkan HPM?

Tetapi, HPM langsung buru-buru menepis rumor tersebut melalui unggahan Yulian Karfili, Public Relations HPM pada Facebook pribadinya.

"Pendaftaran hak paten memang lazim dilakukan sebuah brand untuk melindungi hak cipta teknologi dan desain. Jadi ini sama sekali tidak terkait dengan rencana peluncuran suatu model. Anyway, pendaftaran ini sudah dilakukan sejak 2019, so nothing new anyway. But again, thank you. We hear your excitement!" ujarnya.

Honda Automobile (Thailand) Co., Ltd. baru-baru ini Honda Accord e:HEV 2021 yang tampil semakin mewah dan menghadirkan teknologi mesin hybrid dan fitur Honda Sensing. Mobil ini juga bisa menjadi kandidat bagi HPM jika mempertimbangkan mobil-mobil hybrid di Indonesia saat ini masih berada di kelas premium.

Saat ini kandidat mobil elektrifikasi Honda nampaknya akan tetap menjadi teka-teki, HPM sendiri menyatakan bahwa mereka akan memperkenalkan produk dan teknologi baru di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.

"Kami tetap melihat GIIAS menjadi ajang yang tepat untuk memperkenalkan mobil atau teknologi terbaru, jadi kami pasti meluncurkan produk baru di GIIAS," ucap Yusak Billy di acara peluncuran All New BR-V.

>>> Mobil listrik Honda e Sudah Terdaftar, Kapan Dijual di Indonesia? 

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com. Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas
 
back to top