Honda Siapkan Varian Type R dari Honda E? Bisa Jadi

22/01/2020

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Honda Siapkan Varian Type R dari Honda E? Bisa Jadi
Honda E akan mulai dijual tahun ini, sekaligus menandai langkah awal Honda menuju elektrifikasi. Yang menarik, platform yang digunakan mobil tersebut memungkinkan lahirnya Honda E Type R. Apakah Honda akan menghadirkan varian performa dari mobil listrik pertamanya?

Honda E akan mulai dijual mulai musim panas ini, diawali dengan Pasar Eropa. Dan menurut isu yang beredar, ada kemungkinan Honda E Type R akan masuk dalam line-up Honda E di masa depan.

>>> Sedang jadi tren, Honda justru skeptis dengan elektrifikasi. Kenapa?

“Platform baru ini, motor dan bannya, dapat menangani performa lebih. Yang bisa saya katakan adalah kami semua mencintai Type R, itu adalah brand spesial yang sangat kuat bagi kami. Sebagai seorang insinyur, kami ingin membuat Type R dari semua model, namun yang paling penting apakah model tersebut diinginkan pasar atau tidak,” ujar co-Leader Large Project Honda, Takahiro Shinya kepada Top Gear.

Prototype Honda E 2020 yang sudah siap diproduksi

Honda mengklaim performa Honda E masih bisa ditingkatkan lagi

Pernyataan tersebut seolah berlawanan dengan klaim awal pemimpin projek Honda E, Kohei Hitomi, yang menegaskan tidak akan ada Type R dalam line-up Honda E. “Untuk beberapa segmen, mungkin bisa jadi pilihan tepat dan Type R adalah cara untuk mengekspresikan kapabilitas Honda sebagai brand mobil kencang. Namun untuk Honda E, kami ingin menghadirkan dimensi baru untuk pelanggan kami,” ujarnya tahun lalu.

>>> Temukan berbagai pilihan mobil berkualitas di sini

Meski kehadiran Honda E Type R masih sebatas isu, namun performa mobil listrik pertama Honda itu tidak bisa dianggap remeh. Hadir sebagai mobil penggerak roda belakang, Honda E memiliki dua pilihan tenaga, 136 HP dan 154 HP dengan torsi 315 Nm. Memakai baterai berkapasitas 35,5 kWh, mobil dapat menempuh jarak 220 km untuk satu kali pengisian penuh.

Interior Honda E yang akan dipasarkan musim panas 2020

Layout interior Honda E mengedepankan unsur retrofuturistik

>>> Berita seputar mobil terbaru bisa Anda lihat di sini

Masuk ke dalam, aura retrofuturistik Honda E terlihat dengan lima layar yang membentang di sepanjang dashboard, dengan layar bagian luar jadi output dari kamera samping yang berperan sebagai kaca spion. Layar sebesar 8,8 inci diletakkan tepat di depan pengemudi sebagai MID, dan dua layar berukuran 12,3 inci di tengah sebagai pusat hiburan dan informasi mobil. Yang menarik, layout dashboard justru terlihat sederhana dan simpel, yang memberikan kesan retro layaknya mobil-mobil tahun 70-80an.

Harga Honda E dimulai dari €33.470 (setara Rp 507 juta) di Jerman sebelum dipotong insentif. Sementara itu, varian dengan tenaga 154 HP dibanderol €36.470 (setara Rp 552 juta) yang juga dilengkapi dengan pemanas kursi, setir, dan parking assist.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap ada di Cintamobil.com

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Honda Civic 2020 Diperkenalkan di Tokyo Auto Salon

10/01/2020

Mobil baru

4 menit

Mengawali tahun, Honda melakukan pembaruan terhadap line-up Honda Civic 2020 dengan membawa tiga varian sedan ikonik tersebut ke ajang Tokyo Auto Salon. Seperti apa detailnya? Simak berita berikut ini.

Lihat juga

Honda Temukan Cara Berkendara Baru Lewat Konsep Augmented Driving

09/01/2020

Pengemudian

3 menit

Di tengah masifnya perekmbangan teknologi kendaraan otonom, Honda menciptakan konsep Augmented Driving yang menghadirkan cara berkendara baru. Seperti apa?

Lihat juga

Baleno Facelift Meluncur, HPM Pertimbangkan Bawa Honda Jazz Terbaru

23/12/2019

Mobil baru

3 menit

Merespon kehadiran Suzuki Baleno facelift yang lebih menggugah, Honda Prospect Motor (HPM) mempelajari kemungkinan Honda Jazz terbaru dibawa ke Indonesia.

Lihat juga

Gabungan Desain Klasik dan Teknologi Futuristik: 5 Layar pada Dasbor Honda E

29/07/2019

Mobil baru

4 menit

Honda akhirnya meluncurkan penampakan dasbor Honda E dengan tampilan yang futuristik dan dipenuhi layar. Selain dua layar di tengah, ada tiga layar tambahan yang dibagi untuk menampilkan kluster instrument serta spion berbasis kamera.

Lihat juga

Honda Ungkap Sasis ‘Skateboard’ dan Teknologi Baru Honda e

19/06/2019

Mobil baru

2 menit

Setelah mengungkapkan model produks kendaraan listrik di Jenewa awal tahun ini, Honda telah mengumumkan beberapa spesifikasi awal Honda e, termasuk sasis ‘skateboard’ dan beberapa teknologi teranyar dalam mobil mungil ini.

Lihat juga