Honda Segarkan Odyssey 2020, Geser Pintu Bisa Pakai Gesture Control

09/09/2020

Mobil baru

4 menit

Share this post:
Honda Segarkan Odyssey 2020, Geser Pintu Bisa Pakai Gesture Control
Tiga tahun setelah facelift pertama, Honda kembali menyegarkan line-up Odyssey untuk tahun 2020. Diluncurkan musim gugur ini di Jepang, MPV bongsor ini hadir dengan pintu geser otomatis dan powertrain e:HEV.

Jelang peluncuran di Jepang di musim gugur mendatang, Honda memberi detail terkait fitur yang ada di Odyssey 2020, yang menjadi facelift kedua dari generasi kelima MPV besar itu, sebelumnya tahun 2007.

Patut dicatat, Honda Odyssey 2020 yang kita bahas di sini adalah model untuk pasar Jepang, yang jadi basis di Indonesia juga. Sedangkan untuk pasar Amerika Utara sudah lebih dulu mendapat facelift.

>>> Honda City generasi baru hadir di Malaysia dengan teknologi i-MMD

Pintu geser dengan gesture control

Salah satu fitur Honda Odyssey 2020 yang cukup menarik adalah gesture control untuk membuka pintu geser secara otomatis. Honda menjelaskan fitur ini bekerja lewat sensor yang ada di dalam pintu geser, yang dicirikan dengan lampu iluminasi biru menyala di kaca ketika posisi Anda dekat mobil, dan bisa membuka pintu dengan lambaian tangan saja.

Fitur gesture control di Honda Odyssey 2020

Cara mengoperasikan fitur gesture control di pintu geser Honda Odyssey 2020

Kira-kira, seperti ini cara kerja fitur gesture control di pintu geser Odyssey 2020

Sementara dari segi desain, model gril kini berubah menjadi bentuk heksagon dengan empat buah garis yang disusun secara horizontal. Di atasnya terdapat chrome bar yang cukup besar yang menghubungkan kedua lampu depan.

Berbicara soal lampu depan, desainnya juga disegarkan dengan desain 'Jewel Eye' yang sudah diadopsi Civic dan Accord terbaru. Sementara itu, gril bagian bawah juga dibuat lebih besar dengan dua buah LED strip di sisi bumper. 

>>> Honda Harus Bayar Rp 1,2 Triliun karena Airbag Takata Bermasalah

Penyegaran interior, adopsi teknologi e:HEV

Masuk ke dalam, Honda Odyssey 2020 mendapat penyegaran di bagian atas dasbor dengan lubang udara yang lebih langsing di tengah dan sisi penumpang, tapi uniknya tidak untuk penumpang. Selain itu, Odyssey 2020 juga mendapatkan head unit baru berukuran 10 inci, instrumen cluster baru, dan setir baru seperti kepunyaan Honda City baru.

Desain interior Honda Odyssey 2020

Layout interior Odyssey 2020

Honda belum menjelaskan secara rinci spesifikasi powertrain yang akan ditawarkan Odyssey facelift, namun mesin berteknologi i-MMD, atau lebih familiar dengan sebutan e:HEV akan tersedia.

Sebagai catatan, cara kerja sistem e:HEV berbeda dari hybrid biasa. Dalam konsep ini mesin bensin berkerja sebagai generator untuk mengisi baterai yang memberi tenaga ke motor elektrik yang terhubung ke roda.

Namun, mesin masih terhubung ke penggerak mobil untuk membantu kerja motor mesin di kecepatan tinggi, yang terhubung dengan girboks satu-percepatan dengan kopling lock-up.  Sistem seperti ini juga sudah diterapkan dengan berbagai konfigurasi berbeda, dan ada di Jazz generasi kempat (GR) dan Honda City yang rilis di Malaysia.

>>> Berita mobil baru, event, promosi, informasi pasar mobil baru 2020

Share this post:
Derry Munikartono Ahnas Putra
Penulis
Derry Munikartono Ahnas Putra
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

GM dan Honda Beraliansi di Amerika Utara

04/09/2020

Pasar mobil

3 menit

GM dan Honda beraliansi untuk tingkatkan bisnis kedua perusahaan khusus di pasar Amerika Utara. Aliansi ini memungkinkan keduanya untuk berbagi platform.

Lihat juga

Honda S660 Mugen, Lebih Sporty Pakai Komponen Yamaha

30/08/2020

Mobil baru

5 menit

Honda S660 Mugen, sebuah roadster mungil bermesin turbo ini tampil lebih agresif. Menariknya ada beberapa part Yamaha yang juga dipasang pada mobil ini.

Lihat juga

Honda Jazz Facelift Meluncur di India dengan Fitur Sunroof

27/08/2020

Mobil baru

2 menit

Honda India akhirnya meluncurkan Honda Jazz facelift yang menawarkan berbagai penyegaran pada eksterior serta penambahan beberapa fitur, termasuk sunroof.

Lihat juga

Honda All New City i-MMD Dipasarkan Di Malaysia, Torsinya 253 Nm!

14/08/2020

Mobil baru

3 menit

Honda All New City adalah sedan kompak yang saat ini sedang hot, dan siap masuk Indonesia. Tapi ternyata Malaysia lebih dulu memasarkan Honda All New City i-MMD

Lihat juga

Suksesor Honda Jazz, City Hatchback Seliweran di Thailand

02/06/2020

Mobil baru

4 menit

Rumor kehadiran City Hatchback sebagai penerus Honda Jazz di segmen hatchback semakin kencang. Setelah rendering, kini giliran spyshot prototype yang beredar ketika sedang tes di Thailand.

Lihat juga